Yeay, new products from Bioderma, yaitu Bioderma Sebium Mat and it's a good news for you who have oily combination skin! Tau ngga, kalau iklim Indonesia yang tropis menyebabkan kebanyakan jenis kulit yang dimiliki adalah kombinasi cenderung berminyak. Selain wajah bakal keliatan "licin", wajah berminyak yang nggak dirawat dengan baik dan tepat dapat menimbulkan masalah yang lebih serius (atau menyebalkan), yaitu jerawat.
Aku sendiri tipe kulitnya lebih ke kombinasi, berminyak hanya di daerah T-zone. Wajah berminyak selain disebabkan oleh hormon, dipengaruhi juga oleh beberapa faktor eksternal seperti polusi, keringat, stress, matahari, AC, pola makan, dll. Aku belajar banyak ketika menghadiri launching event Bioderma Sebium Lotion dan Sebium Mat Control. Keep on reading to know more about oily skin and their new products ;)
Salah satu narasumber di event tersebut, Dr. Jonathan (Dokter spesialis kulit dan kelamin) menyampaikan bahwa untuk mencegah pori-pori tersumbat dan jerawat pada kulit kombinasi/ berminyak, kita harus mengontrol sebum production agar tidak berlebih dan menjaga kualitas sebum agar tidak berubah. Oleh karena itu, Bioderma mengeluarkan 2 produk ini untuk mengatasi kedua hal tersebut.

Sebium Lotion adalah toner yang dapat menyeimbangkan pH kulit setelah mencuci wajah, dan menjaga kelembaban hingga 8 jam. Lotion ini dapat menyamarkan pori dan mencegah timbulnya jerawat dan meregulasi produksi sebum sehingga baik untuk kulit kombinasi cenderung berminyak. Teksturnya cair berwarna bening, dengan wangi yang segar banget. Pas diaplikasiin cepat meresap dan nggak lengket.

Setelah pemakaian Sebium Lotion, dilanjutkan dengan Sebium Mat Control, yaitu moisturizer yang punya triple action: moisturizing, mattifying, dan smoothing. Teksturnya berwarna putih, saat diaplikasikan sangat mudah diblend dan nggak lengket, lalu akan terasa agak licin dan powdery gitu di kulit. Hal ini dikarenakan Sebium Mat Control ini mengandung  Mattifying Powder untuk menghilangkan kilap di daerah berminyak, Perfecting Powder untuk menghaluskan pori-pori, dan moisturizing agents untuk menjaga hidrasi kulit. Oh iya, pake ini sebelum apply makeup lumayan loh untuk menyamarkan pori-pori dan bikin makeup lebih halus juga.
Hm, mungkin ada yang bingung ya daritadi aku ngomongin produk untuk kulit kombinasi cenderung berminyak, tapi kok nyebut-nyebut hidrasi? Penting untuk diketahui kalau kulit kombinasi/ berminyak justru membutuhkan hidrasi yang baik, karena kalau dehidrasi, kulit justru akan menghasilkan semakin banyak minyak di wajah. Oleh karena itu, kedua produk ini dilengkapi fungsi menghidrasi tanpa membuat wajah mengkilap.
Thank you for having me!