Hi, semuanya!

Jadi beberapa minggu lalu, aku mendapat kesempatan untuk mencoba salah satu serum dari Airnderm Aesthetic yang kebetulan berkolaborasi dengan Beauty Journal, yaitu Airin x Beauty Journal. Kemasannya terbungkus sangat catchy dengan tutup box berwarna dominan pastel pink dan putih, kesannya super girly sekali. Opening up, ternyata dalamnya ada micro gabus bubble berwarna putih sebagai alas si serum tersebut — yang menambah kesan gemas.

Airin Serum sendiri datang dengan box berdesain minimalis dan simple dengan dominasi warna putih dengan warna font hitam dan hot pink. Kotaknya juga sudah cukup informative menurutku, karena keterangan bahan, no. bpom, dan cara penggunaan sudah tertulis secara jelas.

Untuk serumnya sendiri dikemas di dalam botol pump dengan transparent cap.

Bahan botolnya dari plastik kokoh, yang sebenernya juga transparan tapi “dibalut” oleh sticker label Airin dengan segala keterangan lengkap yang bisa kita lihat di kotaknya tadi. Jadi meskipun kotaknya kebuang, kalian tidak akan lost track akan segala informasi dari produk ini.

Tapi downside nya , kita tidak bisa melihat sisa serum di dalam botol hehe.

Pump nya memiliki kualitas bagus dan sangat mudah digunakan, tidak ada masalah susah ditekan. Dan banyaknya produk yang dikeluarkan sekali pump ini cukup banget menurutku, jadi kalian tidak perlu takut terlalu over-dispensed the serum.

Ingredients :

Water, Ethyl Alcohol, Propylene Glycol, Niacinamide, Butylene Glycol, Phellodend ron Amurense Bark Extract, Glycolic Acid, PEG-60 Hydrogenated Castor Oil, Salix Alba Bark Extract, Rehmannia Chinensis Root Extract, Melia Azadirachta Leaf Extract, Gutcolic Acid, PEG-60 Hydrogenated Castor Oil, Salix Alba Bark Extract, Rehmannia Chinensis Root Extract, Melia Azadirachta Leaf Extract, Scutellaria Baicalensis Root Extract, PEG-60 Houttuynia Cordata Extract, Glycine Soja Protein, Lactobacil lus / Pear Juice Ferment Filtrate, Glyceryl Caprylate, Ethylhexylglycerin, O-Cymen-5-Ol, Salicylic Acid, Triethanolamine, Methylparaben, Camphor.

Seperti biasa , aku akan membahas sedikit tentang ingredients si Airin Radiant Serum. Bahan pertama adalah water, dimana dia berarti water-based serum sehingga easily spread tekstur nya. Lalu ada ethyl alcohol atau penethyl alcohol, kandungan alcohol ini bukan termasik bad alcohol ya.

Phenethyl alcohol is another common aromatic oil that is considered safe to use as a humectant and preservative.

Selain itu, ethyl alcohol juga berfungsi untuk membunuh kuman/bakteri sehingga membantu mengeringkan jerawat juga. Since dia juga termasuk humektan, jadi dia juga dapat menghidrasi kulit. Tapi kembali lagi ke kondisi kulit masing-masing ya, ada juga yang sensitive dengan jenis-jenis alkohol tertentu jadi tetap disesuaikan dengan kulit dan dicek kembali.

Butylene Glycol dan Propylene Glycol ini juga termasuk humektan ya, gengs. Jadi dia tugasnya adalah drawing water dari lapisan kulit paling dalam untuk menghidrasi kulit di lapisan lebih luar. Ini sahabat banget pokoknya dengan kulitku.

Niacinamide. Menurutku ini salah satu bahan pamungkas untuk mencerahkan kulit, menyamarkan dark spots di wajah, membantu dalam menyamakan warna skintone dan merawat pori-pori. And since it is at 4th first top in ingredients list, berarti kandungan nya cukup banyak dan harusnya nampol di kulit.

Selain itu , I also spotted adanya Glycolic Acid (AHA) , Salix Alba Bark Extract (BHA), dan Salycilic Acid (BHA). Jadi ya serum ini also provides mild exfoliation pada kulit, untuk mengangkat “dosa-dosa” alias kulit mati dan bagus sekali untuk treat pores.

Airin Radiant Serum ini Silicone-Free ya! Jarang banget kayaknya aku liat skincare itu bebas silikon soalnya hehe. Bagi yang sensitive dengan silikon tidak usa khawatir ya.

Tekstur / Feels on Skin

Tekstur dari Airin Radiant Serum ini berupa clear-gel, yang sangat mudah dioleskan dan tersebar di kulit.

Karena memang bahan kedua terbanyak adalah Ethyl Alcohol, sehingga begitu kita oleskan ada aroma alcohol yang tercium, tapi dia akan hilang in the first few seconds. Jadi tenang, baunya tidak linger kok. That being said, memang Airin Radiant Serum ini tidak ada tambahan artifical fragrance ya, jadi aroma yang muncul dari serum ini ya natural dari bahan-bahannya sendiri.

Serum ini formulanya sangat ringan ya, jadi setelah pemakaian ini lalu mau dilayer dengan serum lainnya juga masih oke.

Formulanya non-greasy dan mudah terserap kulit, inilah salah satu guna Ethyl Alcohol tadi. Dan juga mampu membunuh germs/kuman jahat di kulit, terutama yang kulitnya sedang berjerawat ya, Ethyl Alcohol ini mampu membantu mengeringkan si jerewi itu dengan cepat.

Serum ini juga memberikan hidrasi yang cukup pada kulit kering ku, dan ada cooling sensation nya juga saat di aplikasikan. Saya perhatikan setelah memakai serum ini, makeup (bb cream/ foundation) nempelnya lebih bagus dan menyatu ke kulit. Sama sekali tidak pilling.

FINAL THOUGHTS

Sesuai klaimnya, Airin Radiant Serum ini cocok untuk segala jenis kulit.

Aku kira awalnya akan lebih condong bagi yang kulitnya berminyak karena kandungan alcohol nya banyak. Tapi ternyata masih oke di kulit kering ku, karena tidak bikin makin kering.
Bagi yang kulitnya kusam, juga aku sarankan banget pake serum ini karena kandungan Niacinamide nya cukup tinggi dan ada kandungan AHA & BHA untuk exfoliasi kulit. Dijamin kalau pakainya rutin pasti kulit cerahan.

Bagi yang kulitnya agak sensitive dengan acid, menurutku masih aman aja sih karena kandungannya cukup rendah. Bakal ketutup atau terhidrasi dengan banyaknya humektan yang tinggi (Butylene & Propylene Glycol) dan kemungkinan iritasi diredam oleh Niacinamide.

Dan kalian tidak usah khawatir karena Airin Radiant Serum ini sudah ada nomor BPOM nya ya gengs jadi dijamin AMAN. Isinya yang sepintas sedikit banget hanya 15 ml, ternyata awet juga loh, karena sifatnya a little goes a long way banget. Jadi sedikit aja, bisa nyebar ke hampir seluruh wajah. Aku sih 2 pump aja cukup biasanya.

Bagi kalian yang tertarik dengan produk Airin Radiant Serum ini bisa langsung main-main ke website mereka : http://www.airinbeautycare.com

Atau

Instagram : @airnderm