Meminum obat secara bersamaan rupanya menjadi salah satu penyebab berkurangnya khasiat obat. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini!

Sering kita merasa kesal saat obat yang telah dikonsumsi justru tidak menimbulkan efek apapun pada tubuh. Hal ini karena minimnya khasiat obat sehingga penyakit tersebut akhirnya kembali menyerang. Beberapa kebiasaan dalam meminum obat, rupanya banyak terdapat kesalahan yang tidak kita sadari.
Salah satu diantaranya bahkan dapat membahayakan kesehatan kita. Berikut ini beberapa penyebab berkurangnya khasiat obat yang perlu anda hindari . 

1. Berhati-hatilah dengan apa yang anda konsumsi setelah minum obat
Hal pertama yang harus diperhatikan saat meminum obat adalah makanan atau minuman yang anda konsumsi setelahnya. Sebaiknya gunakan hanya air putih biasa untuk minum obat. Hindari mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol, asam, kafein dan soda setelah mengkonsumsi obat. Hal ini dapat merusak komponen tertentu dalam obat.

Selain itu, mengkonsumsi makanan yang kaya serat seperti kol, sayur hijau, kacang-kacangan, jamur dan makanan berbahan gandum ternyata juga dapat menghilangkan komponen dari obat tersebut. Kelompok makanan tersebut sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan obat yang anda minum.

2. Meminum obat secara bersamaan
Hal ini termasuk yang paling sering dilakukan oleh kebanyakan orang. Jika dokter memberi anda resep obat yang dikonsumsi dalam waktu yang sama. Ada baiknya anda tidak meminumnya secara bersamaan. Beri jeda setidaknya setengah jam untuk setiap obat.

3. Minum obat tak tepat waktu
Penting untuk menjaga konsentrasi obat yang tepat pada waktu yang telah ditentukan. Maka sebaiknya ikuti jadwal konsumsi obat yang telah diberikan, jika anda ingin mendapatkan efek obat yang dibutuhkan.

4. Berhenti meminum obat setengah jalan
Seringkali kita  berhenti mengkonsumsi obat setelah merasa lebih baik. Hal ini justru menjadi kesalahan mengerikan yang menyebabkan penyakit kembali menyerang. Hal terbaik yang perlu anda lakukan adalah mengikuti perawatan hingga akhir. Meskipun sudah merasa lebih baik, lanjutkan obat anda hingga habis demi mencegah penyakit kambuh kembali.

5. Mengobati diri sendiri
Ketika anda berobat, mengikuti anjuran yang dokter berikan. Jangan coba-coba untuk mengobati diri sendiri dengan mengganti obat yang anda konsumsi dengan obat-obatan lain. Hal ini justru akan memberi efek kebal terhadap obat tertentu pada tubuh anda.

Itulah beberapa penyebab yang dapat mengurangi khasiat obat. Dengan ini semoga kita bisa lebih berhati-hati lagi dalam tata cara mengkonsumsi obat.