Hai girls...

Kalian yang kalau keluar rumah tanpa pakai make up merasa tidak pede, pasti sudah paham betul varian dari make up yang bisa membuat wajah kita semakin menawan. Dari banyaknya varian make up, pasti pada dasarnya kita para perempuan ingin jika masalah kulit wajah kita tidak tampak. Entah seperti bekas jerawat, komedo, noda hitam, dan lain sebagainya. Maka yang kita butuhkan adalah foundation atau yang sekarang sudah ada varian baru yang dirasa lebih efektif. Yaitu cushion.

Bagi yang belum mengetahui cushion itu apa, jadi cushion adalah sejenis produk coverage dalam bentuk compact. Biasanya, kita mengetahui produk coverage guna menyamarkan noda berwarna hitam ataupun jerawat yang ada dalam bentuk liquid. Sekarang pun sudah banyak brand make up yang menawarkan cushion dengan berbagai warna yang di sesuaikan dengan warna kulit sesuai dengan target para wanita pemasarannya.
Seperti produk cushion asal korea yang akan menawarkan warna yang putih atau lebih cerah sesuai dengan warna kulit wanita di sana. Begitu juga dengan produk lokal Indonesia.

Produk lokal akan lebih mudah didapatkan dibandingkan luar. Mungkin itu adalah alasan para wanita ingin menggunakan produk lokal. Namun mungkin masih ragu dengan bagaimana hasilnya. Maka dari itu saya disini akan memberikan review 6 cushion lokal terbaik.

1. Make Over Powerstay Demi-matte Cover Cushion

Hasilnya semi matte masih kelihatan glowy dan flawless. Coveragenya medium to full bisa ngecover noda-noda di wajah atau apapun itu. Kalau cushion ini dipakai tebal akan keliatan agak keki. Jadi, pada saat blend-nya harus benar agar rata. Bisa di built up bisa tapi jangan sampai seperti dempul. Buat yang kulit berminyak pasti kalian bakal suka banget dan kurang cocok untuk kulit super kering. Cushion make over ini memiliki shade warna untuk skin tone warm. Cushion make over lebih cocok untuk yang ingin tampil flawless dan full coverage. Dan akhirnya saya memberikan nilai untuk cushion make over yaitu 4,5 dari 5.
 
2. Wardah Instaperfect Mineralight Matte BB Cushion


Cushion yang memiliki SPF 29 PA+++. Dengan Coverage light . Finishnya sewaktu awal agak glowy tapi setelah di set akan menampilkan hasil yang matte. Cushion wardah ini memiliki 4 varian shade yaitu 11 Fair, 12 Ivory, 13 Beige, dan 14 Creme. Termasuk pada tipe cushion yang bisa dipakai untuk natural daily use. Ketahanan cushion ini tidak terlalu lama hanya bisa 4-5 jam saja dan perlu di touch up lagi. Untuk cushion ini lebih baik jangan di built up, karena kalau pemakaiannya kebanyakan malah jatuhnya akan kelihatan keki. Dan kalau dipakai agak lama pada akhirnya akan menampilkan wajah yang terlihat kurang fresh dan bahkan luntur. Menurut saya, jika dinilai dengan rating maka cushion wardah ini adalah 2,8 dari 5.
 
3. Emina Bare WIth Me Mineral Cushion

Hasil yang dimiliki oleh cushion emina ini adalah dewy-matte. Coveragenya medium tapi masih bisa di built up. Meskipun di built up tidak terlihat keki. Setelah mengaplikasikan cushion ini, wajah akan tampak mulus. Namun, sayangnya pilihan warnanya hanya 3 dan masih tergolong mirip-mirip. Hanya berbeda undertone namun termasuk pas. Tidak terlalu ke yellow ataupun pink. Untuk cushion emina ini, saya akan memberikan rating 4,2 dari 5.

4. Rollover reaction cushion compact tinted mousturizer

Hasilnya semi mate dan finishnya keliatan glowy. Rasanya menyerap di wajah seperti matte tapi keliatan agak glowy. Coveragenya medium. Kalau di built up akan bagus karena tidak terlihat keki malah jadi full coverage banget dan tidak menunjukkan tekstur dan pori-pori. Pas untuk sehari-hari. Varian shade warnanya masuk banget ke kulit wanita Indonesia. Hanya untuk kulit yang agak gelap sepertinya tidak bisa. Karena tipenya adalah tinted mousturizer jadi cushion ini kurang tahan, setelah beberap jam akan luntur, kehalusan hilang. Setelah beberapa jam akan super dewy. Jadi, kurang cocok untuk oily skin. Saya akan memberi nilai 3,5 untuk cushion ini.
 
5. Pixy Make It Glow Dewy Cushion

Coverage cushion ini medium tapi bisa di built up jadi lumayan full coverage. Finishnya dewy tapi tidak seperti oily yang becek. Meskipun wajah berminyak tapi masih tertahankan jadi tidak lembab yang over lengket. Membuat kulit kita halus tapi tidak sehalus cushion Rollover Reaction. Ketahanan bagus lebih dari Rollover Reaction. Cocok untuk all skin type. Jadi, saya memberikan nilai 4,5 dari 5 untuk cushion ini.
 
6. Y.O.U


Dari segi coverage, cushion ini full coverage. Hasil akhirnya matte yang benar-benar matte. Cushion ini memliki 3 varian shade warna karena memang sudah disesuaikan untuk light to medium dan dark, tapi karena undertone-nya pink, jadi jika kalian memiliki undertone kuning yang kuat, maka ketika memakai cushion Y.O.U ini bisa saja terlihat sedikit berwarna abu-abu. Untuk ketahanannya, cushion ini akan awet seharian dan tidak bergeser sama sekali. Untuk cushion ini, saya memberi nilai 4 dari 5.

Nah itulah 6 review cushion dari brand lokal yang pasti ada kelebihan dan kekurangan. Jadi, mulai sekarang sudah bisa memilih yang pas untuk diri sendiri ya kan.