Hola! Kali ini aku mau review minuman kesehatan Kojima, nih. Agak nggak biasa ya aku nulis tentang hal yang berkaitan dengan kesehatan, tapi ya namanya aku juga udah makin bertambah usia, badan udah nggak bohong hehe. Sekarang jadi gampang drop, ini itu banyak banget, jadi aku juga udah mulai memperhatikan hal-hal yang bisa membantu aku untuk menjaga keseatan dan kekebalan tubuh. Nah, aku dikirimin Kojima ini. Apa sih Kojima tuh? Buat yang belum familiar, tenang aku bakal jelasin apa itu beserta kandungan-kandungan dan manfaatnya. That's why you need to keep on reading ;)
When you realized it, Kojima ini singkatan dari 3 kandungan utamanya, yaitu ekstrak Korma, Jinten Hitam (habbatusaauda), dan Madu. Selain 3 bahan tersebut, ada juga kandungan Asam Jawanya. Kojima ini adalah minuman kesehatan atau suplemen vitamin alami yang berkhasiat memelihara kesehatan tubuh. Bentuknya sirup gitu, jadi gampang banget dikonsumsi.
Sekarang yuk kita lihat lebih lanjut apa aja sih manfaat Madu, manfaat Korma, dan manfaat Jinten Hitam bagi tubuh?

Madu
Source

Udah pada tau lah yaaa madu itu emang banyak banget manfaat positifnya untuk tubuh. Madu udah sejak lama digunakan untuk campuran minuman, makanan, serta dikonsumsi juga untuk menjaga kesehatan, bahkan kecantikan (kulit).
Selain hal yang udah disebutin, berikut ini juga beberapa manfaat madu yang akan membuatmu semakin ingin mengkonsumsi madu: menghilangkan batuk, membantu mencegah kanker, mencegah penyakit jantung, meningkatkan daya ingat, antioksidan, mengatasi bakteri, juga sebagai pengganti gula dan salah satu sumber nutrisi.

Korma
Source

Kurma juga udah nggak asing ya, bahan ini udah jadi makanan pokok di Timur Tengah selama ribuan tahun lho. Kurma dianggap sebagai makanan yang hampir ideal karena dapat memberikan nutrisi penting dan tentunya punya banyak manfaat yang potensial untuk kesehatan kita. Kandungan vitamin dan mineral dalam kurma misalnya vitamin C, B1, B2, vitamin A, Niasin, Kalsium, Magnesium, zinc, dll. Manfaat kuorma yang juga perlu kamu ketahui adalah dia bisa mengatasi konstipasi, gangguan usus, dan diare, menambah tenaga, membantu mengatasi anemia, membantu pertumbuhan tulang, proses penyembuhan demam berdarah, dan juga sebagai antioksidan.

Jinten Hitam (habbatussauda)
Source
Bahan selanjutnya ada Jinten Hitam. To be honest, aku baru pertama kali denger yang namanya Jinten ini dan ternyata banyak manfaat positifnya. Jadi jinten (Nigella Sativa) ini adalah tanaman asli dari Asia Selatan dan Asia Barat. Dalam sebuah jurnal medis berjudul "Canon of Medicine" yang ditulis oleh Ibnu Sina (ilmuwan Persia), biji Jinten Hitam ini bisa bermanfaat sebagai pengobatan sesak napas, asma, obat sakit kepala hingga gigi.
Manfaat Jinten Hitam yang lain misalnya: sebagai penghilang sakit, anti bakteri, anti infeksi, anti maag, anti mual dan diare, anti jamur, anti hipertensi, dan antioksidan. Bahkan, di dalam dunia media modern dia juga berfungsi untuk meningkatkan kualitas sperma, mengatasi gejala diabetes tipe 1, dan membantu menurunkan tekanan darah.
***
Nah, sekarang kebayang nggak kalau ketiga bahan yang sangat bermanfaat bagi tuhuh itu digabungin jadi satu? Ya jadilah dia Kojima si minuman kesehatan :)) Kojima ini berbentuk seperti sirup yang dikemas dalam kemasan botol kaca berukuran 250mL, dilengkapi dengan canvas pouch gitu dan packaging kardus lagi.

Packaging Kojima ini botol kaca berwarna hitam, pas baru dibeli tutup botolnya disegel dengan rapi dan aman, jadi kualitas produknya pasti terjamin. Setelah botol dibuka, dia nggak langsung plong lubang botol gitu, tapi ada "penyaring"nya lagi, which is aku suka banget karena kita jadi bisa mengontrol jumlah yang keluar dari botol.
Untuk teksturnya dia agak kental, karena kandungan madunya paling banyak juga sih ya. Warnanya agak hitam kemerahan, dan baunya agak mirip jamu. Aku biasanya langsung minum gitu aja tanpa dicampurin air atau apa-apa lagi. Rasanya manis, kemudian asam (karena ada kandungan asam gula Jawa juga aku rasa), nggak ada bau atau rasa aneh-aneh, makanya bisa banget diminum langsung.
Oh iya, Kojima ini bisa kalian konsumsi 2x sehari dalam 1 sendok makan. Terserah sih mau diminum langsung atau dicampur ke minuman/ makanan lain. Mungkin bisa dicoba juga untuk campurin sama air hangat dan irisan lemon kalau lagi ga enak badan atau flu/ batuk (ini ampuh banget percaya deh aku pernah coba).
Sejauh ini sih aku suka banget sama Kojima, rasanya unik tapi bukan aneh. Hm, cobain sendiri deh biar tau maksudnya aku apa, hahaha. Harganya juga affordable lho, untuk ukuran 250 mL harganya IDR 75.000. Bisa didapetin di offline store seperti Ranch Market, Farmers Market, Lulu Hypermarket, Kem Chicks, AEON, GS Retail, dan Diamond, atau di online store di Gogobli, Lazada,  dan Tokopedia.