Atur Kebiasaan Anda, Agar Maag Tak Kembali Menyerang

       Penyakit maag seringkali menghambat setiap aktifitas kita. Terlebih jika gejalanya kembali kambuh setelah nyeri yang berkepanjangan. Maka atur kebiasaan anda agar maag tak kembali menyerang!
(Sumber: Pixabay)
       Gastritis atau maag sebenarnya adalah peradangan yang disebabkan oleh meningkatnya asam lambung.  Hal ini dapat menimbulkan luka pada dinding lambung yang mengakibatkan nyeri di ulu hati yang disertai mual dan panas di bagian bawah dada. Jika serangan maag sering terjadi maka akan berdampak pada gangguan organ pencernaan lainnya seperti esophagus dan usus kecil. Hal ini dapat diatasi dengan mengatur kebiasaan anda sejak dini . Simak ulasannya berikut!

1. Rutin Konsumsi Air Hangat

     Mengkonsumsi air hangat secara rutin setiap pagi dipercaya mampu membersihkan sisa racun di dalam tubuh anda. Sebaiknya minumlah air hangat tepat setelah anda bangun tidur ketika perut masih dalam keadaan kosong. Hal ini guna membersihkan sisa makanan  dalam pencernaan sehingga asam lambung tidak mudah meningkat.

      Selain itu, mengkonsumsi air hangat sebelum dan setelah makan berkhasiat menenangkan otot lambung sehingga memudahkan kinerjanya untuk mencerna makanan. Namun meski begitu, hindari minum di sela-sela waktu makan anda. Hal ini dapat mencairkan asam lambung sehingga makanan akan lebih sulit untuk dicerna.

2. Hindari Tidur Setelah Makan

     Tidur langsung setelah makan dapat menimbulkan refluks  pada lambung terutama saat dalam posisi berbaring. Oleh karena itu selesaikan makan anda minimal tiga jam sebelum tidur. Karena lambung membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencerna makanan. Terlebih jika anda telah makan dalam porsi besar di waktu malam. 

3. Atur Jam Makan Anda

       Salah satu penyebab timbulnya asam lambung adalah pola makan yang tidak teratur. Atur jam makan anda sebisa mungkin. Minimal setiap 2 jam sekali namun dengan porsi kecil akan membantu lambung anda untuk lebih mudah mencerna makanan. 
       Terkadang padatnya aktifitas dapat menyebabkan pola makan menjadi kurang teratur. Namun tak perlu khawatir, roti dan biskuit gandum bisa menjadi pilihan untuk mengisi di sela-sela aktifitas anda.

4. Perhatikan Makanan Anda

     Pemilihan makanan yang kurang tepat dapat menjadi penyebab gangguan pencernaan. Hindari mengolah makanan dengan digoreng atau dibakar, karena ini dapat meningkatkan kadar lemak pada makanan anda. Makanan yang berlamak akan sulit dicerna sehingga akan tinggal lebih lama dalam perut. Hal ini dapat meningkatkan asam lambung dan menimbulkan peradangan.

       Makanan yang bersifat asam dan pedas juga perlu dihindari guna menjaga agar asam lambung tetap seimbang. Selain itu, dianjurkan untuk tidak makanan dan minuman berkafein karena dapat menyebabkan refluks asam lambung.

5. Kelola Tingkat Stres dengan Baik

      Stres yang berlebihan dapat mempercepat keluarnya asam dalam lambung sehingga membuat kita merasa perih dan mulas. Usahakan diri anda tetap dalam keadaan relaks misalnya dengan berolah raga, senam atau kegiatan positif lainnya agar stres anda tetap terkendali.

       Demikian beberapa tips yang bisa anda terapkan dalam mengatur kebiasaan agar maag tak kembali menyerang. Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba :)