ngomongin soal warnain rambut, kaya nya gak cukup yah kalau cuma tentang review cat rambut nya aja.
nah makanya dikesempatan kali ini aku mau kasih tau beberapa hal yang harus kalian ketahui terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mewarnai rambut sendiri dirumah.
yupp! biasanya aku selalu memilih untuk mewarnai rambut fashion color di salon, namun kali ini aku akan mencoba untuk mewarnai rambut dengan warna fashion color dari brand l'oreal paris , sendirian alias dirumah. lol


berikut merupakan beberapa hal yang harus diperhatikan atau ketahui sebelum mewarnai rambut:
- cari tahu warna yang cocok
sebelum mewarnai rambut dengan fashion color pilihan kita, ada baik nya jika kita melakukan googling referensi terlebih dahulu agar tidak terjadi yang nama nya salah warna / tidak cocok shg kita akan mendapatkan hasil warna yang memuaskan,
 karna tidak semua warna rambut cocok dengan warna kulit kita.
- rawat rambut secara rutin
merawat rambut secara rutin tidak hanya dilakukan setelah melalui proses pewarnaan rambut saja loh.
karena sebelum proses pewarnaan pun, rambut tetap memerlukan nutrisi agar tetap kuat dalam menghadapi bahan kimia yang terdapat dalam cat rambut.
ps. selain itu, baiknya menghentikan perawatan rambut 1 minggu maupun 1 bulan sebelum proses pewarnaan untuk mempermudah warna cat rambut menempel pada rambut kita.
- tes alergi
sebelum mengecat rambut, pastikan selalu untuk melakukan tes alergi untuk memastikan kulit kita tidak rentan alergi.
kalian bisa melakukan tes alergi dengan mencoba cat rambut kurang lebih 10-20menit dan bila tidak timbul tanda-tanda iritasi maupun alergi, maka kalian bisa langsung melanjutkan proses pewarnaan.
(biasanya petunjuk untuk melakukan tes alergi ada di dalam box cat rambut)
- shampoo khusus rambut diwarnai
 yup! untuk membuat warna rambut lebih tahan lama dan mengembalikan nutrisi rambut yang hilang selama proses pewarnaan, ada baiknya kalian menggunakan shampoo maupun kondisioner khusus rambut pewarnaan dan menghindari shampoo anti ketombe karena dapat menyebabkan warna rambut cepat pudar.

ps. sebelum memutuskan mewarnai rambut sendiri dirumah pastikan kalian mengetes terlebih dahulu apakah warna dapat keluar dengan baik dirambut kalian. shg jika tidak, kalian bisa melakukan bleaching dahulu agar warna dapat keluar dgn baik.
untuk bagian rambut belakang, biasanya sih aku minta tolong adik aku untuk mewarnai rambut bagian belakang agar warna nya merata. jangan lupa sediakan pewarna rambut sesuai kebutuhan, jika rambut panjang dan tebal; ada baiknya menyediakan 2-3 box semir rambut.



nah, sekarang sudah tahu kan hal-hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk mewarnai rambut ?
yuk kita mulai mewarnai rambut sendiri menggunakan cat rambut dari l'oreal paris yaitu l'oreal paris excellence fashion.


L'oreal paris excellence fashion kini hadir dengan 3 warna baru yang rilis pada januari 2018 lalu yaitu
6.34 Warm Auburn |  6.13 Golden Nude Brown | P66 Intense Spicy Red




Disini aku memilih l'oreal paris excellence fashion sebagai pewarna rambut yang akan aku gunakan karena cat rambut l'oreal merupakan world no.1 hair color dan dilengkapi dengan Triple care protection  + Hi-Shine complex yang membuat rambut diwarnai tetap sehat , tidak kering dan tetap mudah diatur.
warna nya pun lebih tahan lama di banding merk lain dan mudah digunakan tanpa perlu harus memerlukan bantuan profesional.
selain itu harga nya pun cukup terjangkau karena dengan membayar seharga Rp 123.000,- /box ,
1 box l'oreal paris excellence fashion dapat digunakan kira-kira dengan panjang rambut sebahu yayyy!



whats inside L'oreal paris excellence fashion box ?
 

Protective pre-color serum , Protective creme colorant , Developer , Protective conditioner , Comb applicator , Pair of gloves , paper Instruction (about how to use it step by step)


HOW TO USE

Tips: seperti yang sudah aku mention di atas, ada baiknya bila rambut tidak dibersihkan/keramas atau melakukan perawatan rambut sebelum melakukan proses pewarnaan agar warna dapat lebih masuk dengan baik.


*Jangan lupa melakukan tes alergi 48jam sebelum proses pewarnaan


Step 1
Apply Protective pre-color serum pada rambut sebelum memulai proses pewarnaan.


Step 2



Gunakan gloves yang sudah disediakan sebelum memulai step ke 2.
lalu campurkan protective creme colorant ke dalam botol developer, dan kocok hingga krim tercampur dengan rata.

Step 3
Ganti tutup kepala pada developer botol dengan sisir aplikator yang sudah disediakan.
kepala sisir aplikator membuat peng-aplikasian cat rambut menjadi lebih mudah dan merata karna bentuk nya menyerupai sisir shg tidak memerlukan lagi sisir khusus untuk mewarnai rambut saat peng-aplikasian.



Tips; Aplikasikan dari akar rambut hingga ke ujung helai rambut dengan posisi seperti menyisir rambut, shg nanti nya warna yang keluar menjadi rata dari akar hingga ujung helai rambut.
setelah itu biarkan rambut terurai supaya warna menyerap lebih baik dan merata.
(jangan jepit rambut ketika menunggu warna meresap masuk kehelai rambut, karena menurut beberapa artikel itu akan menyebabkan warna rambut menjadi tidak rata. well im not sure. karena aku sendiri suka clip rambut aku saat proses mewarnai selesai supaya tidak berantakan)

Step 4

bersihkan rambut dari pewarna rambut hingga bersih, lalu gunakan protective conditioner yang disediakan supaya warna rambut lebih tahan lama plus rambut tidak rusak akibat proses pewarnaan tadi.




RESULT


Before


 After





Tadaaa~
what do you think ?
do you like it too ?
Menurut aku pribadi, cat rambut L'Oreal paris ini lumayan oke sih untuk semir rambut sendiri dirumah meski tetap membutuhkan bantuan orang lain juga akhirmya lol
Sedangkan untuk warna nya menurut aku oke2 banget ke-3 warna baru nya, dan aku lumayan suka dengan hasil akhir spicy intense red ini karena kurang lebih warna akhirnya sama seperti yang di box meski menurut aku aslinya lebih terlihat pink ?
*tanpa perlu bleaching lagi

Plus wangi nya gak nyengat di hidung saat diaplikasikan
Jadi nyaman deh sambil nunggu 30mnt supaya krim menyerap kerambut 

Oiya, yang paling aku suka dari L'Oreal paris excellence fashion ini adalah dia gak membuat rambut aku menjadi kering loh malahan lembut banget setelah proses pewarnaan. 
Sangat-sangat recommended buat yang lagi pengen nyobain warna merah gitu tapi galau merk cat rambut apa yang oke dan gak ngerusak rambut hehe. 




where to buy ?
Drugstore, Dept. Store, E-commerce