Tak terbayang, akhirnya sampailah aku di usia dimana orang sebut usia matang untuk seorang wanita. Dua puluh enam tahun, banyak hal ternyata yang harus diperhatikan. Perubahan iklim dan keadaan lingkungan yang cukup ekstrim membuat para wanita kini harus melakukan persiapan anti penuaan sejak dini. Proses penuaan seperti munculnya kerutan dan garis halus memang tidak bisa dicegah, tetapi dapat Anda perlambat dengan beberapa perawatan yang tepat. Kulit wajah cenderung lebih cepat kering ketika dewasa, menjaga kulit tetap terhidrasi adalah langkah yang tepat untuk mencegah berbagai macam tanda penuaan dini.

Berikut ini adalah perawatan anti-aging mudah yang dapat dilakukan setiap hari:

1. Lindungi kulit dari paparan sinar matahari

Perlindungan dari radiasi matahari merupakan langkah mendasar dan utama yang harus dilakukan agar kulit dapat tampak lebih muda. Berdasarkan penelitian, paparan sinar UV dapat merusak kesehatan kulit. Untuk itu langkah yang harus dilakukan adalah melapisi kulit Anda dari paparan radiasi UV langsung. Buat yang hobi traveling, ini adalah sebuah keharusan.

Anda dapat menggunakan pakaian yang optimal melindungi kulit setiap kali akan keluar rumah seperti cardigan, dan topi. Untuk bagian yang tidak tertutup oleh pakaian seperti wajah dan tangan, gunakan tabir surya dengan SPF memadai dan tahan air. Penting untuk diingat, sekalipun Anda telah menggunakan tabir surya pastikan tetap terhindar dari sinar matahari langsung. Carilah tempat yang teduh dan rindang jika sedang beraktivitas di luar ruangan.

Melindungi kulit dengan tabir surya juga merupakan proteksi terhadap kemungkinan terkena kanker kulit.

2. Gunakan pelembap setiap hari

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa kulit orang dewasa berbeda dengan kulit bayi yang baru lahir? Kulit orang dewasa cenderung kering dan tidak lagi seelastis kulit bayi. Hal tersebut karena jumlah kolagen yang diproduksi oleh tubuh berkurang seiring bertambahnya usia. Oleh sebab itu kerutan dan garis halus akan muncul perlahan. Penting bagi kita untuk menjaga kulit tetap terhidrasi, penggunaan pelembap secara rutin sangat disarankan. 

Pelembap diketahui bekerja memerangkap kelembaban pada lapisan terluar kulit dan menarik uap air dari lapisan kulit yang lebih dalam ke lapisan kulit luar. Menurut pakar kecantikan, saat terbaik untuk menggunakan pelembap adalah beberapa detik setelah mandi saat tubuh masih lembab, sehingga kulit dapat lebih mengikat cairan dengan kuat.

3. Cukupi konsumsi buah dan sayur setiap hari, serta rajin minum air putih

You are what you eat! Menjaga asupan tetap sehat ternyata berkontribusi besar pada kesehatan kulit. Kandungan vitamin dan mineral pada sayur dan buah dapat membantu menjaga kesegaran kulit Anda. Makanan dengan asupan protein tinggi seperti ikan, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan dapat merangsang produksi kolagen di dalam tubuh.

Sebaiknya hindari konsumsi alkohol karena dapat membuat Anda menjadi dehidrasi yang tentu tidak baik bagi kulit Anda. Hindari juga konsumsi makanan dengan kandungan gula dan karbohidrat yang tinggi karena akan meningkatkan risiko penuaan dini.

4. Kurangi begadang yang tidak perlu

Penelitian menyebutkan bahwa orang yang kurang tidur memiliki kecenderungan untuk mempunyai kerutan di wajah lebih besar dari orang dengan waktu tidur normal. Orang dewasa normalnya memiliki waktu tidur 6-8 jam setiap malam. Tidur yang cukup dapat membantu tubuh Anda memproduksi hormon HGH (Human Growth Hormone) yang dapat mempertahankan elastisitas kulit sehingga mencegah munculnya keriput. Oleh sebab itu hindari tidur terlalu larut jika tidak ada sesuatu yang mendesak, agar waktu tidur Anda dapat tercukupi.

Jika perawatan kecantikan sudah dilakukan, jangan lupa ya lengkapi juga dengan menjaga kesehatan. Ingat bahwa cantik itu sehat. Tips cantik di atas juga punya manfaat buat kesehatan loh. Tidur cukup dan pola makan sehat adalah dua kunci menjaga kebugaran selain berolahraga teratur. Demikian juga menghindari paparan sinar matahari membantu mengurangi risiko terkena kanker kulit.

Nah kalau untuk kecantikan saja bisa, seharusnya tidak ada alasan lagi untuk melindungi diri dengan asuransi. Loh apa hubungannya?

Begini, kita memang sudah berupaya semaksimal mungkin untuk menjaga kesehatan, tapi yang namanya sakit siapa yang bisa menduga datangnya? Dan kalau sudah sakit itu rugi waktu maupun uang loh. Tau sendiri biaya rumah sakit itu M-A-H-A-L. Makanya nih, udah pada punya asuransi kesehatan belum?

Asuransi itu penting sekali untuk proteksi keuangan. Kalau masih ragu, coba mulai telusuri mesin pencari untuk mengetahui asuransi kesehatan terbaik yang bisa diperoleh. Sekarang banyak kok asuransi dengan harga premi relatif murah.  Tapi ya menurut saya, kalau buat perawatan kulit berani bayar mahal kenapa untuk asuransi harus pelit?

Setuju kan?