Source: Freepik/Xb100

Masih ingat kehebohan mati lampu (blackout) yang terjadi di sebagian pulau Jawa beberapa waktu lalu? Banyak masyarakat yang mengeluh melalui media sosial, bahwa banyak aktivitas yang terhambat dan bisnis yang merugi karena kejadian ini. 

Jika masyarakat pulau Jawa jarang mengalami mati lampu dalam waktu yang lama, sedangkan untuk kami di Sumatera, malah menjadi hal yang biasa. Saya jadi terkenang waktu masih menyusui, saya terpaksa harus membuang banyak botol yang berisi ASI perah, karena mati lampu sehingga kualitasnya sudah tidak baik. 

Sampai saya berpikir, harusnya ada energi alternatif yang mudah dijangkau masyarakat agar tidak terus menerus bergantung pada energi listrik dari PLN saja. Kemudian saya menemukan informasi tentang Panel Surya. 

"Panel surya adalah alat yang terdiri dari sel surya yang mengubah cahaya menjadi listrik. Sederhananya alat ini memanfaatkan sinar matahari untuk menjadi energi listrik." 

Panel surya menjadi salah satu pilihan terbaik yang ada saat ini. Kini banyak perusahaan yang menawarkan produk maupun jasa pemasangan panel surya untuk di pabrik, tempat usaha maupun rumah tinggal. Salah satu yang memberikan layanan adalah Sewatama dengan panel surya terbaik, bahkan memiliki keunggulan lainnya yaitu garansi hingga 20 tahun. Sebuah layanan yang tidak akan  ditemui di perusahaan lainnya.

Panel surya yang kini tengah banyak digunakan di berbagai daerah adalah sebuah sumber energi yang berasal dari sinar matahari. Dengan panel surya terbaik masyrakat akan mendapatkan sebuah energi yang tak terbatas, apalagi Indonesia merupakan salah satu negara yang mendapat banyak sinar matahari. Dengan sumber energi yang tak terbatas ini, menjadikan sebuah ketersediaan energi yang mudah dan murah.

Source : Freepik/Creativeart
Dengan diserapnya sinar matahari oleh panel – panel surya yang akan kemudian disimpan dan diolah pada proses selanjutnya. Maka energi yang dihasilkan merupakan sebuah sumber yang ramah lingkungan dengan tidak adanya polusi yang dihasilkan selama prosesnya. Namun, Anda pun harus mengetahui seberapa besar energi atau besaran listrik yang nantinya dibutuhkan, sehingga dapat dengan pasti mengetahui kebutuhan akan panel surya.

Karena sekarang ini penggunaan listrik yang berbahan fosil mulai menipis, sehingga pemerintah di banyak negara mulai melirik pada penggunaan sumber energi lainnya. Hingga akhirnya panel surya menjadi salah satu pilihan terbaik karena banyak faktor di dalamnya. Apalagi kini muncul berbagai merk panel surya dari pabrikan terpercaya, sehingga Anda harus lebih jeli dalam memilihnya.

Walaupun dalam pemasangan maupun perawatannya mudah, akan tetapi harus dilakukan oleh seorang ahli. Terutama seorang ahli kelistrikan yang dapat dan mengerti seluk beluk mengenai pemasangan panel surya. Kelebihan dari penggunaan panel surya ini adalah, kita tidak perlu repot dalam perawatannya. Karena biasanya dipasang secara miring, saat hujan turun panel surya akan terbersihkan dengan sendirinya.

Tertarik dengan pemakaian panel surya di rumah? Jika ingin tahu berapa banyak panel surya yang dibutuhkan, bisa langsung konsultasi dengan perusahaan penyedianya.