Kota ini tidak hanya memiliki keindahan alam dan budaya yang menakjubkan, tapi juga memiliki beraneka ragam kuliner dengan cita rasa yang khas. Tidak hanya punya satu, Yogyakarta punya ratusan jenis kuliner yang resepnya sudah turun temurun dari beberapa generasi silam. Dijamin, setelah membaca artikel ini kamu akan langsung berburu tiket pesawat Jakarta-Yogyakarta untuk berburu makanan yang enak disana! 
 
 
Sate Klathak
 
sumber:kompasiana.com, Sate Klathak
 
 
Sate Klathak Bagi penikmat daging kambing, Sate Klathak adalah kuliner yang wajib dicoba di Yogyakarta. Ada beberapa tempat berjualan sate yang ditusuk dengan besi ini, namun yang memulai pertama kali dan yang paling terkenal adalah sate Pak Pong yang terletak di kawasan Imogiri.
 
Angkringan
 
sumber:paketwisatajogja75.com
 
 
Malas makan berat tapi kepengen mengganjal perut? Angkringan adalah solusi sempurna. Ada beberapa pilihan makanan di tempat ini, mulai dari nasi kucing yang hanya sekali lahap, jadah goreng dan bakar, tempe bacem, sate usus, dan banyak makanan lainnya yang masih tradisional. Penjualnya tersebar di berbagai tempat di Yogyakarta, namun yang paling banyak diburu oleh pembeli adalah Angkringan Lik Man disebelah Stasiun Tugu Jogja. Warung ini adalah pelopor angkringan dan sudah berjualan sejak tahun 1969.
 
Nasi Gudeg
 
sumber:gudegyujumpusat.com
 
 
Nggak sah liburan ke Jogja kalau tak mencicip nasi gudeg. Ada banyak pilihan tempat untuk membeli nasi gudeg ini, dan beberapa yang paling terkenal adalah Gudeg Yu Djum, Gudeg Pawon dan Gudeg Wijilan. Sekarang gudeg juga sudah bisa jadi oleh-oleh favorit, tanpa harus takut basi lagi. Dengan kemasan kaleng, gudeg bisa dibawa ke luar kota sampai beberapa hari, bahkan bisa dikirim ke luar negeri.
 
Mangut Lele
 
sumber: bango.co.id
 
Kuliner ini adalah salah satu favorit Sultan Yogyakarta, Sri Hamengkubuwono, dan yang paling terkenal adalah Mangut Lele Mbah Marto. Untuk membuat masakan ini, lele dipangang di atas tungku, lalu diberikan kuah santan yang pedas. Ditambah dengan nasi panas dan sayur daun pepaya, mangut ini pasti jadi makanan yang nggak akan kamu lupakan.
 
Oseng-oseng Mercon
 
sumber:jajanjogja.com
 
 
Seperti namanya, masakan ini akan membuat lidahmu terasa meledak seperti kena mercon. Yang paling terkenal di Jogja adalah Oseng-Oseng Mercon Bu Narti yang menyajikan beberapa pilihan oseng pedas. Mulai dari kikil, lemak, kulit dan tulang muda. Kamu pun bisa memilih tingkat kepedasannya, yang mana mercon adalah tingkat paling rendah di antara semua level kepedasan di warung ini.
 
Lotek
 
sumber:cahwonosobo.com
 
 
Makanan yang satu ini mirip dengan rujak atau ketoprak, namun dengan cita rasa bumbu yang berbeda. Bagi masyarakat Jogja, lotek adalah makanan sehari-hari dan mudah ditemui di mana-mana. Namun yang paling terkenal adalah Lotek Bu Ning, yang sudah buka sejak tahun 1983.
 
Entok Slenget Kang Tanir
 
sumber:foodandfeast.com

Lezatnya daging entok yang dipadukan dengan bumbu pedas bakal bikin kamu ketagihan. Dan tempat makan entok pedas yang paling banyak dicari di Jogja adalah Entok Slenget Kang Tahir yang berada di kawasan Turi. Siapkan perut dan lidahmu untuk mencicip kuliner yang menggoda selera ini, karena dijamin bakal nambah lagi dan lagi. 
 
Beberapa referensi kuliner di atas sudah bikin ngiler, dan sekarang saatnya untuk berburu tiket pesawat Jakarta-Yogyakarta. Eits, masih ada banyak lagi kuliner di kota istimewa ini yang wajib banget kamu cicipi. 
 
Masih ada Ayam Goreng Kalasan, Sop Merah, Kopi Joss, dan banyak lagi yang bisa kamu nikmati. Jadi tunggu apa lagi? Beli tiket pesawat Jakarta-Yogyakarta sekarang juga!