Akhir-akhir ini cuaca sangat tidak menentu. Panas banget! Sesekali tampak mendung tapi nggak turun hujan. Cuaca yang sangat panas di kota Tangerang tempat saya bernaung saat ini membuat beberapa daerah mulai mengalami kekeringan. Bahkan BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) sampai mengeluarkan peringatan dini kekeringan meterologis di area Tangerang dan sekitarnya. Pasti kebayang kan gimana panasnya sampai air sumur juga kering.

Biasanya kalau lagi panas gini debu juga banyak, rumah harus berkali-kali disapu dan pel. Di rumah juga penginnya minum air es terus. Mungkin nggak cuma saya aja ya, orang-orang juga pasti senang mengonsumsi minuman yang dingin-dingin saat cuaca panas seperti ini. Selain itu, ngadem di tempat yang dingin juga menjadi pilihan seperti di mall- mall dan cafe. 

panas-panas gini enak banget ngemil ice cream :)

Sama nih seperti saya. Belakangan saya dan suami suka nongkrong di food court di mall, ngopi di coffee shop, dan sesekali ngemil ice cream. Lumayan ngadem sambil ngerjain tugas, hehe! Kalau sudah nongkrong sambil menyelesaikan pekerjaan nggak pernah sebentar. Nongkrong lama juha nggak lengkap tanpa makanan dan minuman. Lagi-lagi minuman dengan es yang paling diincar selain makanan berat dan berlemak. Snack mah nggak nampol, haha. Dan ini hampir berlangsung setiap hari, hanpir loh ya! Belum lagi kalau ada undangan di beberapa event tertentu yang juga menyediakan menu yang sama. Siapa sih yang nolak rezeki. Sudah pasti di santap lah itu makanan.

Jadwal yang sibuk dan padat, pola makan nggak teratur, cuaca yang tak menentu, lama-kelamaan membuat badan ini mulai terasa nggak fit. Berbagai keluhan di badanpun mulai saya rasakan. Pagi hari saat bangun tidur kepala terasa cenat- cenut, leher dan tengkuk terasa tegang. Bahkan mata ini pun terasa berat. Akhirnya saya pun tepar beberapa hari, tidak bisa beraktivitas dan harus bedrest.
Mengusir rasa bosan, sambil beristirahat saya pun iseng- iseng membuka beberapa situs untuk mencari bahan bacaan dan akhirnya menemukan situs SehatQ.com



Dengan kondisi saya lagi kurang sehat, saya memang membutuhkan informasi perihal kondisi tubuh yang saya rasakan sebelum ke dokter. Berdasarkan artikel-artikel yang saya baca di situs tersebut mirip banget seperti keluhan yang saya rasakan, ternyata kolesterol lagi naik. Dan benar saja. Ketika sore hari memeriksakan diri ke dokter, hasilnya pun sama, kolesterol naik. Lantas saya pun diberikan obat dan disuruh istirahat, tak lupa dokter berpesan jangan menyentuh makanan tertentu agar kolesterol nggak semakin naik. Oke dok!

Oh ya, teman-teman sudah pernah buka situs SehatqQ.com juga nggak? Kalau belum coba deh berselancar di situs ini. SehatQ.com adalah situs atau platform yang memberikan informasi dan solusi seputar dunia kesehatan. Disini kita juga bisa melakukan tanya jawab dengan beberapa dokter yang handal. Gratis kok. Membuat janji dan membuat jadwal ketemuan dengan dokternya juga bisa. Nanti tinggal pilih saja dokter dan rumah sakit yang terdekat dengan lokasi kita. Yups, cuma semudah itu buat janji sama dokter kayak janjian sama pacar. Saya jadi ketagihan membuka SegatQ.com. Soalnya saya suka membaca artikel- artikel yang ada, itung- itung sebagai pengetahuan buat saya dan keluarga. 

Setiap ada keluhan-keluhan yang terasa nggak nyaman di badan, saya pun langsung searching di SehatQ.com dan sesekali tanya dokter nya juga kalau saya nggak dapat informasi yang saya butuhkan. Khususnya tentang penyakit yang lagi dirasakan untuk mencari informasi dan solusinya.

Wajib makan buah setiap hari

Menjaga kesehatan itu memang penting, jangan pernah menganggap sepele penyakit. Meskipun itu ringan, segera ambil tindakan. Kalau raga sudah sakit dan tak berdaya sudah pasti tidak bisa beraktivitas. Huftt, rugi banget kan. Bisa-bisa hilang pekerjaan. Lantas bagaimana bisa melangsungkan hidup dan mencari sesuap nasi kalau kita sakit-sakitan. Yang ada malah tambah stress dan memperparah penyakit. 

Berdasarkan pengalaman sebelumnya, saya mempunyai beberapa tips  ringan untuk menyeimbangkan kesehatan. Di antaranya:
-    Olah raga yang cukup
-    Banyak minum air putih
-    Banyak konsumsi buah dan sayur
-    Mengurangi makanan berlemak. Jika makan makanan berlemak, biasanya saya langsung minum segelas air hangat dicampur dengan perasan lemon
-    Menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan
-    Istirahat yang cukup

rutin minum perasaan air lemon
Kalau kalian gimana nih. Jangan pernah abaikan sinyal tubuh ya guys! Sering-sering cari informasi dan rekomendasi kesehatan di situs kesehatan seperti SehatQ.com. Kalian juga bisa lihat beberapa tips dan info kesehatan lewat kanal sosial medianya juga. Yuk, follow juga sosmednya.

IG: @sehatq_id
TW: @sehatq 
FB: SehatQ