Purging adalah kondisi dimana kulit sedang ada di fase pembersihan, jadi purging merupakan suatu proses dimana suatu produk skin care yang biasa di pake ke produk baru. Dalam medis purging adalah kondisi akibat penggunaan kosmetik yang memiliki bahan sepert BHA, AHA atau sejenis scrub, retinoid yang memiliki kemampuan penetrasi ke dalam kulit untuk membersihkan dan memperbaiki Kawasan bawah kulit.

Bahan ini akan membuat kulit mempercepat pertumbuhan sel sehingga kulit akan terlihat Nampak benjolan kecil yang mampu menghilangkan tanpa adanya fase bengkak, kemerahan atau radang pada kulit. Purging juga akan menghilangkan pori-pori yang terseumbat oleh minyak berlebihan, komedo, dan sel kulit mati yang tertumpuk.

baca juga : buah ciplukan baik untuk kesehatan

Purging biasanya disesuaikan dengan siklus pertumbuhan kulit seseorang, pada umumnya 3-4 minggu. Jika dalam waktu 4 minggu belum terlihat perubahan maka sebaiknya Anda tinggalkan produk yang bisa jadi membahayakan Anda.

Untuk mengatasi purging kalian tidak usah khawatir atau panik, kurangi kadar obatan atau bahan kimia yang kalian lakukan. Jika kulit menjadi bruntusa atau berjerawat kalian bisa gunakan skincare, karena bisa jadi itu adalah proses purging. Namun bila dalam kurun waktu 4 minggu lebih maka sebaiknya kalian lakukan konsultasi terhadap dokter kulit.

Jadi jika menggunakan sebuah produk yang baru, di awal-awal pemakaian itu bukan merupakan sebuah ketidak cocokan produk. Itu merupakan sebuah proses purging yang bekerja untuk membersihkan pori-pori kulit yang terseumbat minyak berlebih dan sel kulit mati yang menumpuk.

Baca juga : Manfaat daun mangga untuk kesehatan 
                   3 Makanan yang membuat Anda menjadi semangat di pagi hari 
                   Manfaat dan Bahaya daun sirih 

sumber : https://lingshenyao.id