Holla...
Sebenarnya aku udah pernah nyinggung tentang  produk ini di postingan Unboxing goodie bag dari eventnya Beautynesia dan Purbasari kemarin sih. Tapi cuma sekilas aja. Lengkapnya memang aku janjikan untuk direview secara khusus.

Nah, seperti janjiku tersebut, aku mau membahas tentang lipen lokal ini secara khusus. Kebetulan nih dari postingan sebelum-sebelumnya banyak juga yang penasaran dan tertarik dengan review dari metallic lipstick lokal ini. 

Fyi, sebenarnya yang dapat dari goodie bag-nya kemarin kan cuma satu tuh. Tapi karena aku kesemsem jadi aku beli lagi deh satu shade lagi. Yang manakah itu?

Kamu penasaran? (Penasaran lah ya tolong) Yuk dibaca sampe habis yuk beb.

- Tentang Produk -


Purbasari Metallic Color Matte Lipstick ini adalah produk ketiga dari seri lipstick matte purbasari. Sebelumnya sudah ada Purbasari Lipstick Color Matte dan Purbasari Hi Matte Lip Cream.

Produk ini diklaim sebagai lipstick metallic dengan tekstur yang diperkaya dengan Vitamin E sebagai pelembab dan tampilan warna yang pigmented.

- Packaging -


Secara keseluruhan ada sedikit perbedaan konsep packaging pada produk yang satu ini, jika dibandingkan dengan "kakak-kakak-nya". 

Kalau yang sebelumnya lebih mengusung konsep simpel dan minimalis dengan dominasi warna hitam. Yang ini lebih glamour dengan setuhan warna gold yang mewah. 

Lengkapnya akan aku bahas dibawah ini. 

Box


Boxnya memiliki dasar warna putih dengan detail geometri berwarna gold yang glossy, dibagian atasnya. 


Pada bagian depan, terdapat nama brand, nama dan seri produk, dan klaim produk. Sisi kanannya terdapat ingredients. Dibalik lagi kebelakang maka kamu dapat mengetahui klaim produk, perusahaan yang memproduksi (PT. Gloria Origita Cosmetic), tanggal expired serta label Halal MUI. Lalu disisi terakhir ada barcode dan kode warna. Simpel namun sarat akan informasi yang wajib kita ketahui dari sebuah produk.

Ketika kita membeli produk ini, maka kita akan menjumpai seluruh boxnya disegel dengan plastik bening. Nah, aku paling suka produk yang begini. Terjamin deh kondisi dari awal kita beli.


Nah seperti itu tuh tampilan boxnya. Rapi kan? Sekarang waktunya aku bahas tentang tampilan tubenya ya.

• Tube


Kemasan tabungnya adalah tube ramping berwarna gold yang glossy, dan seperti memantulkan bayangan layaknya cermin. Pada bagian dasarnya terdapat stiker kertas putih yang merupakan label dari kode warnanya dan juga keterangan isi.

Pada bagian kaki tubenya terdapat tulisan dari nama brandnya dengan nuansa warna senada. Untuk gambarannya silahkan lihat foto berikut ini.


- Ingredients -


Cyclomethicone, Octyldodecyl Stearoyl Stearate, Ricinus Communis Seed Oil, Polymethyl Methacrylate, Candelilla Cera Extract, Octyldedocanol, Polymethylsilsesquioxane, Cyclopentasiloxane, Copernicia Cerifera Cera, Mycrocrystalline Wax, Ozokerite, Beewax, Tocopheryl Acetate, Aroma, Propylparaben, BHT.

- Finish -

Hasil akhir lipstick ini adalah deep matte dengan micro pearl / glitter yang membuat efek metallicnya muncul. 

Sebelumnya aku juga sudah pernah nyobain lipstick metallic matte, namun si Purbs ini asli ya micro pearl / glitternya itu beneran nggak lebay. Metallic namun tetap natural dan wearable. 

Menurutku walaupun dia metallic, masih sangat aman kok untuk daily wear. Ini juga yang jadi penyebab kenapa aku nambah satu shade lagi, kayak yang aku bilang pada prolog diatas. Aku kesemsem sama finishnya yang manis.

- Shade -

Dalam varian ini tersedia 5 shade yang cukup beragam sebenarnya. Ada merah, maroon, ungu, orange dan coklat.


Aku memiliki shade pertama dan terakhir, no 71 Rubellite dan 75 Goldstone. Kayak cinta sejati gitu. Pertama dan terakhir. Wekekek.


Kedua shade ini sangat cocok untuk semua skin tone perempuan Indonesia. Dari yang putih bening, kuning langsat sampai sawo matang. Untuk pembahasan warnanya lebih detail dan bagaimana swatchnya, nih aku bahas satu persatu ya.

• 71 Rubellite

Rubellite ini warnanya adalah true red dengan efek metallic, yang membuat warnanya semakin terlihat mewah.

Aku udah ceritain juga ya di postingan Unboxing kemarin, kalau ini sebenarnya bukan shade yang aku taksir. Eh, ternyata setelah dicoba. Kumalah sayang. Malah cinta dengan bagaimana warnanya jatuh kekulit sawo matangku. Dia berhasil membuat kulit medium menjurus ke tan ini menjadi lebih segar dan merona. 

Kalian bisa lihat swatch warnanya ditanganku seperti foto dibawah.


Kalau untuk penampakannya ketika dipakai, silahkan ke foto yang ini beb.


• 75 Goldstone

Yang kedua ini adalah si Goldstone. Namanya cantik ya? Aku suka nama shadenya. Shadenya yang coklat terracotta juga nggak kalah cantik lho. Menurutku racikan shadenya juga unik.

Berbeda dengan Rubellite. Kalo si Goldstone ini memang adalah shade yang dari awal kemunculannya sudah bikin aku kesemsem. Tapi selalu maju mundur (cantik) mencobanya karena ragu dengan efek metallicnya. Tapi berhubung karena nyobain yang Rubellite itu efek metallicnya aman, jadi aku langsung kalap untuk coba yang ini. Dan ketika dipakai, Alhamdulillah. Aku suka sekali lho. Ya kayak aku bilang sebelumnya. Shadenya pas untuk semua skintone, termasuk untuk kulit gelap sepertiku.

Nih, di bawah ini kalian bisa lihat swatchnya ditanganku.


Bagaimana ketika dipakai? Yang ini adalah swatchnya diwajahku ya.


- Tekstur & Formula -

Untuk tekstur ada sedikit perbedaan dari kedua shade yang aku punya. 

Kalau yang 71 Rubellite, ketika dipoles kebibir agak lebih seret. Jadi harus perlahan dan hati-hati. Karena jika di gas molesnya bisa bikin lipsticknya yang langsing itu patah. 

Sedangkan yang 75 Goldstone, teksturnya lebih creamy dan mudah ketika di aplikasikan. Tinggal sret sret, gampil deh.

Walaupun ditekstur lipsticknya berbeda, namun formulanya tetap terasa sama. Sama-sama memiliki tingkat kelembaban yang medium. Walaupun deep matte namun nggak kering dan kaku dibibir.

Cuma, ada sedikit catatan nih. Ketika awal aku pakai lipstick ini di makeup challenge event Beautynesia X Purbasari kemarin. Itu kan aku dalam kondisi udah pakai lipstick dari rumah dan aku hapus, baru aku pakai lipstick ini. Pada saat itu aku merasa kalau dia memberikan efek yang nggak nyaman. Rasanya bibirku kayak pecah-pecah dan mengelupas. Tapi ketika aku pakai lagi dilain hari dan dalam kondisi bibir yang belum menggunakan apa-apa. Ternyata efek tersebut nggak terasa. Jadi poitnya sih, kalau pakai ini usahakan bibir kamu memang dalam kondisi yang baik, agar lipsticknya tetap terasa nyaman. Jadi jangan lupa menggunakan lip scrub, lip butter atau lip balm sebelumnya ya.

- Pigmentasi -

Pigmentasinya good. Sekali poles mampu menutup tekstur bibir. Tapi karena sticknya itu yang model slim dan diameternya kecil jadi tetap harus beberapa kali poles untuk menutupi permukaan bibir dengan full. Apalagi yang bagian bibirnya lumayan luas kayak punyaku. Hehe.

- Transfer -

Walaupun begitu dipakai dia langsung kering, namun lipstick matte ini masih tetap transfer. Walaupun nggak yang transfer parah, kesentuh dikit nggak langsung nempel dimana-mana juga sih. Aku sih cukup toleran sama case ini, karena harganya juga terjangkau bok. Ya wajar.

Untuk meng-hack permasalahan lipstick transfer seperti ini, kita bisa mem-blot bibir yang telah dipoles lipstick dengan tissue. 

- Lasting Power -

Lasting powernya medium lah ya. Ketika cuma dipakai senyum-seyum manis aja, bisa bertahan selama 4-6 jam. Tapi jika dipakai makan minum, dia akan langsung memudar dari bagian dalam bibir. Tapi teteup ya. Ingat harga cin. Tinggal poles balik lagi aja. Ketika di re-apply dia tetap nyaman kok. 

- Fragrance -


Lipsticknya beraroma sangat manis, seperti cotton candy gitu. Tapi ketika dipakai wanginya akan samar dan bahkan tidak tercium. Kecuali jika sengaja diendus-endus. Jadi untuk yang sensitif sama fragrance di kosmetik, menurutku ini nggak menganggu sih.

- Conclusion -

Untuk lipstick metallic matte lokal dengan finish dan pilihan warna yang cantik, aku sih YES. Belum lagi harganya juga terjangkau kan?

+ Pros

+ Pilihan shade sesuai skintone orang Indonesia
+ Hasil finish metallic mattenya cantik dan wearable 
+ Harga terjangkau
+ Packaging terkesan mewah
+ Brand lokal
+ Ketika di re-apply tetap nyaman
+ Pigmented

- Cons

- Transfer
- Konsistensi tekstur berbeda pada setiap shade (dalam hal ini shade yang aku punya ya)

Price: @42.000 IDR

Where To Buy?
Counter Resmi Purbasari, Online Shop, E-Commerce ( Shopee & Tokopedia).

Sekian dulu deh review dariku untuk Purbasari Metallic Color Matte Lipstick, shade 71 dan 75 ini. Selalu tunggu review dari aku ya (maksa). LOL. 

XOXO

Madamabi___