Jika kalian adalah pecinta K-Beauty pastinya COSRX bukanlah merk yang asing bagi kalian. COSRX terkenal dengan harganya yang affordable, ingredients list-nya yang simple mengandung ingredients yang ramah untuk kulit pemilik kulit sensitive dan acne prone. Ditambah lagi produk-produk COSRX ini packaging-nya minimalis dan sangat to the point. Maka dari itu banyak orang yang rave produk-produk COSRX.

Okay, sesuai judulnya hari ini saya mau review COSRX BHA Blackhead Power Liquid. Produk ini adalah produk chemical exfoliant kebanggaan saya dan membuat saya beralih dari physical exfoliant. Sebelum saya review lebih jauh mungkin beberapa dari kalian ada yang masih asing dengan istilah exfoliant.

Jadi apa itu exfoliant?
Secara umum fungsi dari exfoliant adalah membantu pengangkatan sel kulit mati dan membantu regenerasi kulit supaya tampilan kulit kita lebih sehat dan bercahaya. Nah, exfoliant itu terbagi menjadi 2 tipe yaitu physical exfoliant dan chemical exfoliant. Kalo physical exfoliant itu menggunakan bahan seperti butiran scrub atau alat seperti cleansing brush. Sedangkan chemical exfoliant mengandalkan acids untuk meluruhkan sel kulit mati seperti AHA, BHA, dan PHA. AHA (Alpha Hydroxy Acids) memiliki sifat water soluble sehingga cenderung lebih cocok untuk kulit kering atau matured skin. BHA (Beta Hydroxy Acid) itu memiliki sifat oil soluble atau dapat larut dalam minyak jadi BHA cenderung lebih cocok dengan pemilik kulit berminyak atau acne prone. Sedangkan PHA sama dengan AHA namun lebih ringan sehingga cenderung lebih aman untuk kulit sensitive.

Ingredients COSRX BHA Blackhead Power Liquid
 


Sumber: https://theskincareedit.com/2018/06/20/cosrx-bha-blackhead-power-liquid

Ingredients list dari COSRX BHA Blackhead Power Liquid cukup simple. Dia mengandung: Salix Alba (Willow) Bark Water, Butylene Glycol, Betaine Salicylate, Niacinamide, 1,2-Hexanediol, Arginine, Panthenol, Sodium Hyaluronate, Xanthan Gum, Ethyl Hexanediol

See? Cukup simple kan?
Nah disini saya mau jelasin sedikit beberapa ingredients yang ada di COSRX BHA Blackhead Power Liquid

Willow Bark Water
Walaupun willow bark water mengandung salicylic acid yang notabenenya adalah salah satu jenis BHA. Namun disini dia bukan berperan sebagai BHA utama melainkan sebagai base product – pengganti air biasa. Jadi dia terasa lebih soothing dan lebih hydrating di kulit dari air biasa.

Betaine Salicylate
Nah kalo ini adalah jenis BHA yang terkandung dalam COSRX BHA Blackhead Power Liquid. Konsentrasi BHA yang ada dalam produk ini adalah 4%. Betaine Salicylate ini digadang-gadang lebih gentle dibandingkan dengan Salicylic Acid namun tetap mampu bekerja dengan baik sebagai exfoliant agent. Betaine salicylate mampu meluruhkan sel kulit mati dan minyak berlebih, mengurangi blackhead,mengurangi tampilan pori-pori yang besar, dan juga merangsang pembentukan sel kulit baru.

Niacinamide
Ini adalah vitamin B3 yang dipercaya dapat mengurangi kulit yang kusam, mengecilkan pori-pori yang besar, dan mencerahkan kulit.

Secara keseluruhan ingredients dari COSRX BHA Blackhead Power Liquid menurut analisis dari cosdna tergolong aman dan tidak mengandung ingredients yang irritant. 
 


Tekstur dan Cara Pakai
 

Menurut saya tekstur dari COSRX BHA Blackhead Power Liquid agak sedikit kental tidak terlalu cair, seperti essence pada umumnya. Walaupun agak kental proses penyerapan produk ini tidak terlalu lama dan tidak lengket. Untuk aroma saya tidak mencium aroma apapun dari produk ini, namun apabila niat endus-endusnya (?) produk ini ada sedikit aroma chemical.

Untuk cara pengunaannya, pertama saya membersikan wajah saya terlebih dahulu. Lalu, saya tuang produk ini ke kapas, saya hanya menggunakan 2-3 pump untuk seluruh wajah. Setelah dirasa produknya sudah terserap dengan baik saya melanjutkan rangkaian skincare saya yang lainnya.

Menurut keterangan yang tertera dalam box, disarankan untuk mengunakan produk ini 2-3 kali dalam seminggu karena konsentrasi BHA-nya cukup tinggi. Saya hanya mengunakannya di malam hari, karena BHA memiliki sifat photosensitive. Tapi bagi kamu yang ingin mengunakan ini di siang hari tidak apa-apa asalkan kalian mengunakan sunscreen minimal SPF 30 dan rajin re-apply sunscreen.

Untuk kalian pengguna produk dengan kandungan active ingredients seperti retinoid, vitamin c, dan exfoliant agent lainnya disarankan unutk tidak mengunakan produk tersebut berbarengan dengan produk ini ya.

Perfoma dan Pengalaman
Seperti yang sudah saya sebut sebelumnya produk ini membuat saya beralih dari physical exfoliant. Dulunya saya sangat suka pakai scrub karena saya suka hasil akhirnya yang membuat kulit saya lebih lembut. Namun lama kelamaan kulit saya mengelupas di bagian hidung dan perih disekitar hidung ketika saya scrub. Padahal saya tidak menggosok kulit saya dengan kasar dan frekuensi scrub saya paling sering hanya dua kali seminggu.

Akhirnya saya mencari alternatif exfoliant lainnya. Dari sekian banyak review yang saya baca saya memutuskan untuk membeli COSRX BHA Blackhead Power Liquid. Jujur hal lain yang membuat saya tertarik membeli produk ini juga dikarenakan banyak orang yang blackhead nya berkurang setelah mengunakan produk ini. Blackhead saya sangat banyak sampai saya sendiri risih setiap saya ngaca haha. Awalnya saya agak was-was karena ini pertama kalinya saya mengunakan chemical exfoliant. Ternyata waktu pas saya pakai saya tidak merasakan tingling sensation sama sekali seperti yang dialami beberapa orang saat mengunakan chemical exfoliant. Saya tidak merasakan perih, panas ataupun kering justru sebaliknya saya merasakan kulit saya lebih lembap.

Lalu yang membuat saya jatuh cinta dengan produk ini adalah dia berhasil mengatasi bruntus di jidad saya!!!!! Setelah rutin mengunakan produk ini saya melihat sedikit perubahan di pori-pori saya, lalu blackhead juga berkurang banyak, dan juga minyak di wajah jadi lebih terkontrol. Tektur wajahnya juga membaik, tidak se-gradakan (?) seperti sebelumnya dan jadi lebih halus. Dan yang terakhir kulit saya juga tidak sekusam sebelumnya.

Ketika saya juga mengunakan produk ini sebagai spot treatment di jerawat hormonal, besok paginya jerawat saya mengempes. Saya sangat puas dengan performa produk ini. Saking puasnya saya sudah menghabiskan 2 botol. Dan sampai sekarang saya belum ada rencana untuk mencoba chemical exfoliant lainnya bagi saya produk ini sudah lebih dari cukup.

Kesimpulan
Bagi kamu pemilik kulit acne-prone dan blackheads adalah salah satu main concern kamu, ataupun kamu yang ingin menjajal produk chemical exfoliant khususnya BHA, COSRX Blackhead Power Liquid ini sangat layak untuk kamu coba. Ditambah harganya cukup affordable. Produk ini dibandrol sekitar 250ribuan. Cukup terjangkau mengingat produk ini tidak digunakan setiap hari dan isi dari produk ini cukup banyak yaitu 100ml. Saya sendiri butuh sekitar 9 bulan untuk menghabiskan satu botol produk ini. Overall, bagi saya produk ini does a miracle, bekerja sesuai dengan klaimnya. For me COSRX BHA Blackhead Power Liquid is 10/10. Perfect. *chef kiss*