Sebelum membeli komputer pasti anda kebingungan memilih komputer terbaik apa yang harus dibeli sesuai bidang pekerjan yang anda miliki misalnya.

Komputer di era digitalisasi sangat penting untuk memenuhi aktifitas anda terutama bagi mereka yang bekerja dikantoran atau online. Komputer terbaik berguna untuk menunjang efektifitas dan produktifitas kerja anda.
Cara Memilih Komputer Terbaik Untuk Produktivitas Dan Efektivitas Kerja
Tentu bukan hal yang mudah untuk memilah dan memilih komputer yang tepat serta kinerja yang mumpuni untuk membantu pekerjaan anda sehari-hari anda.

Begini cara membeli dan memilih komputer terbaik untuk produktifitas dan efektifitas kerja :


1. Ketahui pekerjaan anda

Memilih komputer harus yang mendukung pekerjaan anda jika membeli komputer tidak sesuai bidang pekerjaan anda tentu akan merepotkan anda sendiri.

Jika pekerjaan anda pada bidang grafis tentu harus memilih komputer yang yang mumpuni pada bidang tersebut bukan komputer biasa-biasa saja.

Satu misal lagi jika anda seorang blogger mungkin memilih spek yang biasa bisa mengakomodir pekerjaan sebagai blogger full time tetapi jika anda seorang youtuber mungkin komputer biasa tidak akan mampu sebab spesifikasi komputer editing video harus mempunyai spesifikasi diatasnya, demikian pula jika anda sebagai developer aplikasi android ataupun komputer.

2. Pilih kebutuhan perangkat komputer

Pilih perangkat komputer yang anda butuhkan untuk menunjang pekerjan anda :

- Laptop
Komputer jinjing jenis ini membawa kemudahan kepada anda terutama bagi pekerja mobile yang selalu aktif dan selalu update akan pekerjaan atau bisnis dimana saja berada karena mudah dibawa kemana-mana.

Jika anda memilih komputer terbaik berupa perangkat laptop alangkah baiknya memilih yang terbaik dan hardware terbaru.

- Netbook
Netbook biasanya dibawah laptop dengan ukuran layar dibawah laptop termasuk juga spesifikasinya.

- Ultra book
Laptop yang ukurannya lebih tipis dan terkesan premium dan exlusive, harganya lebih mahal dari laptop.

- Tablet
Komputer kecil yang ringan dengan layar sentuh dan mudah dibawa kemana - mana.

Laptop dan netbook termasuk ke dalam komputer portable karena kemudahan dibawa-bawa ke mana saja.

- Desktop
Jenis computer ini tidak portable dan support untuk pekerjaan berat yang tidak bisa memakai laptop atau netbook dengan support memakai layar komputer besar.

Desktop terbagu menjadi dua :

1. Tower desktop
Komputer desktop yang terpisah antara monitor dan CPU dan sangat memakan ruang.

2. All in one desktop
Desktop yang antara mownitor dan CPU (Core processor Unit) dikemas menjadi satu. Memberi hemat ruang untuk rumah atau tempat kerja anda.

Jenis virus komputer berbahaya serta cara mengatasinya

Pc atau desktop juga ada dua yaitu built up dan rakitan :

Komputer berbentuk pc built up biasanya sudah di stel oleh pabrik dengan spek tertentu yang tentunya dibawah laptop dan netbook seperti komputer asus, dell, toshiba, lg, sony, apple, dsb. Kendatn demikian sobat bisa upgrade hardware ke hardware yang lebih tinggi.

Komputer pc rakitan umumnya dirakit oleh perusahaan atau perorangan yang mempunyai jasa merakit PC disamping sudah ada yang jadi, andapun bisa pesan sesuai spesifikasi pc yang anda kehendaki begitu pula bisa upgrade hardware sendiri. Biaya membeli komputer rakitan biasanya di bawah harga dan bahkan spek dan hardwarenya juga diatas komputer bermerk.

2. Pilih built up komputer bermerk

Ada istilah uang bisa menjamin barang demikian pula memilih komputer terbaik jika anda memilih brand yang biasa serta tahan lama serta tahan banting misalnya.

4. Memilih hardware komputer terbaru dan spek bagus

Memilih hardware atau perangkat keras pada komputer terbaik dan terbaru sangat direkomendasikan karena biasanya support software atau aplikasi yang berat dioperasikan dikomputer lawas yang tidak bisa dilakukan komputer biasa saja.

Adapun perangkat keras baik pd cpu atau terintegrasi di laptop atau netbook dapat berupa :

- Processor, yaitu otak komputer yang dapat memproses data-data komputer, usahakan dengan processor terbaru dan processor clock yang cepat. Pilih processor terbaru dan support untuk memenuhi kerjaan anda. Anda bisa memilih processor intel i7 atau amd terbaru.

- Ram atau random memory acces yaitu penyimpanan aplikasi atau software termasuk pula seperti aplikasi yang running di background. Pilih komputer dengan ram yang besar minimal 4 GB atau lebih.

- VGA atau video graphics aray sering disebut juga graphic card, graphic adapter, display card, display adapter merupakan hardware agar penampilan graphic di layar lebih jernih dan tajam dan support untuk berbagai bentang layar komputer. Jika anda pemain game atau editting video atau photo maka harus menggunakan VGA terbaru dan teratas agar support terhadap software atau aplikasi.

Vga pun ada jenis vga onboard maupun non onboard.

- Hard Disk atau penyimpanan internal dikomputer, bisa anda pilih dengan ukuran hardisk yang super lega misalkan 1 terabyte atau lebih palagi anda seorang developer aplikasi sekaligus sebagai editing video atau photo dan file lainnya.

5. Tentukan budget membeli komputer

Dalam memilih komputer terbaik anda perlu budget yang sesuai dengan keuangan jika ingin yang lebih puas berarti anda peelu menambah budget seandainya kurang dan untuk membeli komputer.

6. Jika memilih komputer kurang lengkap

Seandainya anda memilih komputer terbaik menurut anda tetapi kurang lengkap sobat bisa mengupgrade hardware cuman biasanya ada batasan dari pabriknya semisal ram support sampe 8gb.

7. Memilih operating system komputer yang tepat

Memilih komputer erat kaitannya dengan operating system komputer, mana yang lebih baik menurut anda diantara windows, mac milik apple atau linux.

Jika budget banyak pilih mac apple apalagi bagi anda yang kerjaannya editing sangat cocok begitupun system keamanan komputernya.

9. Pilih layar komputer yang sesuai

Memilih monitor komputer yang sesuai akan membantu pekerjaan anda juga monitor yang dapat menjaga kesehatan mata anda menjadi satu keharusan. Pilih layar LED karena bisa menghemat ruang juga konsumsi listrik.

10. Pilih brand komputer yang bergaransi

Tentu akan mempermudah anda jika komputer yang anda beli dan pilih ada kerusakan anda bisa mengklaim garansi ke toko untuk diganri unit ke perusahaan brand komputer tersebut.

Tentunya kerusakan tersebut tidak oleh kesalahan anda sendiri tentu gransi akan hilang atau hangus.

Terima kasih omevan sampaikan telah membaca cara memilih komputer terbaik.