Bagi kalian yang ingin menjadi makeup artist, pastinya sudah tahu dong kalau biaya untuk mengikuti makeup course ataupun makeup school relatif tinggi. Memang cukup banyak juga yang murah, tapi itu harus dipastikan lagi kalo materi dan kurikulumnya benar-benar sesuai standar yang dibutuhkan untuk menjadi mua profesional. Tetapi kamu tidak perlu khawatir kalau kalian ingin menjadi mua secara otodidak.
       
Menjadi mua secara otodidak maupun mengikuti sekolah makeup itu pilihan saja. Era dimana informasi apapun begitu mudahnya untuk kita dapatkan melalui internet, sebenarnya membuka peluang kalau untuk menjadi mua professional tidak harus mengikuti kursus ataupun sekolah. Kamu harus tetap memiliki keterampilan dan skil yang cukup untuk memuaskan para klien. Saya akan memberikan beberapa saran dan tips untuk menjadi seorang mua otodidak.
 
1. Menguasai Skil Basic
 
Hampir semua mua pemula seringkali melupakan bahkan meremehkan materi dasar makeup. Hal ini saya alami dari pengalaman saya beberapa kali membuka makeup course. Mulai saat itu saya merubah kata basic menjadi fundamental, yang akhirnya merubah pandangan mereka. Banyak sekali dasar makeup yang harus dikuasai oleh mua seperti kebersihan, tools dan brush, menganalisis bentuk muka, mata, contouring, teori warna, dan lainnya. Hal-hal inilah yang nantinya akan menjadi pondasi dasar para mua apapun tren makeup-nya.
 
Kalian harus mengasah kemampuan dasar ini sebaik mungkin, karena akan memudahkan kalian dalam mengikuti perkembangan tren makeup yang begitu cepat. Tidak susah kok memilih materi - materi ini karena memang sudah cukup banyak yang membahasnya di internet seperti instagram dan youtube.

2. Perbanyak Informasi Dari MUA Profesional
 
Tips selanjutnya adalah memperbanyak informasi makeup baik teknik, tren, dan hal lainnya dari mua profesional yang berpengalaman. Sudah barang tentu jika ingin banyak belajar sesuatu, memang harus dari ahlinya. Kalian enggak harus datang atau bertemu langsung kok, kalian bisa follow instagram atau subscribe channel youtube mereka.
 
Amati dan pelajari setiap postingan ataupun konten yang mereka share. Karena dari sinilah kalian bisa mendapatkan informasi tools makeup, produk, pengalaman, teknik yang mereka pakai, dan masih banyak lagi info-info lain yang sangat berguna.
 
3. Networking
 
Tips terakhir yang tidak kalah penting dari yang sebelumnya adalah networking. Kayaknya kalo bahas networking memang sudah sangat terkait dengan setiap sisi kehidupan ya. Memang dasarnya manusia adalah makhluk sosial, jadi semakin luas pertemanan dan jaringan yang kalian miliki akan sangat membantu hidup kalian. Bisnis/pekerjaan apapun yang kalian jalani, produk maupun jasa akan sangat terbantu dengan pertemanan yang kalian punya. 
 
Sama halnya dengan mua, perbanyak teman dan perluaslah pertemanan kalian dari mulai model, fotografer, hair stylist, atau siapapun yang mungkin mempunyai hubungan erat dengan industri beauty. Kalian bisa melakukan kerjasama dalam bentuk kolaborasi untuk suatu konsep yang saling menguntungkan.
 
Dari sinilah nama kalian mulai banyak dikenal baik dari media sosial maupun mouth to mouth. Kalian juga bisa saling backup antar sesama mua dalam pekerjaan yang mendadak tidak bisa kalian penuhi dan begitu juga sebaliknya. Menurut pengalaman saya, mouth to mouth mempunyai power yang sangat kuat loh. Karena setiap orang tidak akan mau mempertaruhkan nama baiknya dengan merekomendasikan seseorang yang tidak dipercayainya.
 
Jadi gimana, sudah siap menjadi makeup artist otodidak?