Pada hari sabtu 20 juli lalu aku dan teman-teman dari Blogger Medan diundang untuk menghadiri seminar kesehatan dari Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC). Mendengar kata Malaysia aku sangat excited dengan seminar ini. Seperti yang kita tahu pelayanan kesehatan di negri jiran tersebut emang uda gak diragukan lagi. Apalagi untuk warga medan, berobat ke Malaysia merupakan Alternatif terdekat jika ingin menjalankan pengobatan keluar negri.

Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) adalah badan di bawah Kementerian Keuangan yang bertugas memfasilitasi dan mempromosikan industri perjalanan kesehatan Malaysia dengan mengoordinasikan kolaborasi industri dan membangun kemitraan publik-swasta yang berharga, di dalam dan luar negeri.

MHTC didirikan untuk memfasilitasi pengembangan strategis industri perjalanan kesehatan Malaysia, dan untuk meningkatkan profil negara tersebut sebagai tujuan yang dipilih secara global untuk layanan kesehatan kelas dunia.

Bertempatkan di Santika Dyandra Hotel Medan seminar yang bertemakan "Fit for Life" ini dimulai pada pukul 13:00. Sebelum memasuki tempat berlangsungnya seminar para peserta diminta untuk melakukan registrasi terlebih dahulu.


Acara dibuka oleh mc, yang dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ibu Farah Delah Suhaimi selaku Marketing Director Malaysia Healthcare. Ibu Farah menjelaskan bahwa Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) hanya bekerja sama dengan 73 rumah sakit dari total 300an rumah sakit yang ada di Malaysia. Kenapa hanya 73 saja, karena Malaysia Healthcare hanya memilih rumah sakit yang terbaik saja yang sudah melewati seleksi.
Untuk biaya pengobatan tidak usah khawatir karena seluruh rumah sakit di Malaysia selalu dalam pengawasan pemerintah. Jadi dipastikan biaya tiap rumah sakit akan terkontrol.
Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) juga sudah bekerja sama dengan beberapa rumah sakit Indonesia tepatnya dijakarta. Dan pada bulan Agustus mendatang MHTC juga akan menandatangani kerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia.


Ibu Farah Delah Suhaimi

Bagi kita yang ingin melakukan pengobatan atau sekedar pemeriksaan kesehatan kita dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan tim Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) melalui email, telepon ataupun Whatsapp. Jadi kita bisa memilih rumah sakit mana yang nantinya akan kita kunjungi dan kita juga bisa mempersiapkan dana terlebih dahulu.

Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) juga menyediakan End-to-End Service, yaitu penjemputan mulai dari bandara ke hotel atau bandara langsung kerumah sakit dan sebaliknya. Jadi lebih praktis dan mempermudah kita kan.


Acara dilanjutkan dengan presentasi kesehatan dari dr. Savitha selaku Head of Strategic Partnership, Malaysia, Ramsay Sime Darby Health Care. dr. Savitha menjelaskan untuk menjaga kesehatan kita harus menjaga pola hidup sehat yaitu :

  • Diet seimbang yang sehat 
  • Mempertahankan berat badan yang sehat
  • Rajin berolahraga 
  • Tidak merokok
  • Mengurangi konsumsi alkohol
  • Cukup istirahat 
  • Rutin melakukan pemeriksaan kesehatan
dr. Savitha







Setelah presentasi dari dr. Savitha kemudian dilanjutkan dengan presentasi dari Ibu Nurul selaku perwakilan dari Ramsay Sime Darby.

Ramsay Sime Darby adalah pelopor perawatan yang memanfaatkan teknologi medis baru yang dikombinasikan dengan dedikasi pada praktik klinis berkualitas tinggi untuk memberikan perawatan kelas satu di armada rumah sakit terakreditasi internasional. Itu berarti komitmen berkelanjutan untuk investasi dalam fasilitas kelas dunia, bersama dengan dedikasi untuk mendukung kemajuan medis melalui penelitian lanjutan dan praktik inovatif.

Ramsay Sime Darby memiliki 3 rumah sakit di Malaysia yaitu:
Dimana ketiga rumah sakit tersebut memiliki fasilitas yang nyaman seperti di hotel. Sehingga para pasien yang dirawat disana bisa merasa nyaman dan mempercepat pemulihan.

Kemudian acara selanjutnya yaitu sesi tanya jawab antara peserta seminar dengan Ibu Farah dan dr. Savitha. Anthusiastme dari para peserta begitu besar terlihat dari banyaknya peserta yang bertanya.
Salah satu pertanyaan dari peserta yang menarik menurut saya adalah apakah MHTC memiliki rencana untuk mengundang para Blogger ataupun Influencer kota Medan untuk melihat dan merasakan fasilitas dari Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) secara langsung. Ibu Farah menjawab bahwa mereka sudah mengundang beberapa Influencer dari jakarta ke Malaysia beberapa bulan lalu dan mereka juga berencana untuk mengundang Influencer Medan satu saat nanti. Wah, semoga saja rencana itu dapat segera terealisasikan ya.


Kemudian acara diakhiri dengan sesi foto bersama dan sebelum meninggalkan lokasi seminar para peserta dipersilahkan untuk menikmati Coffe Break yang tersedia.


Sekian postingan aku tentang Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC). Semoga bisa membantu kalian yang ingin berobat ke Malaysia. Sampai ketemu di postingan aku selanjutnya.
See you and Thankyou.
Bye...
Bye...