Hello Girls..

Udah pada tau belum tentang Beautiesquad? Saya tau Beautiesquad sejak teman-teman beauty blogger bekerja sama dengan Beautiesquad dalam mengulas sebuah produk yaitu Inez Kosmetik lengkap! Siapa coba yang nggak tergiur dengan kerjasama yang mendapatkan produk lengkap kayak gitu.

Akhirnya saya kepoin deh, sosial media Beautiesquad terutama Instagram. Ulik sana sini, mereka juga ada Facebook Group yang menjadi wadah untuk share link untuk blogpost para beauty blogger. Saya pun ikutan join karena berharap akan menemukan komunitas baru yang support membernya dalam blogging.

Ternyata, member Beautiesquad ini dibedakan menjadi 2 bagian. Satu khusus Facebook Group yang siapa aja beauty blogger boleh gabung dan share info beauty, satu lagi Whats App Group yang merupakan member yang akan menerima project-project yang dihelat oleh Beautiesquad dan para sponsor.

Untuk Whats App Member ini, harus memiliki beberapa kriteria dan cukup sulit kalau tidak konsisten. Di Ngopi Cantik Beautiesquad ke tiga yang juga bertepatan dengan Beautiesquad First Anniversary, Beautiesquad akhinya menjawab semua tanya yang ada dikepala mengenai apa sih Beautiesquad melalui #Ngopcan3 Beuatiesquad 101


Firts of all, Beautiesquad adalah komunitas Beauty Blogger yang cukup rapi dalam kepengurusannya. Awal berdiri Beautiesquad karena biasanya para beauty blogger dan make-up enthusiast  kan suka ngerumpi ya dengan sejawatnya. Asyik ngerumpi, ada ide untuk membuat grup chatting dan menerima semua orang yang suka dengan make-up dan kepenulisan. Awal dari grup chatting ini nggak semua member memiliki blog. Tapi akhirya dibuat sebuah keputusan kalau Beautiesquad member wajib memiliki blog yang berhubungan dengan beauty.

Semakin berkembang grup Whats App, akhirnya dibuatlah kepengurusan Beautiesquad yang sangat rapi. Mulai dari Founder: Virly KA, Annisa Pertiwi, dan Liana Eka. Main Founder of Beautiesquad: Virly KA., Chief Officer : Vina eska, Community Relation, Social Media Squad, dan Photo Editor Squad yang sudah mengalami beberapa kali reshuffle.




Sejak ada kepengurusan, ditetapkan juga visi dan misi Beautiesquad, yaitu :

Visi : 
1. Menjadi pionir beauty micro influencer berkualitas di Indonesia 
2. Menjadi wadah berkembang bersama para beauty blogger dan beauty influencer 

Misi : 
1. Menemukan talent-talent baru yang diarahkan menjadi beauty blogger yang berkarakter dan bertanggung jawab melalui agenda Ngopi Cantik setiap dua bulan
2. Menjadi jembatan antara beauty micro influencer dengan brand 
3. Menjadi wadah berkreasi para beauty blogger melalui makeup collaboration yang rutin digelar setiap bulan
4. Menjadi referensi bagi para beauty enthusiasts ketika mencari apapun yang berhubungan dengan beauty melalui website (soon)

Lalu, brand Inez pun bekerja sama dengan Beautiesquad. Hal ini yang cukup menggemparkan karena Inez memberikan produk untuk di review nggak cuma satu dua biji, tapi buanyak. Saya pun notice Beautiesquad gara-gara kerja sama Beautiesquad dengan Inez ini. Sejak itu, akhirnya Beautiesquad membentuk Facebook Group karena banyak beauty blogger yang pengen gabung.

Sejak kegemparan itu terjadi, berbagai brand pun mulai notice dengan Beautiesquad dan semakin bayak kerja sama yang terjalin antara Beautiesquad dan brand. Tapi, Beautiesquad nggak sembarangan dengan memilih member untuk menerima tawaran kerjasama, karena kalau tulisan atau review yang ditulis oleh member nggak memenuhi kriteria yang baik, Beautiesquad juga yang bakal jelek namanya.

Untuk itu, kerja sama akan melibatkan member awal Beautiesquad yang ada di Whats App Group. Tapi nggak jarang juga melibatkan teman-teman di Facebook Group untuk bekerja sama. Intinya project Beautiesquad nggak open public, demi nama baik Beautiesquad sendiri.

Program Beautiesquad yang berjalan secara kontinyu sampai saat ini adalah make-up collaboration, sponsored review, dan Ngopi Cantik setiap dua bulan.

Nah, pertanyaan yang paling banyak ditanya adalah bagaimana menjadi member inti Beautiesquad?
Vina Eska, selaku chief officer dari Beautiesquad pun menjawab pertanyaan itu dengan lengkap di Ngopi Cantik special anniversary Beautiesquad yang pertama.

Wajib memiliki blog.
Blog yang dimiliki harus memiliki template yang SEO friendly dan menarik. Tata cara menulis pun sesuai SEO dan enak dibaca. Mulai dari jumlah kata, keyword, pemilihan kata dan tanda baca. 

Blog harus Top Level Domain. Peraturan yang baru saja disahkan. Karena kedepannya Beautiesquad berencana untuk bekerjasama dalam bentuk paid sponsored, jadi TLD sangat diutamakan.

Beauty Content. Blog harus memiliki beauty content paling sedikit 2 kali dalam satu bulan.

Disiplin dan  memiliki attitude. Disiplin dalam waktu, misalnya mengumpulkan foto untuk keperluan kolaborasi. Attitude dalam menyampaikan pendapat, memberi kabar kalau ada halangan dalam suatu project, dll.

Memiliki Instagram, Fanpage dan Twitter yang aktif, dengan syarat 500 follower untuk Instagram, 100 follower untuk Twitter dan Facebook Fanpage.

Harus aktif dalam setiap kegiatan Beautiesquad.  Bukan hanya menerima project, tapi juga harus memberikan kontribusi ke komunitas. Jadi Beautiesquad ini bukan mencari beauty bloger yang hits, tapi mengajak beauty blogger untuk sama-sama aktif dalam kepenulisan.

Rajin ikut Make-Up Collaboration. dan lolos dari pandangan pengurus. 

Jadi kalau semua syarat sudah terpenuhi, Beautiesquad akan dengan tangan terbuka menerima sebagai member inti. Sejauh ini masih dua orang blogger diluar member inti yang masuk menjadi member inti sejak Beautiesquad berdiri.

Beautiesquad juga komunitas beauty blogger yang memiliki SEO Analysis. Fungsi adanya SEO Analysis adalah membantu officer mengetahui apakah blog member sudah sesuai kriteria SEO, baik dari template, penulisan, dan widget pendukunganya. 

Sejak tau tentang Beautiesquad dan paham tentang syarat agar menjadi member inti, sungguh saya ingin merubah kebiasaan telat ngepost dan kurang aktif di setiap kolaboarasinya. Semoga  suatu saat saya bisa menjadi member Beautiesquad yang keren dalam menulis beauty content.


Tulisan ini dibuat dalam mengikuti Blog Competition Beautiesquad x NihonMart