Cuka apel sudah lama dikenal dikalangan masyarakat namun masih ada beberapa yang meragukan manfaat dari cuka apel. Di dunia kecantikan pastinya setiap produk bersaing namun terkadang juga banyak orang yang tidak teliti terhadap produk kecantikan. Cuka apel mengandung antikoksidan dan antibakteri yang tinggi. Sangat baik jika untuk digunakan sebagai perawatan kecantikan.

Kandungan cuka apel sendiri dari kombinasi kandungan asam sitrat, laktat, asetat, dan suksinat yang sudah banyak dibuktikan oleh banyak studi ilmiah yang berbeda dat membunuh bakteri jerawat. Selain itu cuku apel juga mengandung asam alfa hidroksi yang mempu mempercepat pengelupasan kulit, memperbaiki tekstur kulit, dan menyerap minyak, sehingga dapat memudarkan perubahan pada warna kulit yang tidak merata bekas jerawat tersebut.

Jangan menggunakan cuka apel jika kulit Anda sensitif, seperti jerawat di pemcet atau belum sembuh. Bahwasan nya yang perlu dikatahui kalian cuku apel memiliki kadar pH cukup tinggi sekitar 2-3. Kulit yang sensitif bila di oleskan kadar pH yang tinggi bisa membuat kulit tersebut mengalami iritasi dan ruam kemerahan.

Sebagian dokter kulit dan kecantikan tidak memberikan ijin untuk yang memiliki kulit sensitif agar tidak menggunakan cuka apel untuk wajah.
Cuka apel sebagai perawatan wajah bisa kalian pakai dengan cara yang amannya. Jadi sebelum kalian mengoleskan cuka apel pada wajah, sebaiknya kalian oleskan dulu pada kulit punggung tangan. Tunggu reaksi dalam waktu 1-2 jam. Bila kulit tersebut memerah atau iritasi, maka Anda tidak usah gunakan cuka apel.

Namun jika hasilnya tidak mempengaruhi kulit, Anda bisa mengoleskannya pada wajah. Bila masih khawatir dengan cuka apel klian bisa melarutkan cuka apel terlebih dahulu dengan sedikit air, lalu celupkan kapas ke larutan tersebut dan oleskan pada muka secara merata. Jika masih ragu kalian bisa berkonsultasi kepada dokter.
Baca juga : Manfaat daun pandan untuk wajah 
                   Manfaat kecantikan dari buah bit 
                   Kurangi makanan ini untuk detox wajah berjerawat
sumber : https://lingshenyao.id