Organ reproduksi wanita sangat penting untuk dijaga kesehatannya, hal tersebut bisa dilakukan dengan menjalankan kehidupan sehari-hari secara sehat. Organ reproduksi wanita sangat berperan penting untuk berhubungan seksual, perkembangan sel telur, kehimalan, menstruasi, hingga proses persalinan. Jangan sampai organ tersebut mendapat gangguan, sudah seharusnya kalian menjaganya karena sangat berbahaya jika terdapat gangguan yang menimbulkan susah untuk hamil.

Ada beberapa tips untuk menjaga reproduksi wanita.
1. Membersihkan organ intim dengan benar dan bersih
Cara membersihkan vagina dengan benar, dengan membasuh dari depan ke belakang menuju anus, terutama setelah buang air kecil dan besar. Jika tidak di bersihkan dengan benar maka kuman dari anus akan terbawa menuju vagina sehingga mengakibatkan infeksi pada vagina.
Disarankan untuk tidak menggunakan sabun kewanitaan yang mengandung antiseptik atau pewangi, alkohol. Karena sabun tersebut dapat menyebabkan iritasi di vagina.
 
2. Mengkonsumsi makanan sehat
Nutrisi dan energi yang di butuhkan untuk menunjang kesehatan organ reproduksi dengan cara mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi. Beberapa asupan nutrisi yang penting bagi nutrisi bagi kesehatan reproduksi wanita adalah lemak sehat, protein, serat, antioksidan, vitamin dan mineral, seperti folat, selenium, zinc, dan zat besi.
 
3. Kelola stress
Stres yang berlebihan bisa membuat anda menjadi gangguan cemas, gangguan kesuburan, dan depresi. Maka sangat penting untuk menjaga stress agar tidak berdampak lebih pada kesehatan reproduksi.
 
4. Jaga berat badan
Menjaga berat badan agar tetap ideal karena jberat badan obesitas atau terlalu rendah bisa mengganggu ovulasi dan produksi hormon yang mengatur kesuburan wanita.
 
 - Lakukan kebiasaan sehat lainnya
 - Berhenti merokok
 - Hindari minuman beralkohol
 - Istirahat dengan cukup
 - Gunakan alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan yang tidak dirancanakan
 - Hindari perilaku sek beresiko, hubungan sek tanpa kondom dan sering bergantian pasangan sek.
 - Hindari penggunaan obat-obatan dan suplemen.

Baca juga : Penyebab buang air kecil tapi sedikit 
                   Menjaga kesehatan kulit sangat penting 
                   paparan sinar matahari juga bermanfaat