Ciplukan merupakan buah yang sering kita temukan di jalanan atau di tetangga kita. Tanaman ini bisa dibilang liar dan tumbuh di negara tropis. Buah ciplukan ini memliki bentuk yang sangat unik. Tidak banyak orang mengetahui tentang buah ciplukan ini, yang memiliki manfaat yang cukup baik.

Tanaman liar ini memang sudah tidak asing lagi buahnya berwarna hijau dan ciplukan ini berbeda nama kalua didaerah tertendu kopok-kopokan di daerah bali, cecendet di jawa barat, nyurnyuran dalam Bahasa madura.

Rasanya yang manis asem ketika sudah matang, namun jika belum matang akan terasa getir rasanya. Ciri khas dari buah ciplukan ini adalah memiliki kelopak yang menggembung dan buahnya berwarna hijau. Namun manfaat dari ciplukan ini sangat baik untuk kesehatan, seperti.

baca juga : makanan ini baik untuk program diet

- Menurunkan kolestrol merupakan salah satu manfaat dari cuplikan, sehingga sangat baik jika di konsumsi bagi orang yang memiliki penyakit nyeri leher, sering kesemutan, ketidakstabilan emosi, hilang keseimbangan hingga pembengkakan.

-Mengatasi gejala Parkinson, karena adanya gangguan pada sistem saraf yang mempengaruhi pergerakan pada tubuh kita.

- Penyakit kuning dapat diatasi dengan buah ciplukan, dengan  kandungan yang dimiliki ciplukan ini mampu menyembuhkan penyakit kulit yang merubah warna kulit akibat tingginya zat bilirubin dalam darah.

- Menurunkan kadar gula darah, biasanya ini dialami oleh penderita diabetes sehingga gula darah yang tinggi.

- Menjaga kerja saluran kemih sehingga yang memiliki penyakit kencing nanah atau gonore bisa disembuhkan dengan buah ciplukan.
- Mengatasi infeksi kulit
- Mengatasi nyeri sendi atau rematik
- Mengobati nyeri lupus
- Mengatasi masalah dalam saluran pernapasan
- Obat penambah darah

Diatas merupakan manfaat dari buah ciplukan tersebut sehingga sangat baik jika dikonsumsi secara teratur. Dan kandungan yang ada di dalam  buah ciplukan ini sangat kaya akan nutrisi. Kandungan senyawa pada buah ciplukan ini diantaranya, flavonoin, saponin, polifenol,kriptoxantin, alkaloid, vitamin C, asam palminat, asam stearate, asam sitrat, asam malat dan fisalin.

Baca juga : Manfaat daun mangga untuk kesehatan 
                   3 Makanan yang membuat Anda menjadi semangat di pagi hari 
                   Manfaat dan Bahaya daun sirih 

sumber : https://lingshenyao.id