depositphotos_59810057-stock-illustration-tooth-paste-cartoon
benarkah pasta gigi ampuh mengatasi jerawat?

Entah sejak kapan “odol dalam membasmi jerawat menjadi tren di dunia..” lantas  “apakah  benar odol benar-benar ampuh dalam mengatasi jerawat atau itu hanya sebuah mitos yang belum terbukti kebenarannya secara klinis?”

MITOS!!, odol gigi tidak boleh digunakan untuk mengatasi jerawat”

Alasannya karena belum ada data klinis yang mendukung praktik tersebut..

Dan juga kerugian yang ditimbulkan oleh pasta gigi pada kulit wajahmu akan jauh lebih besar dibandingkan dengan manfaatnya.

Perlu kamu ketahui bahwa formulasi pasta gigi terdiri dari beberapa komposisi zat aktif , kamu bisa lihat  salah satu komposisi pasta gigi yang beredar dipasaran disini ( tampilkan gambar), ini  adalah salah satu contoh formulasi pasta gigi, pasta gigi bisa terdiri dari komposisi sebagai berikut :

“ water, hydrated silico, sorbitol sol, xylitol, glycerin, ethoxylate stearyl fatty acid, carrageenan, amyloglycosidase, disodium phosphate, sodium benzoate, sodium saccharinate, citric acid, sodium fluoride, glucose oxidase, potassium thiocynate, pigment, lactoperoxidase.

Nah, komposisi tersebut di rancang untuk gigi bukan untuk kulit dan konsentrasinya tentu saja berbeda dengan produk skin care pada umumnya.  Efeknya, potensi iritasi atau alergi akan jauh lebih besar saat anda mengoleskan pasta gigi / odol ke kulit wajah.

“eh serius dok, tapi ada kok  temanku yang pakai pasta gigi di kulitnya trus jerawatnya kempes

Beberapa kandungan pasta gigi pada umumnya, mengandung zat aktif yang dapat mengeringkan kulit misalnya misalnya  baking soda, hidrogen peroksida, alkohol, menthol, hingga triclosan. Bahan-bahan ini memang dikenal mampu mengeringkan kulit, kulit yang mongering otomatis secara nggak langsung akan memicu jerawat ikut mengempes, tapi permasalahannya, selain mengeringkan kulit, pasta gigi juga bisa memicu bertambahnya peradangan (akibat iritasi), dan efek keringnya bikin kulit jadi sensitive dan mengelupas, memicu gatal, akibat gatal kalian akan menggaruk, karena digaruk kulit luka, karena luka masuk kuman, memicu peradangan jadi tambah parah atau infeksi, terus break out jadi bertambah lagi.

So, gunakan lah pasta gigi pada tempatnya. Di gigi bukan dimuka, banyak kok produk produk acne spot yang aman dan bagus di pasaran, kenapa harus memilih pasta gigi. Please be smart ya netizen.