Dulu,  bapak saya adalah pengurus koperasi simpan pinjam di kampung. Bahkan bapak adalah penggeraknya. Bukan tanpa alasan kenapa bapak tertarik untuk menjadi pemgurus koperasi. Menurut bapak,  koperasi sangat membantu anggotanya, salah satunya jasa dari pinjaman anggota dikembalikan dalam bentuk pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU). Selain itu,  koperasi dinyatakan sebagai soko guru perekonomian Indonesia.  Dulu,  demi menanamkan semangat berkoperasi, setiap siswa wajib menjadi anggota koperasi di sekolahnya.


Waktu berlalu,  koperasi menjadi kurang menarik bila melakukan pola perekrutan dengan cara lama. Sudah saatnya koperasi berubah,  apalagi memasuki era revolusi industri 4.0 agar dapat menarik generasi milenial. Ini juga yang tampaknya ditangkap oleh KSP Sahabat Mitra Sejati, atau Sahabat UKM (www.sahabat-ukm.com) yang berkantor pusat di Gedung Sampoerna Strategic Square Jakarta. Sejak 2 tahun yang lalu,  KSP Sahabat Mitra Sejati bekerja sama dengan Bank Sahabat Sampoerna meluncurkan tabungan online berbasis aplikasi bernama SOBATKU (Simpanan Online Sahabatku) dan siap bersaing dengan aplikasi fintech lainnya.  

Dalam rangka memberikan apresiasi kepada nasabahnya, hari Sabtu tanggal 14 Juli 2019 lalu Sobatku kembali mewujudkan impian pengguna SOBATKU melalui program Undian Grand Prize berhadiah utama 100JT dan 4 Paket Umrah untuk 4 Pemenang. 

Acara undian Grand Prize ke-8 kali ini diadakan di Plaza Ambarrukmo, Yogyakarta. Dan senangnya saya bersama beberapa kawan blogger berkesempatan mengikuti keseruannya. Dalam acara ini, selain acara inti berupa pengundian hadiah Sobatku,  digelar juga berbagai acara menarik lainnya diantaranya K-Pop Competition, aneka stand kulineran dengan aneka jajanan, dan hiburan musik dari Pongki Barata... Wuih... Asyiik kan? 

Khusus untuk stand kulineran, semua pembayaran hanya bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi Sobatku. Jadi biar di sana saya bisa makan-makan dan jajan-jajan, saya harus punya akun Sobatku dulu. Dan ternyata cara untuk memiliki akun Sobatku ini mudah sekali. Pertama kita hanya perlu mengunduh aplikasi Sobatku dari play store, kemudian memdaftarkan diri dengan mengisi form yang disediakan dan melengkapi syarat-syarat yang diperlukan. Seperti foto diri,  dan foto KTP.  

Kemudahan Sobatku (doc.pri)
Selanjutnya, pihak Sobatku akan memverifikasi data-data yang kita kirimkan. Selama data yang kita kirim benar dan valid,  pihak Sobatku akan cepat dalam memberikan persetujuan. Nantinya nomor HP yang kita gunakan itulah yang menjadi nomor rekening kita. Pada prinsipnya,  Sobatku ini adalah tabungan dalam bentuk online yang memberikan berbagai kemudahan dalam bertransaksi.

Transaksi SOBATKU yang dapat dilakukan oleh pengguna saat ini adalah :
  1. Nabung melalui Bank Transfer (ATM, M-Banking, Internet Banking).
  2. Setor tunai di ALFA.
  3. Tarik Tunai di ALFA.
  4. Transfer Sesama SOBATKU.
  5. Transfer ke Nomor HP.
  6. Transfer ke Rekening Bank.
  7. Transfer Terjadwal & Berkala.
  8. Bayar, Beli & Top Up Biller

Layanan Sobatku (doc. Pri) 
Dan semua transaksi gratis biaya administrasi. Minimal setoran untuk tabungan adalah Rp.  10.000,-  saja.  

Grand Prize Undian Sobatku
Sebagai wujud penghargaan kepada nasabah, Sobatku memang rutin mengadakan program undian. Yakni undian reguler yang dilaksanakan setiap bulan dan undian grand prize yang dilaksanakan setiap 3 bulan sekali untuk periode poin : Januari – Maret, April – Juni, Juli – September dan Oktober – Desember.

Untuk undian bulanan,  nominal hadiah yang bisa dimenangkan adalah ratusan hadiah berupa uang tunai sebesar 10jt, 5jt, 1jt, 500rb dan 100rb. Sementara hadiah untuk Grand Prize berupa uang tunai 100 juta dan 4 Paket Umrah untuk 4 Pemenang, 

Suasana di venue (doc. Pri) 
Nah, untuk pengundian Grand Prize periode Juli-September yang merupakan penarikan undian ke-8, Yogyakarta dipilih menjadi tempat pelaksanaan. Karena DIY dan Jawa Tengah adalah daerah yang pertumbuhan ekonominya tinggi, penduduknya besar, jumlah kaum milenialnya banyak dan wilayahnya luas. Dan yang terpenting, DIY dan Jawa Tengah memiliki pengguna  SOBATKU yang menempati urutan ke-6 terbanyak di Indonesia.

Sesuai yang direncanakan,  hari Sabtu,  14 Juli 2019 pukul 13.00 saya sudah sampai Atrium Plaza Ambarukmo. Sudah tampak keseruan di sana.  Banyak pengunjung yang mengerumuni panggung utama. Sepertinya mereka tengah menyaksikan K-Pop Competition.

Peserta K-Pop Competition (doc. Pri) 
Teriakan histeris dan tepuk tangan panjang mengiringi penampilan setiap peserta. Saya dan seorang kawan memilih melihat dari kejauhan sambil menikmati suasana. Sekitar pukul 14.00 WIB,  gelaran kompetisi K-Pop telah usai.  Acara selanjutnya adalah konferensi pers dari Sobatku yang dilanjutkan dengan pengundian hadiah.

Nara sumber yang hadir dalam konpers
(sumber : web site sobatku) 
Hadir dalam acara ini Ceppy Y. Mulyana, Ketua Pengurus KSP Sahabat Mitra Sejati dan Henky Suryaputra  dari Bank Sahabat Sampoerna sebagai lembaga mitra, Deputi Menteri Bidang kelembagaan Ir. Bapak Luhur Pradjarto, MM, Deputi Menteri Bidang Pengawasan, Bapak Suparno, SE, MM dan Ketua Dewan Koperasi Indonesia, Bapak DR. Agung Sudjatmoko, MM, serta Pejabat Dinas Sosial Jogyakarta, Dinas Sosial DIY, Polsek Depok Barat Jogjakarta, Notaris.

Peserta konferensi pers (doc. Pri)
Kehadiran para pejabat tinggi dari Kementerian Koperasi dan UKM RI serta Dekopin Pusat tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap KSP Sahabat Mitra Sejati yang memiliki tabungan online. Hal ini merupakan bentuk nyata bahwa koperasi sudah masuk di era transformasi koperasi.

Ketua KSP Sahabat Mitra Sejati Ceppy Y. Mulyana, mengungkapkan, "Berkaca dari pengundian di Surabaya pada Mei 2019, antusiasme masyarakat untuk mengikuti Pesta Jutawan SOBATKU sangat tinggi. Itukah sebabnya Khusus untuk setiap kota yang didatangi, SOBATKU selalu memberikan hadiah tambahan berupa satu paket Umrah tambahan, dan hadiah total puluhan juta rupiah, khusus bagi warga yang berdomisili di kota dan provinsi tempat penarikan undian tersebut dilaksanakan. Oleh karenanya kali ini semua orang yang hadir, selama memiliki KTP DIY dan Jawa Tengah, bisa ikut program Jutawan ini. Selain itu,  acara ini juga sebagai ajang silaturahmi anggota pengguna jasa kami."

Dalam kesempatan ini,  Deputi Menteri Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM Luhur Pradjarto mengatakan Sobatku merupakan salah satu upaya untuk memberikan pelayanan dan kemudahan bagi anggotanya, selain itu adanya kegiatan pengundian grand prize dan door prize seperti yang dilakukan Sobatku ini sangat baik dan dapat mendorong anggota koperasi berkembang, karena tertarik dengan undian yang diberikan sehingga memutuskan untuk bergabung dengan koperasi.

Sekitar pukul 15.00, pengundian dimulai, pengunjung tampak antusias mengikuti. Para nasabah pemegang KTP DIY dan Jateng pun ikut deg-degan juga.  Karena selain diikut sertakan di undian yang berlalu untuk seluruh nasabah di Indonesia,  ada jatah tersendiri bagi  untuk mereka. Yakni undian 1 paket hadiah umroh dan ratusan hadiah lainnya, sehingga kesempatan untuk menjadi jutawan Sobatku semakin besar.

Pemenang grand prize 100 juta (doc. Pri) 

Pengundian doorprize (doc. Pri) 
Dan inilah yang beruntung yang memperoleh hadiah utama berupa 1 paket umroh dari Sobatku. Dialah Andreas Ristanto Wibowo. Seorang mahasiswa dari UPN Jogja, yang menggunakan Sobatku untuk menyimpan uang beasiswa yang diperolehnya, dan mengantarkannya menjadi pemenang undian.

Pemenang undian 1 paket umroh dari DI Yogyakarta
(sumber : web Sobatku)
Sobatku membuat mimpi menjadi jutawan kian gampang kan? Jadi yuuk...gunakan Sobatku... Saya juga mau ah nabung di Sobatku, biar berkesempatan menjadi salah satu Jutawan Sobatku.

Bernostalgia Bareng Pongki dan Sobatku
Selepas acara pengundian, saya tidak langsung pulang. Masih ada satu acara yang saya tunggu,  yakni life performance dari Pongki Barata. Lagu-lagu Pongki banyak yang saya hafal luar kepala,  jadi ini saya sekalian nostalgia.  Terbius lagu-lagu yang nggombalnya minta ampun (tapi saya suka). Seperti lagu 1000 tahun lamanya,  yang baru saja terngiang di telinga...

Pongki dari jauh (doc. Pri) 
"Takkan pernah berhenti untuk selalu percaya
Walau harus menunggu seribu tahun lamanya
Biarkanlah terjadi wajar apa adanya
Walau harus menunggu seribu tahun lamanya"

((Dan kamu percaya gitu, dia akan menunggu 1000 tahun lamanya? Keburu jadi fosil kali... Hihi. .))

Nah,  itulah gambaran kecerian acara pengundian Grand Prize Sobatku di Yogyakarta.  Seru kan?? Sebelum pulang, saya sempatin foto dulu, buat kenang-kenangan..

Wefie bentar... (foto : Agatha Vera) 
Semoga ada manfaat yang didapat dari cerita saya yaa... 

Salam...