Radikal bebas memang sangat berbahaya bagi siapa pun karena zat ini dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti kanker salah satunya. Radikal bebas juga dapat berada dimana saja bahkan di tubuh Anda pun bisa saja menghasilkan radikal bebas.

Jadi radikal bebas itu merupakan sebuah molekul yang mengandung elektron yang tidak berpasangan. Sehingga electron tersebut dapat menerima elektron dari molekul lain. Radikal itu sendiri dapat menyerang protein, asam nukleat, lipid sebagai target dari radikal bebas tersebut. Yang akan menyebabkan kerusakan pada sel, DNA, dan protein serta gangguan keseimbangan pada tubuh.

Asal dari radikal bebas tersebut biasanya dari sekitar lingkungan Anda sendiri, seperti asap kendaraan, asap rokok, polusi udara, bahan kimia industry, radoasi, sinar matahari, ozon, makanan dan minuman yang Anda konsumsi.

Terlalu banyak radikal bebas dalam tubuh membuat tubuh stress oksidatif. Yang merupakan dimana kondisi jumlah radikal bebas dalam tubuh lebih banyak daripada pertahanan antioksidan. Hal seperti ini yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel dalam tubuh.

Dari stress oksidatif ini menyebabkan beberapa penyakit mulai dari penyakit jantung, radang sendi, aterosklerosis, hipertensi, stroke, tukak lambung, penyakit Parkinson, penyakit Alzheimer, kanker. Radikal bebas juga dapat merusak kode DNA sehingga sel baru tumbuh dengan tidak benar dan menyebabkan penuaan.

Baca juga : Manfaat daun mangga untuk kesehatan 
                   3 Makanan yang membuat Anda menjadi semangat di pagi hari 
                   Manfaat dan Bahaya daun sirih