Hai semua! Kali ini saya akan sedikit membahas megenai kesehatan, kebetulan pekan lalu saya mendapat kesempatan untuk menghadiri Blogger Gathering bersama Uricran membahas mengenai kesehatan saluran kemih, dimana narasumbernya adalah dr.Boy Abidin SPOG yang ngehits itu! Kalau kamu sering nonton dr.OZ Indonesia, pasti familiar banget sama dr.Boy

Singkat cerita, dr.Boy memaparkan serba-serbi mengenai penyakit infeksi saluran kemih (ISK) yang ternyata cukup banyak dialami oleh perempuan. Dibanding laki-laki, perempuan lebih rentan terkena penyakit ISK yang salah satu gejalanya adalah anyang-anyangan alias suka merasa ingin pipis terus dan disertai rasa nyeri dan tidak lancar, begitu kata dr.Boy hari itu. Duh, saya langsung ingat dengan ibu saya yang kalau mau pergi pasti suka ‘beser’ alias pipis terus gitu, semoga ibu nggak kena ISK, aamiin.

Berdasarkan data yang dr.Boy paparkan, 50-60% gangguan infeksi saluran kemih memang di alami perempuan, dan bukan hanya pada perempuan usia reproduksi tetapi bisa juga pada anak-anak dan pada perempuan yang sudah mengalami menoupose. Data juga mengatakan 1/4nya atau 25% wanita yang sudah mengalami ISK akan kembali mengalami penyakit tersebut lagi. Hhhmm jadi serem yah bisa kambuh-kambuh gitu.

Oia, ISK itu terjadi sebenarnya karena ada bakteri E-coli yang berkoloni dan menempel pada dinding saluran kemih. Kenapa bakteri bisa berkoloni? ya karena beberapa faktor seperti kurang bersih saat membersihkan setelah buang air kecil atau buang air besar, arah pembasuhan yang salah sampai ke kondisi air basuhan yang tidak bersih, semua itu dapat mempengaruhi kesehatan saluran kemih kita. Apalagi kalau kita nih perempuan sedang mengalami keputihan, itu bisa lebih rentan lagi terkena ISK karena saluran kemih perempuan lebih pendek dari pada laki-laki, dan dalam kondisi keputihan jika tidak dibersihkan dengan baik, maka akan lebih berpotensi terkena ISK

Kalau kita sudah mengalami anyang-anyangan, harus waspada karena itu adalah tanda awal dari penyakit ISK, jadi jangan anggap sepele dan bahkan ada mitos yang mengatakan kalau anyang-anyangan itu terjadi akibat kita mengkonsumsi minuman panas yang langsung diberi es batu, padahal tidak! Anyang-anyangan terjadi ya karena kita sudah mulai diberi tanda bahwa area kewanitaan kita sedang kurang bersih dan merupakan tanda awal dari penyakit ISK.

Gejala Infeksi Saluran Kemih

Bawah : 

  • Nyeri saat BAK (disuria) dan terasa panas
  • BAK lebih sering sampai dimalam hari namun jumlah urin sedikit

Atas :

  • Demam tinggi, menggigil
  • Hilang nafsu makan
  • Mual dan muntah
  • Nyeri pada pinggang (lokasi ginjal)

Cara Pencegahan Infeksi Saluran Kemih :

  • Minum air putih 2-3 liter/hari
  • Menjaga kebersihan area kewanitaan (boleh menggunakan sabun khusus area kewanitaan asal pH seimbang)
  • Hindari menahan pipis
  • Setelah pipis / BAK, bersihkan dari arah depan ke belakang
  • Gunakan pakaian dalam berbahan katun
  • Tidak boleh menggunakan pantyliner secara terus menerus, karena akan bikin lembab
  • Mengkonsumsi buah Cranberry

Uricran merupakan produk yang berasal dari extra buah Cranberry yang bekerja aktif menjaga kesehatan saluran kemih sekaligus membebaskan kita dari gangguan anyang-anyangan. Cara kerja cranberry yaitu Proantocyanidin (PAC) dalam buah cranberry yang mencegah bakteri E-Coli menempel pada dinding sel epitel saluran kemih, dan membuangnya bersama air kencing. Ada jenis prive uricran yaitu dalam bentuk kapsul dengan komposisi 250mg isi 30 kapsul/box dengan dosis 1-2 kapsul/hari. Bentuk bubuk komposisi 375 mg dengan ekstrak cranberry, 60 mg vit C,0,1 mg Lactobacillus achidoppillus, 0,1 mg Bifidobacterium bifidum. Isi per box 15 sachet/box dan dosis 1-2 sachet/hari.

Nah, sekarang sudah tau kan kalau menahan pipis itu nggak baik, karena bisa bikin jadi anyang-anyangan dan terkena Infeksi Salurah Kemih (ISK), so buat kamu yang mau jauh dari penyakit ini yah jangan tahan pipis, perbanyak minum air dan konsumsi Cranberry yah!