Mungkin terkena paparan sinar matahari anggapan sebagian orang berbeda, ada yang menyebutkan berbahaya ada juga yang bermanfaat. Namun jangan dulu berburuk sangka, bahwa terkena paparan sinar matahari dapat memenuhi kebutuhan vitamin D untuk tubuh yang dimana 90%-nya berasal dari matahari. Vitamin D sendiri merupakan vitamin untuk melarutkan lemak yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan terutama tulang.
 
Dari beberapa manfaat yang di pancaran oleh matahari sangat baik untuk meningkatkan penyerapan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang, fosfor tetap normal dan menjaga kadar kalsium, meringankan peradangan ketika terjadi infeksi dalam tubuh, dan meningkatkan pertumbuhan sel tulang.
 
Dari Harvard university mengatakan bahwa 1 miliar orang mengalami kekurangan vitamin D. Bahwa dari vitamin yang di butuhkan tubuh dapat mencegah kanker payudara, skozofrenia, dan multiple sclerosis. tidak hanya dari Harvard university namun dari beberapa penelitian seperti The archive of internal medicine, bahwa orang yang memiliki kadar vitamin D kurang akan mengalami tingkat kematian 2x lebih tinggi dengan resiko penyakit jantung.

baca juga : manfaat santan untuk kecantikan
 
Maka semakin banyak vitamin D yang dihasilkan tubuh maka ada beberapa factor yang didapat pada perubahan dari jumlah vitamin D tersebut.
 
1. Warna kulit
Melanin merupakan zat yang mempengaruhi warna kulit seseorang. Semakin banyak melanin maka semakin gelap warna kulit seseorang. Melanin juga menentukan jumlah yang dihasilkan vitamin D tersebut. Fungsi melanin tersebut untuk menjaga kulit agar tidak rusak yang dapat diakibatkan oleh paparan sinar UVB yang terlalu banyak. Sehingga melanin yang banyak menghambat sinar UVB diserap oeh kulit
 
2. Waktu terkena sinar matahari
Waktu menyirap sinar matahari sangat berpengaruh terhadap jumlah vitamin D. Semakin tinggi bayangan yang Anda lihat makan semakin sedikit produksi vitamin D yang dihasilkan.
 
3. Faktor lainnya
- Lokasi. Jika lokasi berada dalam ketinggian maka kualitas sinar matahari tersebut akan lebih bagus.
- Sebanyak apa bagian tubuh yang terkena sinar matahari.
- Cuaca yang mendung membuat sinar matahari tidak bisa mengenai kulit Anda.
- Usia. Semakin bertambah usia semakin kecil untuk menghasilkan vitamin D.
- Polusi udara juga mampu memantulkan sinar UVB sehingga tidak mengenai kulit Anda.

Baca juga : Manfaat daun mangga untuk kesehatan 
                   3 Makanan yang membuat Anda menjadi semangat di pagi hari 
                   Manfaat dan Bahaya daun sirih 

sumber : https://lingshenyao.id