Foto: Google


Masalah jerawat adalah masalah kulit yang selalu membuat gundah gulana bagi mereka yang pernah mengalaminya. Banyak cara yang dilakukan demi bisa menghempaskan jerawat-jerawat memerah dari wajah, mulai dari menggunakan bahan-bahan alami yang bisa dibuat sendiri, perawatan dengan skincare sampai dengan perawatan oleh dokter atau ahli kecantikan. Asalkan bisa memperoleh wajah yang mulus bebas jerawat, semua cara pun rela dilakukan. Sudah mencoba berbagai cara namun jerawat-jerawat masih betah tinggal di wajah? Mungkin ladies belum memperhatikan hal-hal berikut:

1. Berpikir positif dan menghindari stres
Yang paling utama adalah memiliki pikiran positif bahwa memiliki jerawat di wajah bukanlah akhir dari segalanya. Hindarilah stres berlebih dan yakinlah bahwa pada akhirnya, masalah jerawat akan berakhir juga. Stres dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh sehingga memperparah kondisi jerawat yang ada. Sabar, ikhlas, menerima keadaan, namun tetap berusaha adalah cara terbaik dari dalam diri kita yang dapat membantu penyembuhan jerawat.

2. Diet seimbang dan minum air putih yang cukup
Mungkin ladies masih doyan makan makanan berlemak dan berminyak? Atau kurang mengkonsumsi buah-buah dan sayuran sehingga segala usaha perawatan kulit dari luar menjadi sia-sia. Sangat penting untuk memperhatikan pola makan yang sehat serta minum air putih yang cukup untuk membantu proses penyembuhan jerawat dari dalam. 

3. Istirahat yang cukup
Memperhatikan kualitas dan kuantitas tidur malam hari sangat penting loh, Ladies. Kurang tidur akan mengganggu metabolisme tubuh yang dapat mengganggu kesehatan kita secara keseluruhan, dan khususnya membuat kulit kita terlihat lelah dan tidak sehat. Akibatnya, jerawat yang meradang akan tetap meradang dan memperpanjang proses penyembuhannya.

4. Menggunakan produk-produk wajah atau skincare yang tepat dan sesuai kondisi kulit
Nah, ini yang agak 'tricky' dalam memilih produk-produk perawatan yang tepat sebelum mencobanya sendiri. Sebaiknya, perbanyak lah membaca ulasan-ulasan mengenai produk yang cocok untuk wajah berjerawat sebelum memutuskan untuk membeli sebuah produk. Ladies perlu memperhatikan komposisi suatu produk apakah aman digunakan untuk kulit berjerawat atau tidak. Biasanya kandungan yang cocok untuk wajah berjerawat di antaranya: salicylic acid, tea tree oil, benzoyl peroxide, alpha hidroxy acids (AHA), sulfur, centella asiatica, dan retinoids. Jadi harus teliti dalam memilih produk-produk yang ramah terhadap kulit berjerawat, mulai dari pembersih wajah sampai sunscreen. Bagi kulit sensitif sebaiknya menghindari kandungan alkohol agar tidak mengalami iritasi dan memperparah jerawat.

5. Memeriksakan kondisi jerawat pada ahlinya
Jika ladies merasa perlu untuk berkonsultasi mengenai jerawat, sebaiknya langsung menemui dokter spesialis kulit untuk penanganan yang tepat. Dokter akan melihat dan memeriksa secara langsung kulit kita dan melakukan perawatan yang sesuai kebutuhan. Tidak sedikit loh mereka yang memilih berkonsultasi secara bebas kepada orang yang tidak berkompeten atau mengikuti saran teman yang tidak diketahui kebenaran dari informasi yang diberikan, seperti saran menggunakan bahan-bahan yang memang alami namun ternyata  berpotensi mengiritasi kulit. 

Jadi, harus lebih berhati - hati, teliti, dan telaten dalam merawat wajah berjerawat, yah. Demikian hal-hal yang perlu diperhatikan untuk membantu proses penyembuhan jerawat, selain tentunya masih banyak hal-hal lain yang tidak kalah pentingnya yang belum dibahas di sini. Ladies bisa membaca lebih banyak referensi - referensi bermanfaat lainnya. Jangan pernah menyerah berjuang melawan jerawat yah, dan semoga sukses!