Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu'alaikum warahmatullahi Wabarakatuh

Sahabat Ummi...

Siapa yang masa kecilnya sering metikin buah yang kulit tipisnya berbentuk lampion, yang merupakan tumbuhan liar, sering dijumpai merambat di pohon rindang, di pinggir sawah, atau di kebun. Buah itu disebut dengan ciplukan, rasanya manis. Dulu, tanaman itu serupa gulma. Tak banyak orang yang tahu bahwa ternyata buah ciplukan ini dikenal dengan Golden Berry, yang punya manfaat dahsyat.

Tak seperti dulu, saat saya kecil, sekitar tahun 80 an sampe 90 an, buah ini bisa ditemukan dengan mudah. Sekarang, buah ini bisa dikatakan langka dan bahkan sudah mulai dibudidayakan, daaaaan harga jualnya juga fantastis. Di Supermarket, saya membelinya dengan seharga 35.000 rupiah dalam box mika kecil berat 100gr. Per kilogramnya bisa 200.000-500.000 rupiah. Di kemasannya tertera dari Ciwidey Bandung.

Manfaat dahsyat buah ciplukan atau Golden Berry

Apa aja sih manfaat buah ciplukan ini? sampai-sampai harganya begitu mahal. Ternyata ada berbagai manfaat penting dari buah Golden Berry ini, yaitu:
  1. Melindungi tubuh dari ancaman radikal bebas. Karena tinggi kandungan karoten dan senyawa pelifenol, yang berfungsi sebagai antioksidan. Sehingga buah ini dapat menetralkan radikal bebas, melindungi tubuh dari ancaman penyakit kanker, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung koroner.
  2. Mengatasi rasa nyeri. Kandungan senyawa antiinflamasinya, dapat mengurangi rasa nyeri, yang disebabkan oleh asam urat, radang sendi, nyeri otot, wasir, dan lupus.
  3. Menurunkan berat badan. Buah ciplukan ini rendah kalori, hanya mengandung 53 kalori/100 gr. Cocok untuk dimakan saat tengah diet, sebagai asupan nutrisi harian.
  4. Menurunkan kadar kolesterol. Kandungan asam oleat dan linoleat dalam buah ciplukan berkhasiat menurunkan jumlah kolesterol LDL (kolesterol jahat) yang bersemayam di dalam tubuh.
  5. Mengontrol penyakit diabetes. Ciplukan mempunyai kandungan senyawa yang bisa memperlambat penguraian asupan gula dalam darah. Tubuh akan terlindungi dari tingginya kadar gula karena reseptor insulin dapat diatur dengan benar.
  6. Menjaga penglihatan mata. Memiliki kandungan karotenoid yang tinggi, sangat baik untuk meningkatkan kesehatan mata. Karotenoid ini berkhasiat untuk mencegah terjadinya katarak dan juga memperlambat timbulnya degenerasi makula, serta dapat menjaga penglihatan tetap tajam seiring bertambahnya usia.
Sahabat Ummi...

Saya mengkonsumsi buah ciplukan atau golden berry dengan cara dibuat sebagai infus water. Ditambahkan dengan daun mint, membuat rasa infus water ini enak sekali, benar-benar perpaduan rasa yang mantap. Caranya, cukup dengan meyiapkan air matang di dalam botol kaca, tambahkan 3 atau 5 buah ciplukan, dan daun mint beberapa batang. Diamkan di suhu ruang atau kulkas selama 6 jam. Infus water siap untuk dikonsumsi. Selamat Mencoba ^____^