Hei Beauties..
Assalamualaikum..
 
       Selamat menjalankan Ibadah Puasa bagi umat muslim. Di bulan Ramadhan, kondisi tubuh tidak akan sama seperti biasanya. Kalau tidak banyak mengkonsumsi air putih, sayur dan buah akan banyak reaksi tubuh yang muncul tentunya. Mulai dari dehidrasi sampai dengan bibir kering dan pecah-pecah.  Bibir yang kering dan terlihat seperti mengelupas, bisa menimbulkan luka pada bibir bahkan sampai berdarah. Wahh.. Ngeri banget kan.. Tapi jangan khawatir kali ini aku mau berbagi tips untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah selama melaksanakan ibadah puasa. Dan artinya ada beberapa produk yang jadi unggulanku disini.. Mau tau apa saja?  Yuk simak selengkapnya.
Apa penyebab bibir kering ?
 
sumber : daunbuah.com

      Bibir yang kering disebabkan oleh kurangnya kelembaban baik dari segi cuaca maupun perawatan diri. Dan taukah kamu? Bahwa menjilati bibir hanya akan membuat bibir kamu semakin kering. Karena air liur pada bibir yang terkena kontak dengan udara hanya akan mengikis kelembaban bibir. Bibir tidak memiliki kelenjar minyak sehingga akan lebih mudah kering dan retak ( pecah-pecah ). Terutama saat melaksanakan ibadah puasa, karena waktu makan dan minum menjadi terbatas. Sehingga jika pola makan dan minum tidak teratur, kamu bisa dehidrasi dan menyebabkan bibir kering. Adapun hal yang perlu kamu ingat untuk menjaga agar tubuh tidak mengalami dehidrasi yaitu :
 
1. Minum air putih 8 gelas per hari
      
        Air merupakan zat penting dalam tubuh, dibulan Ramadhan ini mari penuhi kebutuhan air didalam tubuh kita dengan minum 8 gelas 1 hari agar terhindar dari dehidrasi sehingga menyebabkan bibir menjadfi kering. langkahnya sebagai berikut :
1 gelas saat bangun tidur
1 gelas setelah habis makan sahur
1 gelas saat berbuka
1 gelas setelah sholat maghrib
1 gelas setelah makan malam
1 gelas setelah sholat Isya
1 gelas setelah sholat tarawih
1 gelas sebelum tidur
 
2. Makan sayur dan buah

        Selain air putih, tubuh juga merlukan cairan, vitamin dan nutrisi yang terdapat dalam sayur dan buah. mengkonsumsi sayur dan buah dapat mempengaruhi kelembaban bibir. vitamin yang terdapat didalam buah  sangat baik untuk menjaga kesehatan bibir, terutama vitamin C yang terdapat pada buah jeruk, tomat, jambu biji, belimbing, dll. kemudian cairan yang terdapat didalam sayur  dapat menyempurkana kebutuhan cairan didalam tubuh sehingga bibir kamu tetap terjaga kelembababnnya. 
 
       Sementara untuk menjaga agar bibir tetap sehat,  tidak kering dan pecah-pecah selain dengan mengkonsumsi hal diatas, adalah  dengan melakukan perawatan pada bibir. Misalnya saja dengan menggunakan LIP CARE.  Lip care bisa berbentuk Lip Balm,  Lip Butter, Lip Gloss dan banyak lagi. Produk Lip care yang aku punya adalah Lip Balm dan Lip Butter.
 
Apasih bedanya?
 
       Nah,  Kalau lip butter biasanya memiliki kandungan minyak yang lebih banyak sehingga sangat cocok untuk kulit bibir yang sudah terlanjur kering dan pecah-pecah. Sedangkan lip balm adalah produk lipstik dari yang sudah dilengkapi dengan kandungan vitamin E dan SPF. Namun, manfaat dari keduanya adalah sama-sama untuk menjaga dan merawat agar bibir tetap lembab, tidak kering/pecah-pecah.
 
      Dan disini aku ingin rekomendasiin 3 lip care andalan yang aku punya untuk mengatasi dan merawat bibir kering selama menjalankan ibadah puasa. Dan tenang saja, setelah bulan puasa juga masih bisa dipakai kok. Penekanan kata "bjlan puasa" disini hanya karena biasanya kondisi tubuh akan berbeda dengan yg biasanya. Baiklah langsung saja kita bahas yah..
 
TENDER CARE BY ORIFLAME
 
si kecil yang multifungsi
 
      Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan produk yang satu ini kan.. Jujur saja, pertama sekali aku mengenal produk lipcare itu adalah lip balm tender care nya oriflame. Bagiku dulu lip gloss itu sama dengan lipstick. jadi aku tidak pernah menganggap lip gloss sebagai salah satu produk lip care. oh iya sebelum ini aku juga sudah pernah mereview tentang tender care di blog aku.
 
Baca disini : Tender care si kecil yang multifungsi

 
Manfaat Tender Care :
 
- menghaluskan daerah kulit yang kasar, seperti dagu, lutut, siku, mata kaki, dll.
- mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.
- merawat kulit wajah yang berjerawat.
 
      Nah, selain mengatasi bibir kering dan pecah-pecah tender care juga punya fungsi yang lain yah. tekstur dari produk ini seperti balsem, berwarna bening, dan mengandung minyak. seperti yang sudah aku jelaskan sebelumnya. tender care ini masuk kedalam kategori lip balm yang artinya sudah mengandung vitamin E dan SPF. sehingga sangat baik untuk merawat kondisi bibir. untuk beberapa hal tender care ini sangat menjadi andalanku. selain karena kemasannya yang mungil sehingga cocok dibawa bepergian. aku sendiri sudah menghabiskan banyak kemaan tender care dari mulai sejak pertama kali mengenalnya. essehhhh... harga dari satu buah tender care itu sekitar Rp. 45.000,-an. kamu bisa membelinya di katalog oriflame. kalau lagi beruntung kamu bisa dapat diskon loh.
 

Cara Menggunakannya :

       Ambil sedikit krim dengan menggunakan telunjuk ( dan pastikan tanganmu sudah bersih ). kemudian oleskan secara perlahan di area bibir atau pun daerah tertentu yang ingin kamu oleskan.
- kamu bisa pakai di malam hari sebelum tidur.
- bisa juga sebagai base lips sebelum menggunakan lip matte.
- atau bisa digunakan sehari-hari juga ketika dirumah atau saat sedang malas menggunakan lipstik tapi ingin agar bibir tetap terlihat lembab.

 
NIVEA LIP BUTTER

       Nivea Lip Butter adalah salah satu produk keluaran brand Nivea yang memiliki 4 varian aroma. ada Lip butter Original, Cocoa, Vanilla & Macadamia dan Rasberry Rose. dan wangi dari tiap aromanya itu benar-benar buat melting dan susah move on. teksturnya hampir sama dengan lip balm, tidak terlalu lengket dan mudah di apply.

Manfaat dari Nivea Lip Butter :

- melembabkan bibir
- sebagai base lips
 
 
Cara Menggunakan :
 
      Ambil krim secukupnya, pastikan tangan kamu sudah bersih dan bebas bakteri yah.. kemudian oleskan pada bagian bibir. di awal pemakaian akan terlihat sedikit warna dan tekstur yang creamy namun saat dioleskan secara merata akan segera menyatu dengan tekstur kulit bibir.
 
       Sensasi saat menggunakan produk ini adalah selain bisa membuat bibir terasa lebih lembab. juga dapat membuat pikiran terasa lebih relaks karena aroma nya yang benar-benar wangi. jadi kalau sedang berpuasa, saranku memakai nya sebelum tidur saja yah. karena kalau dipakai siang hari bisa menimbulkan khayalan es krim coklat, vanila, rasbery dll. hahhahahha.. dan untuk harganya itu sekitar Rp.30.000,-an. cukup terjangkau kan... keunggulan lainnya Lip Butter ini juga bisa dijadikan sebagai scrub bibir loh. caranya mudah, kamu tinggal menambahkannya dengan sedikit gula dan campurkan sampai merata kemudian tinggal di scrub ke bibir deh. 
 
VASELINE REPAIRING JELLY

       Vaseline Repairing Jelly adalah salah satu dari produk Vaseline yang diformulasikan untuk merawat kulit kering. tahun 2017 lalu, produk ini mulai masuk ke Indonesia dan menjadi salah satu topik perbincangan hangat bersama dengan rekan sejawatnya Vaseline Protoleum Jelly.

Manfaat Vaseline Repairing Jelly untuk bibir :

       Sebenarnya Vaseline Repairing Jelly ini juga memiliki banyak manfaat, namun disini aku akan menulis secara khusus mengenai manfaat untuk daerah bibir saja.
- melembabkan area bibir
- merawat dan memperbaiki bibir pecah-pecah.
- membersihkan sel kulit mati pada bibir yang menghitam.
 

       Cara menggunakannya hampir sama dengan cara menggunakan Lip Balm pada umumnya. juga hanya tinggal di oleskan pada bagain yang membutuhkan. tekstur dari vaseline repairing jelly ini lebih lengket dan lebih padat dari pada tender care. aromanya juga hampir sama, aku kurang suka dengan aromanya. Dan lebih minyakan di bibirku,  ibarat pakai balsem di bibir. Namun cukup manjur untuk merawat bibir yang kering dan pecah-pecah. untuk harganya yaitu sekitar Rp. 30.000,-an. kamu bisa membelinya di Indomaret atau di online shop.
 
       Dan diantara ketiga Produk Lip Care yang aku punya diatas, jika harus diurutkan yang paling menjadi andalanku, aku akan memulai dari yang paling atas yaitu adalah :
1. Tender Care
2. Nivea Lip Butter
3. Vaseline Repairing Jelly
 
Alasannya : 
 
Yang pertama, Tender care bisa digunakan di berbagai waktu baik siang hari maupun malam hari. kemasannya juga lebih simple dibandingkan yang lain. 
Yang Kedua, Nivea Lip Butter tidak cocok menurutku jika digunakan pada siang hari. kenapa? karena aromanya bisa mengganggu iman orang yang berpuasa. hahaha.. tapi memang benar, aromanya benar-benar menggugah selera.
 
MORE INFO : 
 
 
       Over all, thankyou so much for reading. semoga bisa bermanfaat dan bisa menambah referensi kamu. kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan. next, kamu punya saran gak tips apalagi yang pengen aku bahas selama bulan Ramadhan. Please, koment dibawah yah..
 
Follow me on :
 
Fanpage : Miss Tariita
Instagram : @misstariita
Twitter : @tariitaas
Email : misstariita@gmail.com