Satu dari banyak alasan mengapa Yogyakarta selalu dirindukan adalah wisata kulinernya. Kamu bisa dengan mudah menemukan aneka jenis makanan di setiap sudut Kota Pelajar ini, mulai dari kudapan tradisional setempat, sampai internasional. Dari yang kaki lima, sampai yang levelnya bintang lima.

Nah, salah satu tujuan wisata kuliner yang sangat terkenal dan cukup menjadi andalan di Jogja adalah The House of Raminten. Dari namanya, tempat ini memang terdengar seperti penginapan. Nah, buat kamu yang penasaran dengan destinasi kuliner yang satu ini, yuk simak ulasan lengkapnya berikut!

The House of Raminten


The House of Raminten merupakan restoran yang terletak di daerah Kotabaru, Gondokusuman, Yogyakarta. Ketika berkunjung kemari, kamu akan segera disuguhi dengan suasana kental khas Jawa, mulai dari dekorasi dan desain bangunan, alunan musik, seragam khas yang dipakai pelayan, aroma kemenyan dibakar, serta tentu saja menu makanan dan minuman yang ditawarkan.

Tempat ini sendiri dibuka pertama kali pada 26 Desember 2008 oleh Hamzah Sulaeman, yang merupakan salah satu penerus Mirota Grup. Kalau kamu pernah atau sudah lama tinggal di Jogja, pasti tidak asing lagi dengan brand Mirota.

Raminten sendiri merupakan nama tokoh perempuan di acara Pengkolan yang pernah diperankan oleh Hamzah di Jogja TV. Dulu, sebelum akhirnya melebarkan sayap ke usaha oleh-oleh, suvenir, dan kuliner khas Jogja, House of Raminten hanya menjual jamu dan nasi kucing, lho.

Secara bangunan, restoran yang buka 24 jam ini terbilang unik. Desainnya pun menyerupai rumah tinggal pada umumnya. Hanya saja bagian teras dialihfungsikan sebagai meja resepsionis untuk menyambut tamu.

Kamu yang ingin mencicipi kelezatan kuliner di sini, harap bersabar untuk mengantre ya, terutama jika datang pada jam-jam makan siang atau makan malam. Meskipun rumah makan ini terdiri dari 3 lantai, tapi tetap saja, pada jam-jam tertentu antrean akan selalu penuh. Jadi jika kamu ingin merasakan kelezatan makanan di tempat unik ini, jangan lupa untuk segera membeli promo tiket pesawat murah di online travel agent kesayangan kamu ya.
 

Konsep Unik dan Tak Biasa


Menemukan tempat makan dengan suasana Jawa mungkin sudah biasa, tapi bagaimana dengan penampilan para pelayannya? Di The House of Raminten, semua pelayan diwajibkan memakai seragam kerja berupa jarik untuk laki-laki dan kemben untuk perempuan.

“Kami ini semua lulusan SLB, kalau agak lama harap maklum karena kami kenthir” adalah satu dari sekian tulisan yang terdapat di tembok rumah makan. Kenthir sendiri dalam bahasa Jawa artinya gila. Tentu saja ini hanya guyonan.

Nah, jika berkunjung kemari, cobalah singgah sebentar ke toilet. Di kanan kiri gang menuju kamar kecil, kamu akan menemukan deretan kandang kuda yang masih berfungsi. Ya, kuda di sini tentu sengaja diternakkan oleh si pemilik. Begitu sampai di toilet, kamu akan semakin dibuat heran dengan adanya bak mandi jacuzzi!
 

Menu di The House of Raminten


The House of Raminten menyajikan aneka menu lezat dengan harga yang relatif terjangkau, mulai dari kudapan ringan, minuman, sampai makanan berat. Beberapa menu yang menjadi andalan di tempat ini adalah:
 
  • Sego kucing
  • Nasi liwet
  • Maheso selo groom
  • Sate lilit
  • Es krim Raminten
  • Wedang uwuh, dll.

Bagaimana? tentu kamu makin penasaran dan tak sabar ingin mencicipi masakan khas Raminten, kan? Tidak usah risau soal akomodasi, Airy siap memberikan pelayanan terbaiknya untukmu yang ingin berlibur di Jogja. Yuk, kunjungi website Airy sekarang untuk mendapatkan harga tiket pesawat terbaik ke Yogyakarta dan juga akomodasi budget di sana.