Ngomongin wisata di Malang memang nggak ada habisnya. Kayaknya ada aja tempat baru yang wajib dikunjungi, entah itu untuk refreshing ataupun sekadar berburu foto yang instagramable.

Nah kebetulan waktu libur sekolah kemarin, saya sekeluarga jalan-jalan ke Desa Wisata Pujon Kidul yang terletak di Pujon, Kabupaten Malang. Lokasinya lumayan jauh sih, kalau dari Kota Malang perjalanannya sekitar 1,5 jam. Sementara saya dari Lawang (not) City, of course, perjalanan ditempuh sekitar 2,5 jam.


Ada apa sih sebenarnya di Desa Wisata Pujon Kidul ini? Kok kayaknya rame banget di Instagram?  Ya jelas, selain banyak spot fotonya trus ada apalagi gitu? Setelah cari tahu, ternyata Pujon Kidul ini adalah salah satu contoh desa wisata yang sukses berkembang. Desa ini dulu didominasi oleh sawah yang tidak terlalu subur, namun dengan sinergi antar masyarakat, desa dengan luas 323.159 Ha ini sekarang menjadi salah satu tujuan wisata Malang yang populer!

Konon perubahan desa ini dimulai dengan upaya pengelolaan air bersih oleh masyarakat tahun 2015 silam. Konsep yang digunakan yaitu desa wisata dan dikelola swadaya oleh masyarakat sekitar. Karena itulah masyarakat membangun titik-titik wisata yang bisa menarik pengunjung seperti beragam atraksi permainan hingga spot untuk foto yang menarik. Masyarakat yang dulunya pengangguran pun kini memiliki perkejaan dengan semakin banyaknya pengunjung yang datang. Saking heitz nya, penghasilan Desa Wisata ini mencapai 14 Miliar per tahunnya! WOW! Dan masih, semua pelaku dan pekerja merupakan penduduk asli Pujon Kidul. Keren ya!

Baca juga: Ke Bromo (Lagi) Yuk!

Saya pun datang ke sini karena Mamake yang penasaran sehabis nonton liputan kuliner dan wisata desa ini di TV. Hamparan sawah dan udara sejuk langsung menyapa saya ketika datang. So refreshing! Ada banyak spot wisata yang bisa dikunjungi seperti bermain paintball, ATV, hingga panahan. Tiket masuk ke desa wisata ini Rp.5.000 yang nanti bisa ditukar untuk tiket masuk atraksi, belanja sayur dan buah, atau sebagai voucher diskon dengan nominal yang sama di Kafe Sawah. Wah kebetulan karena tujuan utama kami adalah makan siang di Kafe Sawah, satu-satunya kafe/rumah makan yang ada di sini. 

Sesuai namanya, Kafe Sawah, pengunjung akan dimanjakan oleh pemandangan sawah yang terbentang mengelilingi kafe. Tak hanya itu, undakan bebatuan dan suasana makan di saung menambah khusyuk sensasi persawahan desa yang asri dan tenang. Belum lagi menu yang disajikan! Alamak, sangat menggugah selera! Ada nasi jagung, tumis ikan asin, dan beragam lauk "sederhana" yang nampol untuk menjadi menu makan siang.

Untuk harga makanan, jangan khawatir karena amat terjangkau. Ditambah lagi dengan diskon dari voucher tiket masuk yang tadi. Kami saja makan untuk tiga orang sudah dengan minum hanya Rp.80.000! Cukup terjangkau untuk kawasan wisata, bukan? Perut kenyang hati senang!









Perut sudah kenyang, kami lalu menikmati waktu dengan berjalan-jalan santai di sekitar cafe.  Pengunjung bisa foto foto dan ngasih makan ikan (makanannya beli dengan harga Rp.5.000) per bungkus. Baby D excited banget ngasih makan ikannya! Secara dia kan suka banget sama binatang!


Oh ya sebenarnya bisa juga sih masuk ke spot wisata untuk main paint ball atau mobil ATV. Tapi kami super mager wkwk. Tapi sebelum pulang saya sempet nyobain paint ball yang cuma nembak sasaran gitu. Berhasil? Oh tentu tidak.... good bye Rp.20.000 ku yang berharga 🤣




Untuk buah tangan (umm... sebenarnya saya beli buat diri sendiri sih wk), sebelum pulang saya beli beberapa sayur mayur yang tersedia di warung dekat pintu masuk. Sayurnya segar semua! Duh pengen borong aja rasanya *jiwa buibunya keluar*. Habis gimana, harganya juga murah banget, saya beli satu jaring tomat, terong, sawi putih, dan kentang yang harga masing-masing cuma Rp.5000 aja! Kenyang banget itu sayur mayur buat stok selama seminggu 🤣






Intinya, wisata ke Desa Wisata Pujon Kidul ini cucok banget dinikmati bersama keluarga. Entah mau melakukan aktivitas yang menantang, sekadar foto-foto atau bersantai menghirup udara sejuk dan segar ya bisa kesini. Alternatif liburan di Malang selain Batu! 😁



Desa Wisata Pujon Kidul
Kec Pujon Kab Malang
Provinsi Jawa Timur