Sudah bukan rahasia lagi jika Jakarta menjadi kota metropolitan dengan penduduk terpadat di Indonesia. Lebih dari 10 juta orang tinggal di Jakarta dan bergelut dengan banyak aktivitas setiap harinya. Bicara soal tempat wisata, bisa diakui jika keberadaan tempat wisata di ibukota negara ini terbatas. Saat akhir pekan, warga Jakarta kebanyakan lebih memilih untuk menghabiskan waktunya di Pusat Perbelanjaan dan merasa enggan untuk mengunjungi tempat wisata yang terbatas itu. 

Meski begitu, bukan berarti tidak ada tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi jika ingin berakhir pekan di Jakarta. Berikut ini ada 4 rekomendasi tempat wisata anti mainstream di Jakarta yang bisa membuat waktu akhir pekanmu menjadi semakin seru.  

Ocean Ecopark



Ocean Ecopark merupakan tempat wisata edukatif yang sangat cocok untuk anak-anak. Dengan konsep back to nature, Ocean Ecopark mengajak anak-anak untuk melakukan berbagai kegiatan yang membuatnya menyatu dengan alam.

Bercocok tanam, top-tree walking dan bersepeda menjadi kegiatan wajib disini. Bermain sambil belajar bercocok tanam dan mengenal alam lebih dekat akan memberikan anak-anak pengalaman edukasi yang menyenangkan. 

Salah satu wahana wisata baru yang dimiliki Ocean Ecopark adalah ecofishing. Kamu yang memiliki hobi memancing wajib mencobanya. Dengan membayar biaya sekitar Rp. 25.000, pengunjung akan diberikan umpan dan joran sehingga bisa langsung mulai memancing.

Tidak berhenti sampai disitu, berbagai permainan lainnya seperti paintball, outbondholic, kano dan rumah lebah juga bisa dicoba disini. Bisa dibilang, Ocean Ecopark merupakan tempat wisata yang lengkap bagi keluarga. Seluruh anggota keluarga dapat bersantai dan bersenang-senang dengan berbagai wahana permainan yang tersedia. 

Atlantis Water Adventure



Menghabiskan akhir pekan akan semakin seru dengan mencoba 13 jenis wahana permainan air yang ada di Atlantis Water Adventure. Dengan 8 kolam utama yang dimiliki, Atlantis menjadi obyek wisata permainan air paling lengkap di Jakarta.

Kolam arus merupakan wahana permainan air yang harus dicoba disini.  Kamu dapat bersantai sambil menjelajahi kolam panjang bak menjelajahi sebuah sungai. Selain itu, Atlantis juga memiliki kolam apung dengan kadar garam yang tinggi. 

Meskipun tidak bisa berenang dan tidak menggunakan pelampung, kamu dapat terus mengapung di permukaan kolam. Bagi pecinta wahana yang memacu adrenalin, kamu bisa mencoba crazy highest longest slide. Dua tabung seluncur dengan panjang 122 meter dan 149 meter akan membuat siapapun tertantang ketika mencobanya. Dibanding berdiam diri di rumah, tidak ada salahnya untuk menghabiskan waktu akhir pekan yang seru di Atlantis Water Adventure. 

Kepulauan Seribu

Jika rindu dengan suasana alam yang asri atau sekedar ingin melakukan island hopping, tidak perlu pergi jauh-jauh, kamu cukup menyebrang ke Kepulauan Seribu maka kamu akan menemukan sisi lain Jakarta.

Ada beberapa pulau yang cukup terkenal dan banyak dikunjungi oleh para traveler seperti Pulau Tidung, Pulau Harapan, Pulau Pramuka, Pulau Onrust dan Pulau Bidadari. Semakin jauh pulau yang dikunjungi dari daratan Jakarta, maka akan semakin bersih dan keren pulau tersebut.

Kamu dapat menghabiskan waktu dengan sekedar berjemur dipinggir pantai, berenang-renang kecil atau snorkeling dan menyelam. Rasa penat karena padatnya aktivitas selama satu minggu niscaya akan sedikit berkurang. Untuk sampai ke Kepulauan seribu, kamu dapat menyebrang dari dermaga Muara Angke atau pelabuhan Ancol. 

Pelabuhan Sunda Kelapa


Tempat ini sangat cocok dikunjungi oleh penggemar fotografi. Pelabuhan Sunda Kelapa cukup bersejarah karena sempat menjadi gerbang masuk terbesar Jakarta dan sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda.

Disini kamu dapat melihat cikal bakal kota Jakarta. Cobalah untuk berkunjung disini sambil memotret kegiatan kapal-kapal yang bersandar. Jika enggan terlalu kepanasan pada siang hari, kamu bisa datang pada sore hari sambil merekam momen sunset. 

Jadi, siapa bilang Jakarta hanya macet? Ada banyak tempat wisata di Jakarta yang bisa dikunjungi untuk mengurangi kepenatan setelah beraktivitas selama seminggu penuh. Jika hanya ingin bersantai sambil menikmati udara yang sejuk di tengah pepohonan, kamu dapat mengunjungi Taman Menteng yang lokasinya berada di Jakarta Pusat.

Tinggal di Jakarta tidak harus selalu akrab dengan pusat perbelanjaan, kamu juga bisa lebih menyatu dengan alam dengan mengunjungi berbagai tempat wisata yang dimiliki Jakarta.