Kamu pecinta skincare Korea pasti ga asing lagi sama produk satu ini. COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner. Salah satu toner favorite aku. Karena terbukti buat menyamarkan noda bekas jerawat dan kulit jadi lebih mulus. Ok, langsung aja ke reviewnya.


COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner ini adalah skincare Korea yang bagus banget menurutku. Akupun nyesal kenapa baru cobain sekarang. Toner ini biasanya aku pake untuk eksfoliasi ringan, atau bisa juga langsung disemprot ke wajah. Claim nya bisa mencegah whiteheads, blackheads dan masalah pori-pori lainnya. Cocok untuk semua jenis kulit, bisa bikin lembab dan penyeimbang pH kulit.

Packaging



Cosrx AHA/BHA Clarifying Treatment Toner ini punya desain yang simple tidak jauh beda dengan produk COSRX lainnya, dengan perpaduan hitam, putih, dan ungu. Toner ini dikemas di botol plastik sehingga gak mudah pecah kalau jatuh. Keuntungan produk dengan botol putih tembus pandang itu adalah, kita bisa ngecek produk itu masih banyak atau sedikit lagi, jadi kita bisa cepet-cepet repurchase kalau emang udah mau habis.


Botolnya memiliki spray applicator yang praktis, ga perlu tuang lagi. Itulah kenapa aku lebih suka langsung semprot ke wajah daripada pake kapas terus diusap. Oh ya, COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner ini isinya 150 ml.

Ingredients:
Mineral Water, Salix Alba (Willow) Bark Water, Pyrus Malus (Apple) Fruit Water, Butylene Glycol, 1,2-Hexanediol, Sodium Lactate, Glycolic Acid, Water, Betaine Salicylate, Allantoin, Panthenol, Ethyl Hexanediol 

Menurutku COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner ini salah satu skincare yang bagus karena tidak terlalu memiliki banyak kandungan. Jadi, bahan-bahan yang ada di dalamnya cukup alami seperti mineral water, willow bark water dan apple water. Kandungan BHA dari toner ini didapat dari Betaine Slicylate yang lebih bagus dibandingkan Salicylic Acid

Sedangkan kandungan acid-nya (Glycolic Acid dan Betaine Salicylate) juga dalam kadar yang rendah, jadi tidak akan terlalu mengekfoliasi kulit sehingga aman digunakan bagi kamu yang berkulit sensitif. Meskipun demikian, tetap saja kandungan AHA/BHA Clarifying Treatment Toner di dalamnya membantu mencegah timbulnya komedo pada wajah, membantu mengangkat sel-sel kulit mati, memperbaiki dan menghaluskan tekstur wajah, mengembalikan kondisi kulit wajah dan tentunya bisa juga untuk mengatasi masalah jerawat.

Aku mau sedikit membahas mengenai AHA dan BHA, dan mengapa ia bisa memperbaiki tekstur kulit.

AHA (Alpha Hydroxy Acid
Alpha hydroxy acid ini ialah kelompok bahan alami dan sintetis yang jika diformulasikan dengan benar, bisa mengangkat dengan baik lapisan kulit paling atas. Menjadikan kulit lebih segar, halus, lebih terhidrasi, dan jika digunakan secara rutin dapat membuat kulit tampak kencang. 
Jenis AHA diantaranya adalah: glycolic acid (dari gula tebu), lactic acid (from sour milk), malic acid (from apples), citric acid (dari buah jeruk), dan tartaric acid (from grape wine). 

Dari semua jenis AHA, glycolic acid dan lactic acid adalah AHA yang paling sering dilakukan penelitian, kedua AHA ini juga cenderung tidak menyebabkan iritasi, selain itu juga dapat membantu meningkatkan kolagen dan aliran darah, meningkatkan ketebalan kulit tanpa peradangan. Tapi, gak semua AHA memiliki kekuatan pengelupasan yang sama. Batas aman dan efektif dari AHA agar bekerja lebih baik jika konsentrat dalam produk berkisar 5 – 10%. 

Jumlah pengelupasan ditentukan oleh jenis AHA yang digunakan, semakin banyak AHA yang terkandung dalam suatu produk, semakin kuat efek pengelupasnya. AHA terkenal efektif untuk meluruhkan sel kulit mati, mencerahkan kulit, punya anti aging properties (mengurangi garis halus). AHA ini cocok untuk jenis kulit yang cenderung kering karena memiliki water binding properties, sifatnya menahan air di dalam kulit kita jadi membuat kulit terasa lembap. AHA memiliki struktur kimia yang lebih bersifat hidrofilik, sehingga lebih mudah masuk kedalam lapisan kulit, dan lebih mudah mengeksfoliasi. Selain membantu pelepasan sel kulit mati, AHA juga terbukti bagus dalam meningkatkan ketebalan kulit, memperbaiki tingkat kolagen, dan menjaga kelembapan kulit.

BHA (Beta Hydroxy Acid) 
Kandungan BHA bersifat lipofilik (lebih terikat lemak), memiliki 2 sifat secara umum yaitu membantu proses penyembuhan luka dan pembentukan lapisan kulit. BHA cocok untuk kulit berminyak dan acne prone (berjerawat), karena sifatnya yang oil soluble, dapat larut dalam minyak, makanya dia bisa menembus pori-pori yang tertutup komedo atau minyak. Membersihkan pori agar terhindar dari penumpukan sebum, jerawat dan peradangan. BHA gak memiliki satu pun komponen pelembap dan lebih bersifat mengeringkan. BHA dapat larut dalam minyak, karena sifat komponennya yang merupakan susunan lemak. BHA lebih juara dalam urusan mengatasi masalah jerawat, komedo, dan kulit berminyak. Selain itu, BHA juga bisa mencegah peradangan kulit. Batas aman dan efektif dari BHA agar bekerja lebih baik jika konsentrat dalam produknya berkisar 1 – 4%. 
Jenis BHA : Salicylic Acid, Betaine Salicylate.

Nah, dengan kedua kandungan bahan aktif inilah jika dipakai dengan rutin wajah bisa membaik dan terlihat lebih kencang.

Cosrx AHA/BHA Clarifying Treatment Toner ini mengkalim produknya memiliki kandungan bahan-bahan natural dan air mineral. Produk ini lebih dari sekedar toner biasa, karena memiliki kandungan AHA/BHA organik yang dapat berfungsi sebagai exfoliating toner. Toner ini memiliki ingredients Salix Alba yang punya kandungan kimia dan mineral murni yang sangat kaya, anti inflamatory, memiliki sifat anti penuaan dini yang alami, kandungan mineral alami flavanoid dan tannin yang juga merupakan antioksidan, berfungsi untuk mempercepat proses peremajaan kulit, meningkatkan perlindungan kulit melalui peningkatan pertumbuhan sel. Natural AHA untuk memperbaiki tone kulit, dan natural BHA untuk membuat kulit menjadi halus dan lembut, membantu menghidrasi dan meremajakan kulit sehingga dapat menjadikan kulit sehat.


Tekstur dan Aroma
Toner ini memiliki tekstur yang watery, aromanya ada tapi hampir ga kecium sama sekali. Aromanya itu dari Pyrus Malus (apple), jadi agak ada baunya tapi cuma selewat gitu, dan dikemasannya emang ditulis product has no added artificial fragrance

I can say, semua produk COSRX yang udah aku pake itu semuanya bagus. Cocok dan work di muka aku. Aku biasanya pake toner ini di malam hari. Kalau kamu mau pake buat dipagi hari boleh kok, tapi jangan lupa barengi dengan pemakaian sunscreen minimal SPF 30. Karena AHA itu sifatnya membuat kulit wajah mudah mengalami kemerahan saat terkena sinar matahari secara langsung. Jadi, kamu harus pake sunscreen setiap kali menggunakan produk yang mengandung AHA biar kulit ga mudah terbakar.

Rating?
COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner
⭐⭐⭐⭐⭐

Price?
IDR 163k

Where to Buy?
Watsons, Sociolla, bahkan di online shop pun ada