Dear Bumi .
Hari ini kita semua tahu bahwa kau telah lama tercipta dan mungkin sudah lelah untuk menampung manusia berpijak.
Namun tahukah kau bumi ? kini zaman telah berubah, makin kesini ia semakin canggih dan modern.
Sungguh,Aku  terkesima pada teknologi saat ini. 

Ya, berbicara tentang zaman dan berbicara tentang kemajuan teknologi, budaya atau pun hal lainnya. Sebagian telah jauh lebih maju dan pesat . Teknologi misalnya, kini telah hadir mobil dengan design nya yang super mungil namun kecepatan nya super. Lalu ada motor metic dll. Terlebih tentang kemajuan elektronik, yang kita rasakan sekali adalah handphone.
Dengan ini kita sadari ada banyak yang berubah, kita sebut saja zaman Digital.
Yang serba serbi nya hanya dengan digital.
Contoh kecil sekarang sudah tersedia dompet digital semisal OVO, DANA, GO-PAY dll. Ada pula mobile banking, internet banking dll.
Luar biasa bukan zaman Digital ini ?
Namun, terkadang kita lupa bahwa ada sisi negatif dan positif nya juga, mari sama-sama kita filter dan cerdas dalam menggunakan semua fasilitas digital yang ada. 

Tapi ada hal yang menarik yang ingin saya bahas yaitu tentang Ekonomi digital. 
Bagaimana kita membuat ekonomi masyarakat semakin banyak pemasukan dengan cara menggunakan digital .
Bukan kah ini bisa menjadi solusi peningkatan pendapatan Masyarakat? Ya, tentu saja. 

Maka dari itu, saya ingin sampaikan di tulisan saya ini tentang hal tersebut.
Adapun kali ini yang menjadi sasaran saya adalah para pemuda milenial karena menurut saya mereka 99% pengguna internet/ gadget.
Dari sini ingin saya terpkan ekonomi digital berbasis marketplace. 

Pertanyaan kenapa saya memilih pemuda atau pemudi menjadi sasaran utama saya.
Karena saya yakin bahwa sukses di usia muda itu jauh lebih baik ketimbang mereka yang harus menunggu tua.
Jadi dalam meningkatkan kan ekonomi digital ini bagi para milenial .
Bisa memanfaatkan handphone mereka untuk di jadikan alat mereka berbisnis sejak dini. Sebab jika tidak, sisi negatif internet itupun juga banyak .
Tergantung kembali ke individu masing-masing.

Nah bagaimana kiranya pengembangan marketplace dalam pengembangan ekonomi digital tersebut?
Caranya gampang banget temen-temen bisa search aja di google untuk info lebih lanjut.
Karena saya ingin mengupas tuntas mengenai pentingnya pemanfaatan digital untuk ladang pemasukan ekonomi.
Misal saja kita memiliki marketplace di FB, shoope, Bukalapak dan website lain-lainnya.   dengan hanya modal kuota dan handphone. Ini sangat sederhana.
Kira-kira apa sih manfaat kita memiliki marketplace atau website?
kita tak akan di pusingkan dalam faktor promosi, sebabnya market ini biasanya berupa website besar yang telah mempunyai taktik promosi sendiri, dengan adanya urusan ekonomi kita di dalamnya dengan cara otomatis produk kita juga ikut di promosikan. 
Dengan marketplace ini sangat menjanjikan dan memudahkan dalam kita berjualan karena sistemnya sangat sederhana. Pemesanan via online dan pembayaran via transfer. Hal ini pun sebenarnya juga bisa diterapkan untuk semua orang. Tidak mengenal usia. Dengan demikian Beruntunglah kita yang hidup di era di mana semua hal nyaris bisa terkoneksi dalam jejaring yang dapat diakses dengan mudah. Termasuk di dalam kehidupan finansial kita. Mulai dari mengelola dan memantau pengeluaran, mengecek saldo, mendapatkan informasi keuangan, bahkan hanya untuk sekedar mendapatkan kupon belanja sekalipun. Rasanya hal ini sudah menjadi keharusan bagi kita. 

Perkembangan dan pertumbuhan ini akan terus terjadi. Persaingan antar bank dan institusi keuangan pun sudah memasuki babak baru dalam teknologi aplikasi. Kini tinggal siapa yang ikut siapa pula yang tinggal. Siapa yang percaya, termasuk siapa juga yang belum percaya. Tantangannya adalah di bagian keamanan atau sekuriti. Makin canggih teknologi keamanaan seiring pula dengan makin canggihnya teknologi pencurian di ranah digital.