Tanamkan Niat dalam Hati, teruslah Berikhtiar dan Berdo'a,, InsyaAllah Allah akan tunjukan JalanNya.. Hamasah! :)

Lalap Takokak yang Kaya Khasiat

Takokak (Solanum torvum sw.) sejatinya merupakan suku terung-terungan yang buahnya sering dijadikan sayur atau lalap. Namun, siapa sangka bahwa takokak memiliki banyak khasiat bagi kesehatan dan pemulihan tubuh anda. Berikut beberapa khasiat takokak yang perlu anda tahu.
(Sumber: Pinterest)

1. Sebagai antioksidan
Beberapa senyawa dalam takokak terbukti mampu melindungi jaringan tubuh dari efek negatif radikal bebas. Takokak juga menunjukkan aktifitas antioksidan dan kemampuan memperbaiki DNA akibat radikal bebas. Dalam Medicinal Plants: Quality Herbal Products for Healty Living, Vimala S. dkk. menyatakan bahwa takokak memiliki aktifitas superoksida yang tinggi, yakni di atas tujuh puluh persen. 
Selain itu, takokak juga kaya akan vitamin C yang berfungsi  melawan berbagai penyakit kanker dan radikal bebas dalam tubuh.

2. Sebagai antiradang
Selain sebagai antioksidan, takokak juga berfungsi sebagai antiradang. Hal ini karena dalam takokak terkandung senyawa sterol carpesterol. Ekstrak methanol dari daun dan buahnya dilaporkan memiliki aktifitas antimikroba. 
Arthan pada tahun 2002 menyatakan bahwa buah takokak memiliki senyawa isoflavonoid sulfat yang memiliki aktifitas sebagai steroid. Senyawa ini dapat melawan inflamasi, alergi, radikal bebas, mikroba dan tumor. Selain itu, ektrak air dari takokak terbukti memiliki efek anti inflamasi dan analgesik.

3. Memulihkan kesehatan mata
Beberapa penilitian membuktikan bahwa takokak memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Dengan mengkonsumsi sepuluh buah takokak secara rutin  setiap hari, maka mata rabun dan katarak pun perlahan akan pulih.

4. Melancarkan peredaran darah 
Kandungan senyawa dalam buah takokak seperti, bersifat anti koagulan yang berperan penting dalam mencegah penggumpalan darah. Sehingga membuat sirkulasi menjadi lancar dan terhindar dari resiko penyakit jantung.

5. Sebagai kontrasepsi alami
Menurut penelitian, takokak dapat dijadikan bahan alami untuk menahan kesuburan pria (inaktif-sperma) secara temporer atau sementara, apabila dikonsumsi selama 40 hari. Namun apabila konsumsi dihentikan maka kondisinya akan kembali normal. Hal ini karena buah dan daunnya mengandung alkaloid steroid jenis solasodin 0,84% yang merupakan bahan baku hormon seks untuk kontrasepsi.

Itulah beberapa khasiat takokak yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh anda. Namun meskipun memiliki banyak manfaat, takokak juga memiliki beberapa efek samping dalam penggunaannya. Karena jika takokak ini dikonsumsi melebihi dosis yang seharusnya, maka akan menimbulkan efek keracunan. Takokak juga diketahui memiliki efek sedatif dan deureutik. Oleh sebab itu, penderita glukoma tidak diperkenankan untuk mengkonsumsi  takokak dalam bentuk apapun.