Semua wanita mempunyai masalah ketika haid yaitu nyeri yang tak tertahan, nyeri berat tandanya kondisi medis tertentu sedangkan nyeri ringan hingga sedang biasanya adalah kondisi yang umum, agar nyeri tidak menganggu simak berbagai cara menghilangkan nyeri.

1. Kompres dengan benda yang hangat
   Kompres perut ketika nyeri dengan benda hangat menjadi pilihan cara menghilangkan nyeri haid       yang sangat mudah. Sebuah penelitian mengatakan bahwa kompres dengan suhu 40°C sama           efektifnya dengan ibuprofen dalam hal menghilangkan nyeri.
 
2. Pijat dengan essential oil
   Cara selanjutnya dengan memijat perut dengan kombinasi essential oil, pijatan pada area perut         akan membantu membuat otot lebih rilek dan rasa nyeri berkurang.
 
3. Makan makanan yang mengurangi rasa nyeri
   Pengaruh makanan juga dapat mengurangi rasa nyeri selama haid.
   Jenis makanan ialah
   - Makanan kandungan tinggi boron seperti alpukat, selai kacang, dan pisang, boron membantu         - penyerapan kalsium dan fosfor untuk meredakan nyeri.
   - Makanan kandungan zat besi untuk mengganti zat besi yang hilang selama haid seperti ayam           dan ikan.
   - Makanan kandungan air seperti semangka dapat untuk menghindari dehidrasi.
 
4. Hindari makanan yang memperparah rasa nyeri
    Selain terdapat makanan yang disarankan untuk dikonsumsi untuk membantu meringankan nyeri      haid, terdapat juga beberapa makanan yang sebaiknya dihindari karena dianggap dapat                    memperburuk rasa nyeri.
    Jenis makanan yang di hindari ialah:
    Makanan berlemak;
    Makanan asin;
    Minuman berkarbonasi;
    Alcohol;
    Minuman mengandung cafein.
 
5. Olahraga
    Olahraga dapat membantu meredakan nyeri haid, karna olahraga membantu meregangkan otot        perut yang tegan akibat nyeri, olahraga yang ringan seperti yoga, berjalan, dan peregangan.
 
Itu dia cara meredakan nyeri haid yang bisa lakukan di rumah.