Memiliki rumah yang nyaman, bersih dan luas merupakan impian banyak orang di Jakarta. Namun keterbatasan lahan dan tingginya biaya rumah membuat kita harus pintar menyiasati bagaimana mendekor rumah jika luasnya terbatas. Rumah dengan desain minimalis semakin diminati terutama di kota-kota besar karena tidak terlalu banyak barang tetapi nyaman ditinggali. 



Untunglah kini sudah banyak referensi dalam menata rumah mulai dari majalah, televisi, youtube,instagram sampai pinterest. Apalagi ditambah menjamurnya toko perabot yang menjual produk yang unik dengan harga terjangkau untuk melengkapi kebutuhan dalam rumah. 



Melihat kebutuhan masyarakat akan tempat tinggal termasuk di dalamnya dekorasi rumah, Indonesia Properti Expo kembali diadakan dari tanggal 27 Juli - 4 Agustus 2019 di JCC. Acara ini diadakan gratis bagi semua kalangan masyarakat dan terdapat berbagai kegiatan menarik seperti lomba mewarnai, talkshow, lomba foto dan aktivitas lainnya.




Dalam pameran ini menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk mencari informasi mulai dari informasi KPR, pilihan berbagai tempat tinggal seperti rumah atau apartemen di beberapa lokasi sekitar Jabodetabek. Bahkan ada promo DP 0 rupiah untuk pembeli dengan pendapatan maksimal 4 juta dengan membayar biaya administrasi dan lain-lain sekitar 7 jutaan. 

Antusiasme masyarakat mengunjungi Indonesia Properti Expo atau IPEX mulai terlihat saat akhir pekan dimana salah satu pengembang perumahan sudah menjual 50 unit dari 150 unit yang dipasarkan.



Selain mencari informasi KPR dan membeli rumah, pengunjung juga datang pada talkshow Serba Serbi Menata Rumah tanggal 31 Juli 2019 dengan dua pembicara yaitu Adelya Vivin dan Zata Ligouw. Bagi saya tema ini menarik karena saya kesulitan mengatur rumah akibat terlalu banyak barang. Rasanya ingin memiliki ruang kerja yang nyaman seperti di kedai kopi supaya lebih produktif dalam menulis.



Kedua pembicara lalu membagikan tipsnya bagaimana menata rumah yang mungil agar nyaman dan mendukung produktivitas kerja. Tipsnya antara lain :


  • buat perencanaan sebelum menata rumah
perencanaan meliputi menentukan kebutuhan keluarga, mengenal karakter diri sendiri dan keluarga, perbanyak referensi dari berbagai media dan menghitung anggaran sesuai dengan kebutuhan. tahap perencanaan ini perlu didiskusikan agar bisa menata sesuai dengan tema yang diinginkan dengan budget yang sesuai kantong. 
  • gunakan bagian tertentu di rumah untuk bekerja
jika rumah belum memiliki ruangan kerja khusus, bisa gunakan pojok atau sudut tertentu dalam rumah untuk bekerja. misalnya di dekat dapur atau di bagian tengah rumah dengan menaruh meja, lampu, karpet dan bantal untuk bekerja. perlahan-lahan jika sudah memiliki dana lebih bisa memindahkan ke bagian rumah yang lebih luas agar lebih leluasa bekerja. 





  • hias meja kerja dengan tanaman atau moodboard
agar lebih semangat dalam bekerja tambahkan tanaman di sudut meja karena tanaman memiliki dampak positif untuk menambah semangat, daya ingat dan mengurangi stres. selain itu bisa membuat papan yang ditempel berbagai gambar menarik, quotes atau foto-foto keluarga agar dapat memacu semnagat dalam bekerja. 



  • tambahkan kalender 
kalender bukan sekedar untuk pengingat tanggal namun juga sebagai tempat mencatat agenda atau deadline yang harus segera diselesaikan. kalender bisa dibuat sendiri dengan menempelkan post it atau kertas lainnya yang dihias agar terlihat lebih berwarna. 


  • sediakan tempat khusus untuk menaruh makanan atau minuman 
bagi yang suka minum kopi atau menikmati makanan ringan, pasti saat bekerja bisa sambil minum kopi atau ngemil kue. supaya tidak mondar-mandir ke dapur mengambil makanan yang bisa memakan waktu, sebaiknya sebelum bekerja sediakan tempat bisa dari kotak sepatu untuk menaruh minuman, biskuit atau cemilan lainnnya. jangan lupa rapikan juga meja kerja setelah selesai supaya saat akan bekerja keesokan harinya bisa langsung memulai dengan semangat.

baca juga lima alasan menarik datang ke indonesia properti expo

Kelima tips tadi sederhana dan mudah diterapkan di rumah tanpa harus mengeluarkan uang banyak. Cukup dengan kemauan untuk menata, kreativitas mengolah barang tidak terpakai di rumah dan rajin melihat referensi maka rumah mungil pun bisa terlihat menarik seperti di kantor atau kafe.

Mendatangi Indonesia Properti Expo atau IPEX 2019 mendatangkan manfaat bagi pengunjung termasuk saya yang terinspirasi membuat ruang kerja yang nyaman di rumah dengan memanfaatkan barang yang ada di sekitar. Bagi Anda yang ingin dapat informasi lebih banyak mengenai properti bisa kunjungi website https://inapex.co.id/ dan ikuti akun instagramnya https://www.instagram.com/indonesiapropertiexpo.