Siapa yang tidak tahu kunyit. Bumbu dapur yang banyak khasiatnya untuk kesehatan.

Kunyit merupakan sebuah tanaman khas Indonesia yang memiliki banyak kegunaan. Mulanya kunyit yang merupakan tanaman rempah-rempah ini banyak berkembang di daratan Asia Tenggara, kemudian dengan cepat kunyit berkembang ke daerah Indonesia, Malaysia, dan negara tetangga lainnya. Jenis tanaman yang tergolong jahe-jahean ini banyak dikonsumsi masyarakat baik untuk bahan pengolah makanan ataupun digunakan sebagai jamu dan juga bahan untuk menjaga kecantikan alami setiap wanita. Di dalam kunyit terdapat kandungan senyawa kimia yang dapat membangkitkan hal itu. Untuk membedakan kunyit dengan tanaman berguna lainnya, Anda dapat melihat dari warna buah ini sendiri. Kunyit memiliki warna kuning pada daging buahnya.

 

Antioksidan dan fitonutrien dalam kunyit meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Hal ini membantu dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga membuat Anda sehat. Kurkumin yang terkandung dalam kunyit juga hadir dengan antioksidan, antimikroba, anti-inflamasi, dan sifat anti-glikemik. Sifat ini dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga mencegah beberapa penyakit, termasuk diabetes dan kanker.

 

Berikut khasiat dari kunyit mungkin yang belum anda ketahui :

 

Kunyit membantu menyembuhkan luka lebih cepat, sebagai antiseptik alami.

 

Kunyit memberikan kontribusi dalam pertumbuhan sel dan meremajakan sel. Dengan cara ini, Anda dapat memperlambat proses penuaan.

Dapat mendetoksifikasi racun berbahaya dan bahan kimia dari tubuh Anda.

 

Kunyit dapat memainkan peran penting dalam hal mencegah leukemia.

Memasukkan kunyit dalam diet Anda sehari-hari dapat membantu Anda meningkatkan tingkat kekebalan tubuh Anda. Selain itu juga menjaga Anda aman dari berbagai penyakit.

 

Kunyit adalah rempah-rempah yang ideal untuk Anda jika Anda ingin menurunkan berat badan, karena dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh Anda, membantu Anda mengelola berat badan Anda secara efektif.

 

Kunyit dapat menyembuhkan pigmentasi yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Mencegah proses penuaan karena punya sifat antioksidan.

Sebagai salah satu komponen yang membantu melembabkan kulit dan mengurangi kekeringan.

Menyembuhkan memar dan mencerahkan luka bekas terbakar.

Membersihkan kulit wajah, membuat kulit Anda bersinar, dan warna kulit cerah.

Membantu melawan gangguan kulit, seperti eksim, psoriasis, dan ruam merah, juga membantu meringankan stretch mark atau selulit.

 

Kunyit Anti peradangan alami

Peradangan yang terjadi dalam tubuh menjadi cikal bakal dari munculnya penyakit, baik penyakit ringan hingga penyakit kronis termasuk penyakit jantung, kanker, Alzheimer, dan berbagai kondisi degeneratif lainnya. Tingginya kandungan kurkumin memberi manfaat kunyit sebagai agen anti inflamasi.

 

Kunyit Meningkatkan kekebalan tubuh.

Kurkumin yang ada di dalam kunyit adalah salah satu zat antioksidan yang kuat. Zat ini mampu mencegah radikal bebas yang mengganggu sistem DNA. Sistem DNA yang kuat berkontribusi pada meningkatnya imunitas atau sistem kekebalan tubuh

 

Kunyit Menyehatkan pencernaan.

Sekali lagi, kandungan kurkumin di dalam kunyit memberi manfaat kunyit untuk membunuh bakteri jahat di dalam perut sehingga mampu menyehatkan pencernaan.

 

Kunyit Menurunkan kolesterol.

selain kaya akan zat antioksidan, manfaat kunyit berikutnya adalah efektif untuk menurunkan LDL atau kolesterol buruk dalam darah.

 

Kunyit Mengobati asma.

Satu sendok bubuk kunyit yang dicampur dengan segelas susu hangat efektif untuk mengobati asma, flu, pilek, dan batuk. Ya, manfaat kunyit yang lain adalah untuk mengobati asma dan gangguan sistem pernapasan lainnya.

 

Kunyit Meningkatkan kesehatan jantung.

Berbagai macam vitamin dan mineral seperti potasium dan zat besi di dalam kunyit diperlukan untuk membangun sel darah merah. Sedangkan kalium di dalamnya mampu untuk mengontrol tekanan darah dan denyut jantung. Itulah sebabnya manfaat kunyit yang lain adalah untuk meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah penyakit kardiovaskular lain.

 

Kunyit Mencegah Alzheimer.

Penyakit Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif yang jadi penyebab utama demensia. Sejauh ini belum ada pengobatan yang ampuh untuk mencegah Alzheimer. Namun kamu bisa mencegahnya dengan konsumsi kunyit. Manfaat kunyit lain yang bisa kamu dapatkan adalah mampu mencegah Alzheimer karena kandungan kurkumin di

 

Kunyit Menghambat proses penuaan.

Kunyit dikenal memiliki sifat yang dapat membantu dalam menunda munculnya tanda-tanda penuaan. Maka, manfaat kunyit untuk kecantikan kulit adalah dengan mencegah penuaan dini. Campur beberapa sendok makan kunyit dengan sedikit air. Aduk hingga membentuk pasta. Oleskan pada wajah, leher dan lengan. Ketika itu mengering, gosok kulit dengan lembut dalam gerakan melingkar, lalu bersihkan sisanya dengan air hangat. Lakukan ini secara teratur untuk menghindari munculnya kerutan dan untuk membuat kulit selalu terlihat lebih muda.

 

Kunyit Mengurangi jerawat.

Karena memiliki sifat antibakteri dan antiseptik, kunyit dapat membantu untuk melawan jerawat. Ini juga dapat mengontrol sekresi minyak pada kulit dan mengurangi bekas jerawat. Campurkan sedikit bubuk kunyit, bubuk cendana dan sedikit air lemon. Oleskan masker ke seluruh wajah dan biarkan kering. Kemudian cuci wajah dengan air dingin.

 

Kunyit Mencerahkan warna kulit.

Kunyit dapat meratakan warna kulit dan memberikan efek cahaya pada kulit. Sertakan kunyit dalam masker wajah untuk mencerahkan warna kulit.

 

Demikianlah informasi tentang kunyit dan manfaat nya. Semoga bermanfaat.
terima kasih