sleeping mask dan krim malam bedanya apa

Assalamu'alaikum, selamat datang di blog saya! Belakangan ini suhu udara di sini sangat dingin. Alhasil, kulit jadi super kering. Perawatan kulitnya harus disesuaikan juga dong pakai yang untuk kulit kering. Masih ditambah pakai masker juga. Hmm ngomong-ngomong soal masker, ada yang tahu sleeping mask nggak?

Apa itu sleeping mask? Kalau dilihat dari frasanya mungkin makna katanya lebih dari satu ya. Pertama saya coba artikan secara harfiah. Dilihat dari arti kata, sleeping mask dapat diterjemahkan sebagai masker yang digunakan untuk membantu tidur lebih cepat.

Dilansir dari penjelasan oleh the Division of Sleep Medicine at Harvard Medical School, manusia memiliki sel yang peka terhadap cahaya di dalam retina. Sel tersebut bertugas mengirim informasi ke otak tentang siang dan malam serta menentukan seperti apa pola tidur Anda nantinya.

Untuk membantu Anda agar tertidur lebih cepat, sleeping mask bisa diandalkan. Tapi tunggu dulu! Apakah ini sleeping mask yang sama dengan yang dibicarakan oleh para beauty influencer? Sepertinya tidak ya!
sleeping mask

Di dunia kecantikan, sleeping mask bukanlah masker kain yang digunakan untuk menutup mata agar bisa tertidur lebih lelap seperti gambar di atas. Lalu?

Well, sleeping mask adalah jenis masker yang digunakan saat tidur. Klaimnya, produk ini akan memberikan efek berupa kulit yang akan berubah jadi lebih kenyal dan glowing ketika bangun tidur. Wah! Lalu adakah manfaat lain dari masker ini? Tentu banyak.

Sama-sama digunakan saat tidur malam, lalu apa bedanya sleeping mask dengan night cream? Bisakah digunakan bersamaan? Atau harus pilih salah satu diantara keduanya? Baca terus!

Manfaat Sleeping Mask

1. Mengurangi Garis Halus dan Kerutan,
2. Melembabkan,
3. Menutrisi,
4. Mencerahkan,
5. Menghaluskan,
6. Membuat kulit lebih kenyal,
7. Meringkas pori.

Aneka produk sleeping mask dirancang sedemikian rupa dengan kandungan bahan aktif yang begitu kaya. Lebih kaya dari kandungan serum??? Iya! Lalu apakah manfaatnya sama dengan krim malam? Mari kita lihat!

Manfaat Krim Malam

Apakah Anda juga memikirkan hal yang sama dengan saya? Krim malam dan sleeping mask memiliki manfaat yang kurang lebih sama. Jadi, manfaatnya sama nih? Nggak ada bedanya gitu? Tentu ada gais. Baca ini dulu ya.

Ini dia beberapa manfaat night cream;
1. Melembabkan kulit
2. Memperlambat penuaan
3. Menutrisi
4. Mencerahkan
5. Menghaluskan
6. Membantu regenerasi sel kulit

Mirip? Definitely! Anda tidak salah baca karena manfaatnya memang hampir sama. Bedanya ada pada konsentrasi bahan aktif. Sleeping mask punya lebih banyak bahan aktif. Kalau krim malam bisa digunakan setiap hari, bagaimana dengan sleeping mask?. Lengkapnya silakan baca di paragraf berikutnya, yuk?!

Beda Sleeping Mask dan Krim Malam

Dengan manfaat yang hampir identik, ternyata masih ada lho beda krim malam dan sleeping mask. Harus digali dan digali sampai ke akarnya biar ketemu perbedaan yang jelas. Ada beberapa poin yang akan saya jabarkan. Dibaca ya?!

Cara Pakai

Pertama, meski memiliki tekstur yang mirip, bukan berarti pemakaian keduanya bisa disubstitusikan. NO! Krim malam atau night cream biasanya tidak sekental dan seintens sleeping mask. Maka aturan pakainya yaitu krim malam dulu dioles hingga meresap, baru setelah itu gunakan sleeping mask.

Nutrisi di dalam krim malam dan juga sleeping mask akan meresap dengan sempurna pada lapisan kulit Anda sepanjang malam saat Anda tertidur. Pagi harinya Anda tinggal membasuh wajah hingga bersih.

Catatan pentingnya adalah: krim malam bisa digunakan setiap hari sedangkan sleeping mask disarankan untuk digunakan sebanyak 1 s/d 3 kali seminggu.

Kandungan

Kandungan di dalam setiap produk sleeping mask jauh lebih kaya daripada krim malam. Maka dari itu manfaatnya juga relatif lebih bagus untuk kulit. Dengan syarat harus digunakan dengan prosedur dan urutan yang tepat. Sst...satu lagi, harus sesuai dengan jenis kulit juga. Kalau nggak, bisa gawat!

Sebagai gambaran umum, pada krim malam umumnya terdapat kandungan retinoid sebagai agen peremajaan kulit. Sedangkan sleeping mask identik dengan kandungan gliserin yang manjur untuk menghidrasi kulit (dengan efektivitas level dewa).

Manfaat

Sudah diurai di atas ya apa saja manfaat kedua produk ini. Bedanya sleeping mask punya manfaat ekstra yaitu mengunci khasiat produk yang digunakan sebelumnya agar bekerja lebih maksimal. Kok bisa? Karena sleeping mask punya kandungan bahan aktif konsentrasi tinggi. Begitu.

Penggunaan

Dengan kandungan nutrisi yang lebih intens, sleeping mask bisa digunakan lebih jarang daripada krim malam. Jika krim malam dianjurkan untuk dipakai setiap hari, sleeping mask cukup dipakai sebanyak 1-3 kali seminggu.

Harga


Untuk harga tentu berbeda-beda antara merk yang satu dengan lainnya. Untuk gambaran, saya akan berikan contoh harga dari merek Pond's. Harga Pond's Flawless Night Cream ukuran 50 gram adalah 82.000 rupiah. Sedangkan untuk Pond's White Beauty Sleeping Mask ukuran 50 gram bisa didapatkan dengan harga sekitar Rp 197.000,- di situs jual beli eBay. Cukup jauh kan bedanya?

Takeaways

Intinya, sleeping mask ini punya fungsi yang bisa dibilang lebih advanced dari night cream maupun serum. Mengapa demikian? Jawabannya adalah karena sleeping mask punya fungsi mengunci skincare yang diaplikasikan sebelumnya.

Keren ya masker ini? Iya dong. Namun sebagus apapun klaim yang diutarakan, kandungan sebuah produk tidak selalu cocok dengan jenis kulit Anda. Maka dari itu ketika mencoba produk baru sebaiknya lakukan tes sederhana untuk mendeteksi apabila mungkin terjadi kontraindikasi.

Untuk sleeping mask sendiri memiliki kekuatan menghidrasi yang sangat kuat. Harap menjadi perhatian bagi pemilik kulit berminyak. Sebaiknya gunakan produk ini sesekali saja. Mengapa? Penggunaan sleeping mask pada wajah berminyak memungkinkan timbulnya komedo, beruntusan, bahkan jerawat.

So, jangan mudah tergoda dengan iklan yang menampilkan artis dengan wajah sempurna. Belum tentu juga si artis juga menggunakan produk tersebut. Iya kan? Cermati kebutuhan kulit Anda dengan seksama sebelum membeli. Oke?!

Jadi, kedua produk di atas bisa banget diandalkan untuk membuat wajah Anda berubah jadi glowing dalam waktu semalam ya. Wah! Namun sekali lagi saya tekankan tetap harus disesuaikan dengan jenis dan kebutuhan kulit. WAJIB!!!

Baiklah, sampai di sini dulu untuk hari ini. Semoga tulisan ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya, insyaa Allah! Memiliki pertanyaan, kritik, atau saran terkait uraian ini? Silakan tinggalkan pesan untuk saya di kolom komentar. Komen yuk?! Xo ^_^


(diens)