Nama : Lisa Chairani
NIM : 101301015 

Pengertian Paedagogi



Pedagogi ialah kajian mengenai pengajaran, khususnya pengajaran dalam pendidikan formal. Dengan kata lain, pedagogi ialah sains dan seni mengenai cara mengajar di sekolah. Secara umumnya pedagogi merupakan mata pelajaran yang wajib bagi mereka yang ingin menjadi guru di sekolah. Sebagai satu bidang kajian yang luas, pedagogi melibatkkan kajian mengenai proses pengajaran dan pembelajaran, pengurusan bilik darjah, organisasi sekolah dan juga interaksi guru-pelajar.
berikut uraian singkat referensi dari buku mengenai ilmu dan seni dalam mengajar

Seni dan Imu  Mengajar
1.     1.  Mempelajari dan Mentransformasikan : mengajar merupakan seni dan ilmu mentransformasikakan bahan ajar kepada peserta didik pada situasi dan dengan menggunakan media tertentu. Pembelajaran merupakan aktivitas membantu, sebuah  seni yang bersifat rendah hati.
2.     2. Hubungan fikiran : hubungan 2 arah, guru memberikan dan siswa menerima bantuan dan bimbingan. Siswa adalah subjek didik yaitu yng menerima dan mengikuti displin, tapi tidak berarti siswa tunduk pasif ada otoritas guru.
3.     3. Seni, ilmu, dan profesi : banyak orang mengatakan bahwa mengajar adalah ilmu dan seni. Efektifitas mengajar tergantung pada kreativitas, penilaian yang baik dan wawasan yang tinggi. Dasar ilmiah seni guru mengajar : ekspresi, improvisasi dan intuisi.   
4.     4. Pengajar yang cerdas : karakter pribadi guru : jujur, displin, penyayang, integritas, antusias, motif, komitmen, ksatria. : guru yang cerdas atau jenius ( blilliant teacher ) pada intinya mencerminkan, keterpelajaran, integritas pribadi, dan kemampuan berkomunikasi dengan siswa. Esensinya guru bisa menggunakan gaya apa saja, asalkan dengan cara itu dia mampu membuat standard an perilaku mngajar yang memungkinkan siswa dapat belajar dengan mudah dan benar. :        Tampilan dikelas, persiapan, terorganisir, konsisten, etika, cepat, fleksibel, interaktif, lingkungan. 
Menganalisis guru SMP, sesuai dengan referensi buku, tabel perbandingan pengalaman selama sekolah.
 
Karakter Pribadi
Tampilan di kelas
1.      Disiplin : menunjukkan kontrol diri  
Konsisten : guru mengajar dengan santai dan monoton melihat buku tapi kebanyakan siswa jadi anggap sepele dengan guru karena merasa tidak diperhatikan.
2.      Integritas : selalu melakukan apa yang dikatakan, apapun konsekuensinya.
Kecepatan : menjalankan tugas di kelas tidak lebih dari waktu yang diberikan, tapi seingkali guru monoton terhadap bahan ajaran, sehingga membuat murid bosan, guru tidak menghubungkan fikiran hubungan dua arah.
3.      komitmen
Lingkungan belajar : guru menata lingkungan belajar yang edukatif, dengan menciptakan kelompok belajar pada setiap siswa untuk saling bekerja sama, dan mempresentasikan hasil makalahnya di depan teman yang lain. Di sini guru membangun keaktifan belajar siswa dengan memfasilitasi peluang belajar.
4.      antusias : tampil bersemangat dan percaya pada apa yang diajarkan.
Sikap fleksibel : terbuka atas ide baru tapi terkadang guru yang galak membuat murid yang diajarkan malah ketakutan.