Indonesia telah merdeka sejak 72 tahun yang lalu. Kemerdekaan yang digapai oleh para pahlawan dengan mengorbankan jiwa raganya. Diantara banyaknya pahlawan yang berperang, seorang gadis cantik berusia 17 tahun pun ikut serta melawan penjajah, Martha Christina Tiahahu. Ia adalah pahlawan muda yang berperang dengan semangat dan keinginan yang besar melawan penjajah. Sifat keberanian yang ia punya di umur remajanya sangat saya suka, hal itu membuatnya selalu berada di garis depan pasukan masyarakat Pulau Nusalaut tanpa ada rasa gentar mengusir penjajah dari negri ini .
    Martha Christina Tiahahu rela mengorbankan jiwa raganya untuk berperang bersama ayahnya, demi rakyat dan Negara Indonesia yang ia cintai. Disaat gadis seumurannya hanya bisa menyerah pada penjajah, Martha Christina Tiahahu sudah betekad kuat mengusir penjajah. Hal ini sangat menginspirasi saya, kalau perjuangan tidak pernah memandang usia, sebagai remaja yang berguna kita harus memperjuangkan hak hak rakyat yang tertindas, keberanian Martha Christina Tiahahu mencerminkan keberanian yang harus dimiliki remaja zaman sekarang untuk tidak pernah takut kepada orang orang yang memang bersalah.Oleh karena itu, Saya terinspirasi untuk menjadi remaja yang kuat dan berani seperti Martha Christina Tiahahu, untuk terus berusaha, semangat dan tanpa rasa takut.
Terima kasih Martha Christina Tiahahu atas keberanian yang sangat menginspiras dari saya dan remaja di Indonesia, hari ini hingga nanti.