Madu memang menjadi bahan alami untuk kesehatan. Berbagai manfaat yang dihasilkan madu memang sudah banyak dipercaya bagi orang-orang. Kandungan yang ada di dalam madu sangat banyak berbagai zat asli yang kaya akan nutrisi dan tidak melalui proses kimia yang berlebihan. Maka dari itu madu mentah menjadi alternative untuk pengobatan banyak orang. Namun ada baiknya jika Anda lebih dulu mempertimbangkan kelebihan sama kekurangan pada madu mentah. Karena efek samping samping tersebut berbahaya yang bersifat fatal.
 
Khasiat madu mentah mempunyai perbedaan dari madu biasa yang bisa membuat anda menjadi beralih.

baca juga : Radikal bebas sangat berbahaya bagi kesehatan
 
1. Menyembuhkan luka
Dalam menyembuhkan luka madu mentah lebih baik bekerjanya di bandingkan dengan madu biasa. Tingkat keasaman yang cukup tinggi dan kandungan antibakteri bernama methylglyoxal yang mampu meningkatkan pH pada permukaan luka sehingga berbagai bakteripun menjauh.
 
2. Menyediakan asupan mineral
Madu mampu membunuh berbagai bakteri yang masih mengandung berbagai jenis mineral yang dibutuhkan tubuh. Mineral tersebut antaralain, kalsium, kalium, zat besi, dan vitamin B kompleks.
 
3. Mengendalikan tekanan darah dan kolestrol
Madu mentah mampu mengontrol tekanan darah serta kadar kolestrol dalam tubuh. Beda halnya dengan madu biasa.
 
4. Mencegah radikal bebas
Kandungan antioksidan pada madu mentah manpu mencegah radikal bebas yang datang dari polusi, zat kimia, dan paparan sinar matahari.

baca juga : 4 cara menggemukan badan secara sehat

Bahaya madu mentah yang mungkin saja terjadi

1. Alergi
Kandungan madu mentah mempunyai serbuk sari asli. Beberapa orang yang alergi terhadap serbuk sari tersebut akan mengalami sulit bernafas, tekanan darah menurun derastis, gagal jantung, pinsan, pusing, bahkan kematian.
 
2. Botulisme (kercunan bakteri)
Madu mentah berpotensi mengandung bakteri botulisme bakteri yang menghasilkan racun dalam tubuh yang menyebabkan botulisme. Botulisme itu sendiri ditandai dengan, mual, diare, kram perut, muntah, mulut kering, dan otot melemah. Jika tidak ditangani dengan cepat atau benar maka kondisi ini akan menyebabkan kematian.
 
3. Keracunan
Madu yang di8hasilkan oleh lebah ternyata dipengaruhi oleh bunga yang nektralnya diambil oleh lebah. Jadi beberapa jenis kelompok Rhododendron ternyata beracun bagi manusia. Racun tersebut akan menyerang sistem saraf .
 
Semoga bermanfaat.
Baca juga : Manfaat daun mangga untuk kesehatan 
                   3 Makanan yang membuat Anda menjadi semangat di pagi hari 
                   Manfaat dan Bahaya daun sirih 

sumber : https://lingshenyao.id