Annyeong chingudeul, sahabat, kawan-kawan, temen-temen dan para netizen. Wagelaseh 3 bulan saya nggak nulis blog ternyata, padahal harusnya ada beberapa postingan yang harusnya tayang bulan bulan lalu tapi karena tiba tiba di cancel sama brand jadi tulisannya nggak tayang deeh.
Entahlah,  niatnya tahun ini pengen lebih giat nulis tapi pada kenyataannya tetaplah mager mengalahkan niat untuk menulis. Well, selain itu saya nggak ada alasan apapun dibalik kosongnya blog selama setengah tahun ini.


Untungnya minggu lalu saya diajakin ikut acara women community yang diadakan oleh Combiphar, selain waktu itu saya lagi nggak ada acara, dengan ikut event itu otomatis ada alasan saya buat bikin postingan blog.
Kemudian netizen be like "jadi kamutu ngeblog kalo pas ada event doang?". Hmmm gimana yaa, untuk kali ini saya bilang iya, karena tidak dipungkiri bahwa saya nulis yaa kebetulan pas memang lagi ada event hahaha.
Eits tapi di setiap event pasti ada ilmu baru yang saya dapatkan setelah menyimak rangkaian acara dari awal sampai akhir.


Acara Women Community yang di adakan oleh Combiphar ini bertempat di Noorman Hotel Semarang, deket banget dari kosan yang berjarak hanya 5 menit dari lokasi acara. Acara ini tidak hanya melibatkan blogger tapi juga turut mengundang komunitas perempuan yang ada di Semarang. Tujuannya tidak lain untuk memperkenalkan produk dari Combiphar yaitu Prive Uricran dan juga mengedukasi kepada seluruh tamu tentang "apa itu anyang-anyangan".

Dibuka dengan Dyah Parikoening selaku Head of Brand Aviation Combiphar, beliau menjelaskan bahwa selama event berlangsung teman-teman bisa mengikuti berbagai lomba yang di adakan oleh Prive Uricran. Lomba ini terdiri dari 2 kategori yaitu lomba blog dan instagram. Jadi sebelum acara berakhir para tamu undangan bisa berfoto di booth yang telah disediakan, kemudian mengupload hasil foto ke instagram kemudian di akhir acara akan di umumkan peserta yang berhak mendapatkan hadiah dari Prive Uricran.


Selanjutnya Ibu Michelle Talitha selaku Brand Manager Uricran juga menjadi pembicara di rangkaian acara Uricran Womens Community. Beliau membahas mengenai wanita aktif yang mempunyai segudang aktivitas namun seringkali melupakan kebiasaan kebiaasaan kecil yang kemudian menimbulkan dampak negatif, contohnya yaitu kebiasaan minum air putih. Padahal normalnya kita butuh minum 8 gelas air putih atau setara 2 liter tiap harinya. Kebiasaan kecil yang terabaikan ini dapat lebih parah karena wanita aktif mempunyai kebiasaan untuk menahan buang air kecil karena berbagai macam alasan, salah satunya karena malas atapun terlalu sibuk sampai rela menahan buang air kecil. Efek yang ditimbulkan dari menahan buang air kecil ini dapat menyebabkan wanita lebih mudah terkena anyang-anyangan loh.


Lebih lanjut mengenai anyang-anyangan, kami dijelaskan oleh salah satu dokter muda yang menjadi pembicara yaitu dr. Olivia Franciska Laksmana, SPOG.

Anyang-anyangan merupakan gangguan ketika seseorang ingin buang air kecil, seperti buang air kecil yang tidak tuntas dan sedikit-sedikit, kemudian disertai rasa nyeri atau rasa panas saat buang air kecil. Anyang anyangan erat kaitannya dengan Infeksi Saluran Kemih karena salah satu gejala seseorang terkena ISK adalah anyang-anyangan.
Infeksi Saluran Kemih adalah kondisi ketika organ yang termasuk ke dalam saluran kemih, yaitu ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra mengalami infeksi yang disebabkan oleh mikroba.

Meskipun ISK dapat disebabkan oleh virus, akan tetapi 80% kasus ISK disebabkan oleh bakteri E. Coli. Bakteri E. Coli merupkan bakteri yang hidup di saluran pencernaan manusia. Bakteri ini dikeluarkan melalui anus bersamaan dengan feses kemudian dapat tidak sengaja masuk ke saluran kemih dan menempel di dindang saluran kemih. Hal ini jika di diamkan akan menjadi penyebab ISK.

ISK dapat menyerang wanita, anak-anak dan pria, namun infeksi ini lebih sering terjadi pada wanita dibanding pria, karena uretra pada wanita cenderung lebih pendek sehingga bakteri dengan mudah masuk ke kandung kemih.

Terus, gimana sih cara bakteri dapat masuk ke uretra? Ada 5 cara bakteri masuk ke uretra, yaitu:

  1. Toilet yang kurang bersih
  2. Air kotor
  3. Menahan buang air kecil
  4. Cara yang salah saat membasuh organ intim
  5. Hubungan seksual
Wanita jauh lebih rentan terkena anyang-anyangan karena  selain saluran kemih wanita dekat dengan anus, wanita harus menggunakan air saat membasuh setelah buang air kecil, sedangkan air bisa menjadi tempat bakteri. Kemudian wanita juga cenderung lebih sering menahan buang air kecil karena wanita pelu pergi ke toilet untuk buang air kecil. Kalau temen saya sih katanya nahan BAK karena selain males ke kamar mandi juga takut daerah organ intimnya lembab. Hal yang menjadi penyebab lainnya yaitu wanita beresiko terekspos bakteri lebih tinggi terutama melalui dudukan toilet maupun kondisi toilet yang kotor.

Kalau sudah terjadi anyang-anyangan, sebagian besar orang pasti merasa terganggu apalagi ketika memiliki aktifitas yang padat dan mobilitas tinggi. Namun kenyataannya masih banyak yang belum melakukan upaya apapun untuk mencegah dan mengobati anyang-anyangan. 


Sebenernya sejak dulu udah ada loh bahan alami yang dapat mencegah dan mengatasi anyang-anyangan, yaitu Buah Cranberry. Buah ini efektif mencegah infeksi saluran kemih karena kaya akan Proantocyanidin (PAC) yang dapat mencegah penempelan bakteri E. Coli pada dinding saluran kemih. Sayangnya Cranberry tidak mudah di temukan di Indonesia karena buah ini tidak umum dijual di pasar dan supermarket. Jikalau ada, sudah pasti itu merupakan impor dan mahal. Untuk mengolahnya pun harus di jus terlebih dahulu karena rasanya yang asam.


Eits, tenang aja ekstrak Cranberry yang dapat mencegah anyang anyangan dan Infeksi Saluran Kemih saat ini sudah bisa di dapatkan berkat produk Prive Uricran dari Combiphar. Combiphar merupakan perusahaan pertama yang menghadirkan ekstrak Cranberry yang dapat dinikmati secara mudah.

Prive Uricran ini bahkan bisa dikonsumsi oleh ibu hamil loh guys, selain itu produk ini juga aman untuk di minum setiap hari. Konsumsi Uricran dapat membantu cegah anyang-anyangan dan ISK sehingga tidak perlu konsumsi antibiotik.


Prive Uricran tersedia dalam 2 varian yaitu berbentuk kapsul dan sachet yang bisa kalian pilih sesuai dengan selera kalian. Untuk Prive Uricran capsule satu box nya terdiri dari 30 kapsul, sedangkan Prive Uricran Sachet satu box nya terdiri dari 15 sachet.

Untuk lebih jelasnya mengenai produk Uricran, kalian bisa langsung mengunjungi situs web Uricran ini ya.