Pasti banyak dari kalian yang menjadikan mascara dan eye liner sebagai alat make up wajib. Ya, pemakaian dua benda ini memang membuat mata lebih segar dan lebih menawan. Selain itu juga untuk mempertegas bentuk mata. Begitu banyak brand mascara dan eyeliner di pasaran dengan harga dan keunggulan nya masing-masing. Jenis mascara dan eye liner yang banyak beredar di pasaran saat ini yaitu waterproof / anti air. Jadi tak perlu khawatir saat mata basah dan tentu membuat riasan selalu stay on.

Namun untuk kalian yang beragama islam tentu jenis waterproof agak merepotkan. Mengapa? Pasal nya kalian harus menghapus riasan tersebut sebelum wudu agar wudu nya sah. Nah buat kalian yang ogah bawa barang make up banyak ataupun beli remover, ternyata barang berikut bisa di jadikan remover mascara dan eyeliner anti air. Apa saja???

1. Minyak Zaitun
Minyak nabati ini terbilang mahal, namun walau begitu minyak ini punya banyak sekali manfaat baik untuk kulit dan rambut. Kandungan dalam minyak ini mampu melembapkan kulit juga bisa mengurangi rasa panas atau gatal akibat riasan. Tak heran banyak produsen make up menyertakan nya dalam produk mereka.
Cara nya sangat sederhana, basahi kapas lalu oleskan sedikit juga pada bulu mata apabila olesan mascara nya agak tebal. Lalu tinggal mengusap secara perlahan dengan kapas mascara dan eyeliner tersebut. Ulangi jika merasa masih ada yang menempel.

2. Minyak cem-ceman

Gambar : mommyasia.id
Untuk kalian yang masih asing dengan benda ini, nama lain nya yaitu minyak kelapa. Tapi bukan kelapa sawit yang untuk menggoreng loh ya, melainkan kelapa parut yang di ambil minyk nya. Cara mengaplikasikan nya pun sama dengan memakai minyak zaitun.

3. Petroleum jelly
Atau banyak juga yang mengenal nya dengan vaseline. Tentu banyak dari kalian yang punya barang ini, untuk melembabkan bibir. Selain wadah nya yang kecil praktis harga nya pun tergolong murah. Teksturnya yang lembut, licin, berminyak bisa olesan maskara dan eyeliner.

4. Baby oil
Terlihat sepele namun ternyata benda satu ini juga bisa jadi remover mascara dan eyeliner waterproof. Cukup oleskan di kapas usapkan sampai terangkat.

5. Tisu basah bayi / wipes
Memang belum pernah ku coba namun kata nya cukup ampuh mengangkat sisa mascara dan eyeliner. Harga nya murah dan mudah di temui di toko.

Gambar cover : https://www.acunhairtransplant.com/eyebrow-and-eyelash-transplant/