yeri sendi adalah penyakit yang sering mengganggu otot sendi. Penyakit ini merupakan gejala tunggal yang dapat mengganggu kinerja tubuh. Rasa nyeri pada sendi seringkali melemahkan tubuh, sehingga akan mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Penyakit nyeri sendi rentan dialami oleh orang yang sudah lanjut usia, obesitas, melakukan gerakan berulang-ulang, dan tenaga fisik yang kurang memadai seperti orang yang terlalu memaksakan diri untuk bekerja fisik terlalu berat setiap harinya.

Kurangnya kesadaran menjaga kesehatan persendian pun menjadi sebab banyaknya masyarakat mengalami nyeri sendi. Obat nyeri sendi tentunya dibutuhkan untuk mengurangi gejala yang muncul. Gejala-gejala yang sering muncul diantaranya rasa nyeri di persendian, bengkak, peradangan, tubuh tidak nyaman jika dipegang, dan sendi terasa sakit dan sulit untuk digerakan. Nyeri sendi biasa muncul di jari-jari tangan, kaki, bahu, siku, pinggul, dan lutut.

Baca juga : nyeri sendi asam urat normal

Sebagian besar masyarakat meyakini bahwa sakit nyeri sendi yang dialami diakibatkan karena rematik atau asam urat. Pendapat ini tidak salah, tetapi juga tidak sepenuhnya benar. Rematik dan asam urat memang dapat menyebabkan nyeri sendi, tetapi rematik dan asam urat bukan penyebab utamanya. Misalnya saja rasa nyeri pada jari-jari tangan memang dapat disebabkan oleh rematik, tetapi trigger finger, carpal tunnel syndrome, dan de Quervain lebih sering menjadi penyebab utama nyeri sendi di jari-jari tangan.

Trigger finger adalah penyakit yang disebabkan otot jari di daerah telapak tangan terjepit. Gejala yang sering terasa yaitu rasa nyeri di pangkal jari tangan terlebih jika tangan menggenggam atau mengangkat sesuatu. Carpal tunnel syndrome (CTS) adalah terjepitnya saraf medianus pada pergelangan tangan. Jari-jari terasa kesemutan dan lebih tebal adalah gejala CTS yang sering muncul. Adapun de Quervain terjadi karena otot ibu jari terjepit, sehingga daerah pergelangan di sebelah atas pangkal jempol akan terasa nyeri. Apapun penyebabnya, Anda tidak perlu khawatir karena penyakit nyeri sendi dapat disembuhkan. Nyeri pada sendi dapat dikurangi dan disembuhkan dengan obat nyeri sendi.

normal e asam urat
normal value asam urat