Buat kamu para MUA, pernah nggak sih kamu merasa harus menguasai hairdo dan fotografi? Atau mungkin kalian merasa kalau makeup dan hairdo adalah satu kesatuan seperti fotografi dan videografi? Kamu nggak sendirian kok, karena hal ini aku rasakan setelah menjalani profesi MUA selama lima tahun ini.
 
Klien-ku sering banget meminta untuk mengerjakan makeup sekaligus hairdo. Memang sangat memungkinkan kalau kamu bisa bekerjasama dengan rekan kamu yang berprofesi sebagai hair stylist. Tapi kesulitan muncul ketika kamu perlu memastikan beberapa hal seperti jadwal, lokasi, dan lain-lain. Ujung-ujungnya kamu perlu mencari hair stylist kesana kemari untuk dapat memenuhi permintaan klien.

                                                                       
 
Selain itu, belum lagi untuk urusan dokumentasi (untuk portfolio) yang perlu kamu pertimbangkan. Tentunya untuk mendapatkan hasil foto yang bagus yang nantinya akan kamu posting di Instagram dan media sosial lainnya sebagai bukti kredibilitas kamu untuk mendapatkan kepercayaan client sebagai makeup artist. Untuk mendapatkan hal itu tentu diperlukan kamera dan kemampuan fotografi yang mumpuni. Dua hal tersebut sangatlah penting untuk dikuasai dengan baik karena untuk mendapatkan hasil dokumentasi yang maksimal sangatlah sulit.
 
Beberapa hal perlu diperhatikan mulai dari keadaan lokasi, interior, dan tata cahaya yang sangat kondisional di setiap kesempatan. Di sini kamu dituntut untuk mengambil keputusan secara spontan menimbang waktu yang dimiliki klien sangatlah terbatas.
 
Jadi intinya, semua hal di atas mempunyai bidang yang berbeda. Antara makeup dan hairdo, begitu juga dengan fotografi dan videografi. Tapi di era millenials dengan perubahan dan persaingan yang terjadi begitu cepat dan ketat ini mengharuskan kamu untuk mengerti tiga hal tersebut (makeup, hairdo, photography). Tidak harus benar-benar menguasai lho! Tapi setidaknya sesuai kebutuhan masing-masing.
 
Kalau dipikir-pikir, nggak akan pernah rugi menjadi orang yang serba bisa, dan tidak ada salahnya kalau kamu bisa menguasai tiga hal tersebut. Kamu tidak perlu bergantung kepada orang lain lagi dan dapat membuat konsep untuk portfolio sesuai keinginan tanpa perlu pusing untuk mencari tim lagi.
 
Jadi gimana menurut kamu, apakah seorang MUA saat ini perlu menguasai hairdo dan photography?