Jengkol merupakan suatu makanan yang khas terkenal dengan baunya. Namun tidak semua orang yang menyakai jengkol karena baunya yang tidak enak. Dari sisi itu jengkol juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan.

1 . Mengandung antioksidan tinggi
                Jengkol mempu mencegah pertumbuhan kanker dengan manfaat antioksidan yang terkandung pada jengkol tersebut. Jenis antioksidan yang ada pada jengkol tersebut adalah polifenol, terpenoid, flavonoid, dan alkaloid. Zat tersebut mampu menjaga tubuh dari jahatnya radikal bebas yang menyebabkan penyakit diabetes, jantung, dan gangguan metabolik lain.

2. Mencegah penyakit diabetes
                Percaya atau tidak, ini sudah dilakukan penelitian yang dimana jengkol mampu mencegah penyakit diabetes. Jengkol baik dalam mencegah penyakit diabetes dan mengendalikan gula darah pada penderita diabetes.

baca juga : paparan sinar matahari juga bermanfaat

3. terhindar dari sakit maag
                Penelitian yang dilakukan bahwa makan jengkol cenderung dan terhindar dari gangguan pencernaan, seperti sakit maag. Mengonsumi jengkol dapat meningkatkan enzim superoxide dismutase (SOD), merupakan enzim yang berperan untuk melindungi dinding lambung dari luka akibat asam lambung.

Namun itu semua perlu pengawasan lagi seperti tidak terlalu sering mengonsumsi jengkol, karena jengkol memiliki zat berbahaya jika di konsumsi secara berlebihan. Kandungan nitrogen yang tinggi pada jengkol bisa menyebabkan gangguan fungsi ginjal dan masalah pada sistem kehamilan.
Jika jengkol makanan yang sangat Anda gemari sebaiknya Anda berhati-hati dan tidak usah berlebihan memakan jengkol karena bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

Baca juga : Manfaat daun mangga untuk kesehatan 
                   3 Makanan yang membuat Anda menjadi semangat di pagi hari 
                   Manfaat dan Bahaya daun sirih 

sumber : https://lingshenyao.id