Daun sirih adalah daun salah tau daun untuk pengobatan tradisional. Daun sirih mengandung minyak atrisi dari kavibetol, eugenol, metileugenol, terpen, hidroksi kavikol, karvakrol, seskuiterpen, tanin, dan fenilpropan. Kandungan yang ada pada daun sirih tersebut cukup banyak sehingga mampu membunuh bakteri, jamur dan juga memiliki antioksidan yang sangat bagus. Terbukti bahwa daun sirih ini juga mampu memberikan perlindungan pada diri sendiri seperti cairan daun sirih untuk mata.

Daun sirih untuk mata memang sangat baik sehingga berfungsi untuk
- Memberikan nutrisi yang cukup kepada kornea.
- Membasahi dan melindungi permukaan epitel dan kornea dari benda-benda asing, seperti debu dan partikel lainnya.
- Menghambat pertumbuhan mikroorganisme.

baca juga : Manfaat kulit manggis untuk kesehatan dan kecantikan

Namun daun sirih tersebut dapat membahayakan mata sehingga mengakibatkan mata jika daun sirih tersebut di rebus dan air rebusan sirih tersebut sangat membahayakan untuk mata, kenapa?

Air rebusan sirih yang berwarna kuning tersebut bersifat asam, maka semakin banyak daun yang direbus maka semakin besar juga tingkat keasaman cairan dari daun sirih tersebut. Cairan yang bersifat asam ini akan bereaksi melapisi permukaan air mata yang akan menimbulkan perubahan pH (tingkat keasaman).

pH tersebut yang akan merusak pada permukaan mata pada lapisan epitel kornea. Adanya kerusakan pada kornea tersebut sebagai bentuk jamur lebih mudah untuk memasuki kornea. infeksi jamur pada kornea mata ini dalam bahasa medis biasanya dikenal sebagai keratitis.

semoga bermanfaat !!

Baca juga : Cara menghilangkan bruntusan pada wajah secara alami 
                   Mengatasi kaki pecah-pecah secara alami 
                   Tips bibir cerah dengan bahan alami