Pandan adalah salah satu tumbuhan yang sering dimanfaatkan untuk hidangan makanan yang dimana makanan tersebut akan lebih enak dan memiliki aroma yang wangi. Pandan membuat makanan menjadi lebih wangi sehingga orang yang menciumnya akan terasa nyaman dan menambah nafsu makan.
Daun pandan juga tak hanya di jadikan untuk hidangan makanan tetapi dijadikan sebagai kesehatan dan kecantikan. Kandungan yang terdapat pada daun pandan tersebut merupakan beberapa nutrisi yang baik untuk dimanfaatkan seperti polifenol, saponin, dan alkaloid. Dari kandungan yang ada pada daun pandan tersebut dapat bermanfaat bagi kecantikan seperti.

1 . mengatasi jerawat
                Jerawat merupakan salah satu yang sering kali dibicarakan masyarakat atas kehadirannya yang membuat tidak nyaman seseorang. Karena jerawat sangat mengganggu penampilan seseorang sehingga jerawat bisa membuat mood seseorang menjadi emosional. Maka dari itu dengan pandan dapat mengatasi jerawat dengan cepat dan alami.

2. Mengatasi ketombe
                daun panda untuk kecantikan yang pertama, yaitu mengatasi atau menghilangkan ketombe, caranya cukup mudah, yaitu sediakan 10 lembar daun pandan wangi dan haluskan dengan mengunakan blender, setelah halus tambahkan setengah cangkir air dan aduk rata.lalu bilaskan ke semua area rambut dan kulit kepalanya, biarkan selama 30 menit sampai kering, setelah kering bilas dengan air bersih.

3. mengatasi rambut rontok
             daun pandan wangi berkhasiat untuk mengatasi rambut rontok, caranya sangat mudah, yaitu ambil 2 helai daun pandan, 12 helai daun waru muda yang baru di petik dari tangkainya, 1 genggam daun urang-aring, 7 helai daun mangkokan, 10 kuntum bunga melati, dan 1 kuntum bunga mawar. Semua bahan tersebut cuci terlebih dahulu sampai  bersih kemudian masukkan ke dalam panci, lalu Tambahkan setengah cangkir minyak kelapa, minyak wijen dan minyak kemiri dan rebus sampai mendidih dan saring untuk di ambil cairanya. 

4. mengatasi ketombe
            Singkirkan komedo yang membandel dengan masker yang dibuat dari 1/2 sendok teh air perasan daun pandan, 1 sendok teh madu, 1 buah pisang, dan 1/4 sendok teh minyak zaitun. Bisa juga ditambahkan 1/2 sendok makan air jeruk nipis.
Haluskan semua bahan dan campur hingga menjadi pasta kental. Terapkan pada wajah yang sudah dibersihkan dari makeup. Setelah itu, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin.


Baca juga : Manfaat daun mangga untuk kesehatan 
                   3 Makanan yang membuat Anda menjadi semangat di pagi hari 
                   Manfaat dan Bahaya daun sirih 

sumber : https://lingshenyao.id