Santan adalah bahan untuk membuat makanan lebih terasa nikmat namun jika kebanyakan santan akan menyebabkan penyakit kolestrol. Santan yang terbuat dari perasan kelapa ini mengandung lemak yang sangat tinggi sehingga dapat menyebabkan berbagai masalah dalam tubuh jika mengkonsumsinya secara berlebihan. Tapi jangan khawatir karena santan tidak hanya dimakan saja namun bisa juga dipergunakan untuk menjadikan sebuah scrub atau masker untuk perawatan kulit secara alami. Ini manfaat dari santan untuk perawatan kulit secara alami.

1. Melembapkan kulit
Selain pada makanan santan ini juga dapat di jadikan krim untuk wajah, agar kelembapan kulit dan membantu mencegah pengeringkan gatal-gatal. Caranya cukiup mudah, campurkan santan dengan dengan bubuk cendana. Lalu oleskan pada wajah dan diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Cenada sendiri untuk memberikan efek kelembutan pada kulit.
 
baca juga : manfaat dan bahaya madu mentah

2. Membuat dingin kulit yang sudah terkena sinar matahari
Kulit merasakan kepanasan dan kemerahan sesudah Anda jalan-jalan sehingga terkena paparan sinar matahari. Santan bisa menjadi solusi untuk kulit yang kepanasan olehsinar matahari ata luka yang di hasilkan oleh sinar matahari. Oleskan santan yang dingin pada wajah secara merata, sehingga lemak dan minyak yang ada pada santan tersebut akan membantu mengembalikan kelembapan kulit yang terbakar sinar matahari.
 
3. Kulit cerah secara alami
Jangan khawatir jika kamu ingin membuat kulit menjadi lebih cerah, Anda bisa menggunakan santan sebagai alternatif. Kandungan vitamin yang ada di santan mampu mencerahkan kulit. Caranya cukup gampang tinggal ambil santan yang masih segar dan olehskan pada wajah hingga merata lali tunggu selama 10 menit.
 
4. Membersihkan pori-pori
Campuran santan dengan produk lain juga mampu menjadikan scrub pada tubuh maupun wajah. Scrub pada santan sendiri mampu membersihkan pori-pori dan membantu mengelupaskan sel kulit mati sehingga santan sangat efektif untuk perawatan kulit secara alami.Caranya kalian cukup campurkan santan kelapa dengan 1 cangkir garam, dan minyak esensial.
 
5. Mencegah jerawat
Kandungan antibakteri yang ada pada santan mampu mencegah masalah pada kulit wajah seperti, komedo, jerawat dan noda hitam di wajah. Kalian bisa mencampurkan santan dengan oat sampai membentuk scrub lalu oleskan secara merata dan tunggu hingga 10-15 menit, lalu bilas denganair bersih.

Semoga bermanfaat.
Baca juga : Manfaat daun mangga untuk kesehatan 
                   3 Makanan yang membuat Anda menjadi semangat di pagi hari 
                   Manfaat dan Bahaya daun sirih 

sumber : https://lingshenyao.id